Era Baru Steem Blockchain Dimulai!

in #indonesia6 years ago (edited)

image

Sumber

Jujur saja, sebagai pengguna Steem Blockchain saya hanya tahu menahu tentang membuat satu postingan saban hari sesuai yang saya bisa dan sukai. Tidak lebih tidak kurang. Saya tak tahu menahu bagaimana perkembangan Steem Blockchain kedepannya. Apakah ia akan bangkrut atau gemilang.

Tapi banyak orang-orang di berbagai grup Steemit di Whatsapp mulai memprediksi bahwa usia Steem Blockchain tak akan lama lagi. Bahkan ramalan ini juga diamini oleh beberapa pengguna Steemit yang bisa disebut senior. Atas alasan itulah beberapa dari mereka memilih untuk mundur secara teratur dari Steemit.

Harga Steem dan SBD yang rendah, ditambah lagi kemunculan platform serupa Steemit yang katanya lebih menarik juga menjadi alasan tersendiri yang membuat lalu lintas di Steemit sepi tak seperti beberapa bulan yang lalu.


image

Sumber

Karena tak banyak memantau perkembangan Steem Blockchain yang dipaparkan oleh pakar dari berbagai negara di dunia, saya pun mulai pesimis dengan Steem Blockchain. Bahkan pada titik dan derajat tertentu, saya sudah berniat untuk menjual semua aset yang saya punya di Steemit yang jumlahnya tak seberapa itu.

Tetapi hal tersebut urung terjadi setelah sebuah percakapan yang tak terencana dengan seorang pengguna Steemit (namanya tak saya sebutkan demi menjaga kode etik jurnalistik) via direct message (DM) di Instagram.

Tadi siang saya mengomentari snapgramnya tentang Cryptocurrency. Kira-kira begini komentar saya, "Apakah ada kemungkinan Steem Blockchain berakhir?" Dari balik Instagram pria berkacamata itu menjawab, "Akhir? Hahaha. Justru ini awal mula Steem Blockchain..".

Mendengar jawabannya itu, saya jadi penasaran dan kembali bertanya, "Tetapi ada pengguna Steemit yang lebih senior dari kita perlahan-lahan mundur dari Steemit dan beralih ke platform lain yang katanya lebih keren dan meyakinkan dari Steemit. Mereka bilang Steem Blockchain sudah di ambang senja kala.."


image

Sumber

Mendengar pertanyaan saya, pria asal Pidie itu balik bertanya, "Ada pantau Steemfest ke-3 yang baru-baru ini dilaksanakan di Qubus Hotel, Krakow, Polandia?" Tentu saja saya jawab, "Tidak". Dia kemudian memaparkan, bahwa, Steemfest ke-3 di Krakow, Polandia itu adalah tonggak Steem Blockchain.

Pada Steemfest kali ini berbagai Dapps sudah mulai terkoneksi dengan Steem Blockchain. Beda ketika Steemfest ke-1 yang diadakan di Amsterdam, Belanda pada November 2016 silam, dan Steemfest ke-2 yang dilaksanakan di Lisbon, Portugal pada November 2017 lalu. Saat itu belum banyak Dapps yang terkoneksi dengan Steem Blockchain.

Coba nonton youtube presentasi @sndbox, @partiko, @steempress, @steemmonsters, @oracle-d pada Steemfest kali ini. Mereka bahkan menegaskan akan totalitas dan merencanakan kerjasama yang makin kuat dengan Steem Blockchain di masa depan. Ini artinya akan banyak yang menggunakan Steem Blockchain dan hal ini berimbas positif terhadap terkenalnya koin Steem di dunia.

Penyuka sinematografi itu kemudian melanjutkan, terkenalnya koin Steem memang tak serta merta membuat harga Steem dan SBD melambung, karena naiknya harga Steem dan SBD mengikuti harga Bitcoin. Ini juga berlaku untuk semua mata koin virtual yang ada saat ini dan berjumlah ribuan itu. Jika Bitcoin naik, maka Steem dan SBD juga meroket. Bulan Desember ini kebanyakan pakar Cryptocurrency dari berbagai negara di dunia memprediksikan harga Bitcoin akan naik.


image

Sumber

Namun perlu diingat, Steemfest ketiga ini memberikan sinyal kuat bahwa Steem Blockchain sangat serius dan totalitas dalam mengembangkan projectnya untuk bertahan lebih lama dan makin berkembang di ekosistem raksasa Blockchain. Jadi, lucu rasanya jika ada yang meramal Steem Blockchain akan berakhir.

Ini bukan akhir, justru inilah era baru Steem Blockchain dimulai. Mereka yang berkomentar miring dan pesimis dengan Steem Blockchain barangkali adalah orang-orang yang kalah dan lebih suka berkomentar daripada membaca, sehingga mereka akan terus berkomentar apa saja yang ada di pikiran mereka. Perihal sumbernya darimana, valid tidak argumennya masa bodoh.

Sarannya untuk saya dan teman-teman yang masih aktif di Steem Blockchain, tetap konsisten dan teruslah berkarya karena ini awal baru dari Steem Blockchain. Katanya, sejauh yang ia tahu, Steemit salah satu platform paling serius dan meyakinkan selama ini. Join di platform lain yang serupa Steemit tentu tak dilarang, tetapi percayalah, memutuskan untuk pergi dari Steemit selamanya adalah sebuah kekeliruan besar. Semoga bermanfaat. Salam literasi.


image

Regards

@samymubarraq

Sort:  

Sama-sama bro.. Keep Steem On!


Postingan ini telah dibagikan pada kanal #Bahasa-Indonesia di Curation Collective Discord community, sebuah komunitas untuk kurator, dan akan di-upvote dan di-resteem oleh akun komunitas @C-Squared setelah direview secara manual.
This post was shared in the #Bahasa-Indonesia channel in the Curation Collective Discord community for curators, and upvoted and resteemed by the @c-squared community account after manual review.
@c-squared runs a community witness. Please consider using one of your witness votes on us here

bereeeh

informasi yang sangat bermanfaat bagi warga steemit, yang sudah tergopoh2 semangatnya dalam berselencar di dunia steem blockchain.

semoga dengan terlaksanakannya Steemfest 3 menjadi momentum kebangkitan steem dan meraih kejayaan kembali. Amiin ^^

Aminn.. Pokoknya jangan berhenti berkarya hanya karena Steem dan SBD sedang lesu. Nanti tiba-tiba ia meroket barulah sedih karena kita tidak menambangnya saat ini.. 😂

Malah aku pernah nemuin sebuah akun yang nimbun ribuan steem tiap hari dan tak pernah ada transaksi keluar. Waktu itu aku liat balance ada 2,6juta steem. Aku nemuin akun tersebut sebelum steemfest

Posted using Partiko Android

Penasaran sama pria tersebut 😂

Percayalah, dia ada di sekitar kita.. 😂

tulisan yang bikin berbunga-bunga hati saat membacanya heheheh

Hehe.. Semoga desember semua pengguna Steem Blockchain benar-benar berbunga-bunga hati (dan dompet) nya 😁

Mantap brother, secara tidak langsung sudah memberi motivasi untuk steemian semua.. 😊

Sama-sama, bro. Jangan lempar handuk.. 😊

Hehehe.. siap

Join di platform lain yang serupa Steemit tentu tak dilarang, tetapi percayalah, memutuskan untuk pergi dari Steemit selamanya adalah sebuah kekeliruan besar.

Ini nih Kalimat yang aku suka😂

Hehehe.. Terima kasih, bro..

Mantab banget. Saya suka dan sepakat.

Steemit barangkali akan berakhir, karena stagnan, gak ada kebaruan, user baru sulit berkembang, circle jerks dan sebagainya. Tapi yang sering orang lupa, steem blockchain itu bukan steemit. Steem blockchain lebih besar daripada steemit.

Analogi yang paling mudah bagi saya, steemit itu etalase bagi steem blockchain. Blogging platform/socmed toh sudah menjadi lifestyle sehari-hari, dan sejauh ini, steem blockchain sudah teruji, dan networknya jarang sekali down.

Ke depannya memang kita mesti memantau terus, ada Dapps apa saja nanti, SMT bagaimana, proyek Destiny itu apa dan bagaimana...

Saya sih optimis sama Steem blockchain, sejauh ini, dia yang paling jelas adopsinya untuk penggunaan publik yang awam terhadap dunia crypto apalagi blockchain :)

Mantap komentarnya, Bung! Terima kasih sudah menelaah lebih rinci.. Salam.

Jika mereka berkomentar miring tentang masa depan Steemit, saya juga bodoh amat. Sama halnya dengan Anda, saya tidak tahu menahu tentang perkembangan dunia antah berantah itu. Apa yang saya sukai, kemudian itulah yang saya lakukan. Membuat postingan setiap hari, ya.. Mungkin hanya itu, sealakadar yang saya bisa :D

Sudah betul itu. Lanjutkan!

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 59238.58
ETH 3176.28
USDT 1.00
SBD 2.45