Steemit "Ladang" Menulis

in #indonesia6 years ago

IMG_4229.JPG

[sumber] (http://www.acehtrend.co/steemit-solusi-cerdas-entas-kemiskinan-di-aceh/)

Bagi saya, menulis adalah cara mengabadikan diri didunia dan berharap mendapat pahala akhirat, semoga saja. Saya menulis dibeberapa media online, tulisan terbanyak saya ada di Acehtrend.co.id milik kanda @rismanrachman dan beberapa media online yang ada di Aceh dan Jakarta.

Setelah cukup lelah dengan pilkada Jakarta, saya kembali membuka media-media online di Aceh, salah satunya AcehTrend.co.id. Melalui media ini saya menemukan artikel mengenai @steemit yang ditulis bang @rismanrachman shttp://www.acehtrend.co/steemit-dan-media-masa-depan/ sebuah tempat nulis yang katanya berbayar dollar. Menurut artikel di Acehtrend.co.id, para penghuni steemit didominasi penulis asal Aceh.

Tentu semakin menarik ingin mengetahui apa itu steemit dan bagaimana menulis disitu. Awalnya sign up saya menggunakan akun dengan username @donzakiyamani. Mulai saya menulis, namun baru dua artikel saja saya terpaksa berhenti. Rupanya password yang lupa tidak bisa diganti, ini berbeda dengan media sosial lainnya.

Dampaknya, akun @donzakiyamani akhirnya tanpa pemilik hingga hari ini. Sempat berhenti dengan @steemit hingga suatu hari keponakan saya yang baru pulang dari Bireun menanyakan tentang @steemit. Saya kembali mendaftarkan diri dengan username @zakiyamani

Setelah permintaan di approved pihak @steemit, saya langsung menulis dan mencari serta follow beberapa teman dari Aceh. Sasaran pertama saya akun bang @rismanrachman karena saya percaya ada banyak follower dan informasi menarik diakun tersebut. Benar saja, kemarin (4/3/2018) diberanda bang @rismanrachman langsung saya dapati https://steemit.com/indonesia/@rismanrachman/bukan-kontes-biasa-4-langkah-mendulang-upvote-melalui-komentar

Hari ini saya baca lagi ada https://steemit.com/trending/kontessteemitindonesia dan karena saya benar-benar belum kenal dengan @steemit maka tidak ikut #kontessteemitindonesia tersebut. Namun karena saya senang menulis maka tetap saya tuliskan terkait hal tersebut sambil mencari referensi. Saya menemukan akun @abunagaya yang banya memberi informasi tentang prinsip dasar @steemit serta beberapa trik menarik lainnya.

Salah satu tulisan @abunagaya ialah buku saku @steemit https://steemit.com/indonesia/@abunagaya/anda-wajib-baca-panduan-awal-buku-saku-steemit yang menceritakan tahapan awal @steemit secara mendasar dan mudah dipahami saya yang awam. Bila menulis dapat bernilai dunia-akhirat, mengapa harus berhenti menulis. Kedepan saya berharap ada bimbingan dari indatu penghuni @steemit sehingga visi lebih jelas.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 65092.40
ETH 3470.06
USDT 1.00
SBD 2.50