Perbanyak Membaca Agar Postingan Makin Kece

in #indonesia6 years ago

image

Hari ini saya belajar pelajaran hidup paling penting dari siswa-siswi saya di sekolah. Sebagai guru SMP di salah satu sekolah di Kota Lhokseumawe, tak jarang saya melihat hal-hal unik lagi menyenangkan dari siswa saya. Meski rata-rata mereka sedikit bandel, tetapi kadang mereka justru menjadi sumber inspirasi.

Tadi saat jam istirahat misalnya. Para siswa terlihat mengerubungi mobil pustaka keliling yang masuk ke sekolah. Mereka, para siswa, dengan semangat menyala menyerbu pustaka keliling tersebut. Setelah menemukan buku yang dicari, beberapa siswa mulai sibuk membaca.

Lantas saya mendekati mereka yang melihat apa yang mereka baca. Di sela-sela kegiatan tersebut saya bertanya pada salah satu siswa bernama Raihan, "Kenapa begitu serius membaca, Nak?" tanpa diduga sang anak yang tahun lalu meraih juara 2 d kelas 2 B itu menjawab, "Kalau tidak serius gimana mau kece, Pak?"


image

Mendengar jawabannya saya sedikit bingung tapi juga makin penasaran. Saya tanya arti "kece" yang dia maksud. Setelah menjelaskan bahwa "kece" itu artinya "keren" dan "cerdas" barulah saya manggut-manggut tanda mengerti. Rupanya membaca membuat seseorang keren dan cerdas.

Lantas saya membayangkan, bagaimana kalau pengguna Steem Blockchain Indonesia rajin membaca. Pastilah postingan yang dihasilkan akan keren dan bermanfaat untuk sesama. Ini adalah hal paling keren yang akan terjadi di ekosistem Steem Blockchain. Bahwa setiap orang membagikan ilmu untuk orang lain.

Saya membayangkan hal tersebut. Jika eSteemian rajin dan banyak membaca, pasti postingan mereka akan "kece". Tetapi berapa banyak teman-teman eStesmian yang rajin dan mau membaca? Meski tak sedikit, pasti juga tak banyak. Ini terlihat dari postingan-postingan yang muncul di beranda Steemit.


image

Ada eSteemian yang berhasil menjepret gambar benar-benar keren. Sangat profesional. Padahal hanya menggunakan smartphone. Tetapi sayang, foto sebagus itu tak dibarengi tulisan yang aduhai. Rata-rata tulisannya singkat. Padahal jika dibarengi dengan tulisan sedikit panjang, maka sempurnalah postingan itu.

Kenapa banyak pengguna Steemit tak doyan membikin tulisan panjang? Banyak alasan. Tetapi saya percaya satu alasan, yaitu karena teman-teman tidak punya ide. Tak memiliki bahan untuk ditulis. Lha, kenapa tak punya ide? Jawabannya karena malas membaca. Seorang penulis harus banyak baca. Apapun itu.

Kalau malas membaca maka mustahil bisa menulis satu postingan panjang. Membuat satu paragraf saja susah minta ampun. Dan hari ini saya makin rajin membaca setelah melihat siswa-siswi saya rajin membaca. Siswa SMP saja rajin membaca, masak kita enggak?hehe.. Semoga bermanfaat..

Salam,

image

Saya Mengundang anda semua Untuk Ikut dalam Forum Diskusi di Channel Discord

i4tvz4pdyl (1).png

Success in your own hands and use the application wisely

eSteem Line

[email protected]
IHomepageI IGithubI IYouTubeI ITelegramI

28m3yl1gfn.png

Sort:  

Mantap bg

Bang, mau nanya, maaf lari dari pembahasan post abang. Apa eSteem Surfer lagi masalah atau bagaimana bang. Soalnya saya mau post gak bisa upload gambar.

Saya bisa kok bang, belum update ya?

Ini saya makek yang versi 1.1.11, kemarin makek 1.1.12 juga begitu. Apa ada update setelah 1.1.12 bang?

Coba keluar dulu, dan tutup aplikasi surfernya. lalu masuk lagi

Gak bisa juga bang, bahkan sudah beberapa kali saya uninstall dan install lagi. Gak bisa-bisa. Hanya ada info begini: Could not fetch aktivities!

upload gambar mmng gak bisa2 bang

kayak nya belum, liat post esteemapp coba

Banyak baca banyak tahu
Banyak tahu banyak ilmu
Banyak ilmu pasti maju ......

Bener sekali bang, bukan tidak mau nulis panjang tapi tidak ada bahan,,hehehe. Saya akan menulis yang panjang untuk kedepan. Salam sukses selalu

wujud positif dari gerakan program literasi...tabek!

Banyak baca, semakin tau bahwa banyak hal yg tidak tau 😊

💯 ponten hari ini

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 59048.85
ETH 2984.06
USDT 1.00
SBD 3.71