Lontong Balap Khas Surabaya

in #indonesia6 years ago

Beberapa minggu lalu aku berkesempatan mencicipi salah satu kuliner khas Surabaya bernama rujak cingur. Karena penasaran dan cocok dengan masakan di sini, aku kembali lagi untuk mencoba menu lain yang namanya terdengar asing buatku.

lontong balap.jpg

Berlokasi di Jl. A. Yani Ungaran, Tombo Kangen adalah salah satu tempat makan spesial kuliner khas Surabaya. Manurut informasi yang aku dapat dari si pemilik sih, konon tempat ini sebagai tombo kangen (obat rindu) akan kampung halamannya di Surabaya. Ngga heran jika hampir semua menu di sini adalah kuliner andalan dan khas Jawa Timuran.

Setelah tau bagaimana rasa rujak cingur, sekarang aku mau mencoba lontong balap. Sebelumnya aku sudah pernah dengar kuliner satu ini dari Ahmad Dani, musisi yang memang berasal dari Surabaya. Di salah satu channel youtube, entah punya sapa, Dani sedang mengulas lontong balap ini.

Cingur_2.jpg

Pertama kali lihat aku mengira lontong balap ini mirip dengan mie kopyok kas Semarang, tapi setelah mencobanya secara langsung ternyata jauh berbeda.
Lontong balap sendiri merupakan makanan dengan bahan dasar lontong yang disajikan bersama tauge, tahu, lento, kerang, petis kemudian di siram dengan kuah panas di atasnya. Rasa khas petis begitu kuat sehingga menjadikan khas lontong balap ini.

lontong balap_2.jpg

Salah satu yang membuat unik dari lontong balap ini adalah adanya lento yaitu kacang yang direndam semalaman kemudian ditumbuk dan beri bumbu seperti garam, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, ketumbar, kencur. Barulah setelah hancur dibentuk menggunakan tangan dan digoreng.

Ada yang belum pernah makan lento?

lento kacang merah.jpg

Source

Harga satu porsi lontong balap ini adalah sekitar Rp 17.000, buat yang porsi makannya kecil sebaiknya sih pesan makanan ini satu untuk berdua karena porsinya terlalu besar. Kalo soal rasa ngga usah ditanya, ini tempat recomended banget semua masakannya.

Cingur_1.jpg

Sebenarnya masih ada menu khas Surabaya yang pengen aku coba, tapi apa dikata, daya tampung perut sudah ngga muat. Next time pasti aku kembali,hehehe
Buat yang penasaran seperti apa rasa lontong balap ini, bolehlah kalo sedang ke Surabaya singgah sejenak atau kalo kebetulan berada di Semarang bisa datang ke tempat makan "Tombo Kangen".

Sekian dulu ya postingan kali ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya...

Terima kasih kepada Kurator Indonesia @aiqabrago dan @levycore, kepada teman-teman Komunitas Steemit Indonesia. Mari saling berbagi, mari saling menguatkan.

PP Steemit_1.jpeg

Sort:  

love your content

its my pleasure

Wah sayang ya ga ketemuan.
Saya di Surabaya juga.

Sepertinya Mbak @ammachemist baru membaca judulnya saja belum keseluruhan isinya.
Ini di Semarang kok Mbak, cuma kulinernya aja yg khas Surabaya,hihihi 😊

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 61940.19
ETH 2433.78
USDT 1.00
SBD 2.50