16# "Lompat Karet", Salah Satu Permainan Tradisional Anak-Anak Jeumpa Beureughang

in #indonesia6 years ago (edited)

Apa kabar sahabat steemians?
Semoga sahabat selalu dalam keadaan sehat wal afiat 🙂

Senang sekali pada kesempatan kali ini saya bisa kembali bertegur sapa dan saling berbagi postingan dengan sahabat steemians yang terhubung di platform keren ini.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kembali tentang salah satu permainan tradisional yang biasa dimainkan oleh anak- anak di daerah tempat saya menjalankan KKN (Kuliah Kerja Nyata) saat ini, yaitu di Gampong Jeumpa Beureughang Kecamatan Tanah Luas Aceh Utara.

Sebelumnya, saya sudah pernah menulis postingan tentang salah satu permainan tradisional yang biasa dimainkan oleh anak-anak Gampong Jeumpa Beureughang Kecamatan Tanah Luas https://steemit.com/indonesia/@yundriana/13-permainan-tradisional-anak-anak-gampong-jeumpa-beureughang

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang permainan tadisional yang sering dimainkan oleh anak-anak di kampung ini terutama anak perempuan, yaitu permainan Lompat Karet

IMG_20180422_091149_HDR.jpg

Di zaman yang serba digital ini, permainan tradisional seperti Lompat Karet sudah samgat jarang kita temukan, terutama di daerah perkotaan.

Anak-anak sekarang cenderung lebih menyukai game online seperti point blank, rule of survival, mobil legend dan berbagai game digital lainnya.

Ketika melihat aktivitas anak-anak perempuan di desa ini yang hampir setiap sore dan hari libur bermain Lompat Karet, hati saya dipenuhi oleh rasa senang bercampur haru karena kembali mengingatkan saya tentang memori masa kecil saya bersama teman-teman sepermainan yang hampir setiap harinya menghabiskankan waktu dengan permainan lompat karet, guli, bola kasti dan petak umpet.

IMG_20180422_091142_HDR.jpg

Setiap ada kesempatan dan waktu senggang, saya selalu menyempatkan diri untuk melihat anak-anak yang sedang bermain lompat karet atau permainan tradisional lainnya baik di halaman rumah pak geuchik (tempat kami menumpang selama kkn) maupun di halaman meunasah (samping posko kelompok kkn kami).

Lompat Karet merupakan salah satu permainan tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Selain berfungsi untuk kegiatan olahraga ringan, dalam permainan lompat karet ini juga memgajarkan anak untuk bergerak lincah, fokus, dan kerja sama tim.

Maka sungguh disayangkan jika permainan tradisional yang sarat dengan nilai positif ini kian makin tersingkir dan digantikan dengan game-game online bisa memberikan dampak negatif bagi anak-anak jika tidak digunakan dengan bijak.

IMG_20180422_091121_HDR.jpg



Sekian postingan singkat saya hari ini tentang permainan tradisioanl Lompat Karet. Terima kasih untuk sahabat steemians yang sudah berkenan mampir dan membaca tulisan sederhana saya hari ini. Semoga bermanfaat 😊😊🙏🙏


Sort:  

Iya kak anak zaman now permainannya game online maupun offline. Padahal setelah disurvei permainan seperti lompat karet, bola kasti, sepak bola, dan permainan lainnya lebih menyehatkan jasmani dan rohani. Karena saat bermain kita mengeluarkan keringat dan sehat! Sedangkan main game secara digital dapat membuat anak-anak ketagihan sehingga matanya rusak.

Jadi kangen msa kecil lagi kk liat postingan ini.. hehe

Sama kita kak hehehhehe
Saya juga kangen masa kecil saat melihat anak2 ini bermainan dengan cerianya

👍👍👍terus lestarikan, jangan sampe punah @yundriana

Dulu paling suka ama permainan ini walaupun gak sanggup loncat tinggi. Hehe

Rindu main karet lagi😎

Ayok kak kita main 😂😂😂

This post has received a 2.84 % upvote from @boomerang.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 60643.63
ETH 2401.98
USDT 1.00
SBD 2.61