Batik Doodle Indonesia #1: Batik Kawung (Ind-Eng)

in #indonesia7 years ago

Halo semua! Apa kabar? Mulai hari ini saya akan mulai membagikan posting tentang motif batik yang dapat digunakan untuk doodle. Dengan cara ini, saya berharap agar semua bisa lebih kenal dengan batik Indonesia dan juga menambah wawasan kepada para pembuat doodle dalam variasi gambarnya.

Hi all! How are you? Starts from today, I am going to post about Indonesian Batik Pattern which can be used in doodle as well. I hope I can introduce Indonesian Batik to all in more details, and help all doodlers to get some more variations on their doodles.

kawung 9.jpg

Untuk posting pertama ini, saya akan memperkenalkan "Batik Kawung". Batik kawung ini adalah motif batik yang sudah sangat lama ada dan digunakan di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Motif ini bahkan dulu termasuk batik larangan yang hanya boleh digunakan oleh kalangan tertentu saja seperti Raja dan anggota kerajaan. Soalnya, motif ini memiliki banyak sekali arti, diantaranya adalah kesucian, keutuhan sejatinya manusia (papat pancer limo ari-ari dalam kepercayaan Jawa), dan kebersamaan. Salah seorang nenek saya pernah cerita, kalau motif batik ini menjadi sangat mudah diterima oleh semua dan menjadi terkenal, karena memang "aura" gambarnya sangat menawan. Nggak ngerti, deh, maksudnya apa, tapi memang demikian adanya.

For my first post, I will introduce you "Batik Kawung". Batik Kawung is one of the oldest batik pattern that used for centuries in Indonesia, especially in Java island. This pattern even known as "Batik Larangan" which can be used only by the King and his families. The reasons are because this pattern means a lot, such as purity, union of mind body and soul (four directions one center according Javanese wisdom), and togetherness. One of my grandmother told me that this pattern is acceptable and well-known since its "aura" is very charming. I do not really understand but it is beautiful.

Langkah membuatnya - How to make it:

  1. Buat kotak-kotak sama sisi - Draw some squares.

kawung 1.jpg

  1. Ambil titik di tengah antara 4 kotak dan buat lingkaran menggunakan jangka - Take the centers of 4 squares and draw a circle.

kawung2.jpg

  1. Buat lagi lingkaran di setiap pusat 4 kotak - Create circles from each centers of each 4 squares.

kawung3.jpg

  1. Berikan batas pada gambar untuk mendapatkan motif batik kawung ini lebih jelas - Thicken the line to get clear pattern.

kawung5.jpg

  1. Warnai bagian luar dari motif tersebut dengan warna gelap - Color the space outside the pattern with dark color.

kawung6.jpg

  1. Inilah jadinya - Here it is, Batik Kawung!

kawung7.jpg

Lihatlah gambar di bawah ini untuk mendapatkan gambaran bagaimana batik kawung bisa digunakan untuk menggambar doodle. Selamat mencoba!

Just take a look at my drawing below to get clearer view how to use Batik Kawung pattern in doodle. Have a nice try!

kawung8.jpg

Bandung, 1 November 2017

Salam hangat selalu - Warm Regards,

Mariska Lubis

Sort:  

Belajar bikin pola beginilah dulu semasih kelas 1 SMP, aku disuruh beli jangka sama guru kesenian. "Minggu depan, pas pelajaran kesenian, siapa yang tidak ada jangka tak usah masuk kelas. Kalian langsung dapat a di absen," kata guru kesenian waktu itu. Minggu depannya, aku masih belum bisa beli jangka karena plot dana keluarga untuk pendidikan sekolah bukan hanya buatku saja, tapi juga harus diberikan pada abang dan kakak dan juga adik yg masih di bangku SD. Di sekolah karena suka dengan pelajaran kesenian, meski belum punya jangka, aku tetap memberanikan diri masuk.

"Keluarkan jangka semua. Yang tidak ada jangka silahkan keluar." teriak guru.

"Kau tidak ada jangka, ngapain lagi di sini? Keluar sana," katanya padaku ketika melihat tidak ada jangka di mejaku.

"Tapi saya bisa menggambar pola seperti itu walau pun tidak ada jangka, Bu."

"Mau pakai apa emangnya?"

"Dengan koin seratus rupiah, Bu."

"Tidak ada koin-koin. Keluar!"

Begitulah. Aku pun keluar ruang kelas dengan teriakan-teriakan Bu Guru yang mengatakan betapa pentingnya jangka di dunia. Lebih-lebih di dunia kelas yang saat itu ia bertindak sebagai penguasa tunggal yang tak boleh ditolak titahnya. Begitulah!

Hahaha... saya juga pernah dimarahi waktu SD karena tak pakai jangka dan penggaris... lalu saya buat saja garis dan lingkaran banyak-banyak di papan tulis buat buktikan saya bisa bikin garis lurus... dan untuk lingkarannya, saya ambil tempat sampah hahaha... guru saya waktu itu untungnya orang Belanda jadinya dia ketawa-ketawa dan malah memberikan saya nilai bagus...

Btw, komentarmu sudah seperti posting sendiri... Batik Kawung mengingatkanku diusir Bu Guru!

Bikin trauma, mbak. Hahaha..

Ya itulah salahnya banyak guru-guru kita...

Lubis biasa identik sama anak Medan..

Itu kan hanya persepsi saja, saya bukan anak Medan. Saya Indonesia.

Hahaaa Indonesia kan umumnya kakak @mariska.lubis

mantap. dapat pola baru. dapat nama pola juga.

Untitled-1.png

berarti nama pola itu "kawung"

Yup, itu batik Kawung yang sudah ada berabad-abad dan bahkan ada digambar di prasasti...

beres. hanya saja tidak tau namanya kak.

Kebanyakan seperti itu, nanti saya akan terus share nama-nama motif batik Indonesia untuk pengetahuan yah @podanrj.

beres. sekalian kk cari tau tentang arabes dalam motif batik.
nanti bisa kontribusi tulisan pada Buletin Arabes

Keren buk @mariska.lubis. saya suka gambar doodle juga saya suka batik.

Kasihmu ku pertimbangkan
:D

boleh apa kata @said-nuruzzaman aja hahaha...

Hhhaaa selamat istirahat buk @mariska.lubis

terima kasih, selamat istirahat juga ya!

Multi-talented girl. Tak naik potong :)

Waduh kalau dipotong takut dokter @razack-pulo adikku... takut! hahaha...

Hahaha.. dunt worry, itu idioma bahasa Aceh.. 😀

hahaha iya... saya hanya menggodamu... jarang-jarang kan dokter ada yang berani gangguin... wkwkwk

Wkwkwk.. santai aja kak. Disini saya stemian.. 😀

bisa rapi gitu kak ya pas hitaminnya, kalau awak udah lari2 tu kak hahaha

Diikat aja kalau lari-lari @auliausu... hahaha...

wkwkkw lasak jarinya kak

pasangannya @kakilasak kalau begitu hahaha...

kwkwk iya juga hahah

Keren kk,, I like
Sepertinya kk mempunyai jiwa Desainer...
@mariska.lubis

Amiinnn saya memang suka buat pola-pola sendiri dan semua aksesorinya.... tapi kalau untuk jadi desainer ntar dulu deh wkwkwk... terima kasih ya @silvia.

Pernah belajar di SD gambar motif Kawung ini ternyata Cutkak @mariska.lubis, Baru tahu ini ternyata motif batik ya :D

yup ini motif batik khusus yang penuh sejarah @dilimunanzar...

kereeeeeennn...!!!!!

🤣🤣🤣🤣🤣

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 65733.39
ETH 3506.40
USDT 1.00
SBD 2.51