13# Permainan Tradisional Anak-Anak Gampong Jeumpa Beureughang

in #indonesia6 years ago (edited)

Apa kabar sahabat steemians?
Semoga steemians selalu dalam keadaan sehat wal afiat 🙂

Senang sekali di hari jumat yang penuh berkah ini saya bisa kembali bertegur sapa dan saling berbagi cerita postingan dengan sahabat steemians dari berbagai daerah dan latar belakang berbeda yang terhubung di platform ini.

Pada kesempatan kali ini izinkan saya untuk berbagi sedikit informasi tentang salab satu permainan tradisional anak-anak dari Gampong Jeumpa Beureughang Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, yaitu meu'en guli (Kelereng).

IMG_20180419_163320_HDR.jpg

Selama saya menjalani kegiatan KKN (Kukiah Kerja Nyata) di Gampong Jeumpa Beureughang, setiap sore dan hari-hari libur sekolah saya sering melihat anak-anak di desa ini terutama anak laki-laki bermain kelereng (meu'en guli) di halaman meunasah juga di halaman-halaman rumah warga yang memiliki halaman luas.

IMG_20180419_163204.jpg

Di sela-sela waktu senggang, baik saat berada di posko kelompok yang letaknya di samping meunasah maupun saat berada di rumah tempat kami menumpang selama menjalani kkn, saya selalu memperhatikan anak-anak itu bermain dan mengambil foto mereka secara diam-diam menggunakan camera handphone jadul saya.

Saya senang memperhatikan mereka bermainan kelereng karena mengingatkan saya pada memori masa kanak-kanak yang juga sering bermain guli bersama teman-teman masa kecil saya.

Permainan guli (kelereng) merupakan salah satu permaian tradisional yamg sangat bermanfaat dan memilki nilai positif bagi anak-anak. Permainan guli ini dapat melatih kecerdasan berpikir, keterampilan motorik, kemampuan berpikir dan membiasakan anak-anak untuk bermain secara sportif.

IMG_20180419_163328_HDR.jpg




Sekian tulisan singkat saya tentang salah satu permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak di Gampong Jeumpa Beureughang. Terima kasih untuk sahabat steemians yang sudah berkenan mampir dan membaca postingan saya hari ini. Semoga bermanfaat 😊

Salam,
@yundriana



Sort:  

ini merupakan satu permainan yang dimainkan oleh anak-anak yang belum gtu memahami tentang GADGET, tpi bila anak itu itu sudah mengnal gadget, maka dia akan bermain 24 jam di gadget tersebut...
mantap jiwa,
salam sukses @yundriana

Permainan langka, jarang anak laki2 mainkan kelereng. Anak jaman now lebih suka berlama2 dengan gadget daripada main diluar. Maka beruntunglah orang2 dulu pernah mainkan kelereng ini

Di kampung-kampunh masih banyak kok anak-anak yang bermain kelereng :)

Bereh aneuk permainan gampong, pu lom teungog musim layangan. Pasti sangat enak untuk dinikmati permainan mereka

Benar sekali bang, apalagi kalau diabadikan dalam foto dan dibagikan di steemit

Hehhehehe 😁😁

Sampai sekarangpun, saya masih suka dan lihai bermain kelereng (Guli). Tetapi gak lawan yang seimbang lagi

Nice post, sukses ya dek kkn nya

Makasih kakak 😇

This post has received a 5.25 % upvote from @boomerang.

Saya pun pernah mengalaminya waktu kecil .. mudah2n permainan tradisional tetap ada dan tak tergerus oleh zaman
Salam kenal @yundriana

Salam kembali imam03
Terima kasih ya sudah berkunjung

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 60986.47
ETH 2413.18
USDT 1.00
SBD 2.59