Phising dan Tips Mengindarinya Ala ekavieka

in #indonesia6 years ago

phising-1.jpg

sumber

peringatan

Postingan ini hanyalah merupakan ide dari saya yang sudah barang tentu tidak begitu menguasai IT karena untuk mengusai amarah pacar saya, kadang saya kewalahan. hahah
Jadi apabila berkenan dan bermanfaat, apabila ada kesalahan mohon di benarkan dan kritiknya saya minta. hhmmmmm kripik singkong juga boleh untuk di kirimkan ke Bali.

Apa itu Phising

Phising adalah istilah dalam dunia IT yang berarti cara atau teknik yang digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan informasi data atau akun seseorang di situs tertentu. ya, kasus phising tidak hanya terjadi di steemit, tetapi juga terjadi pada situs lainnya. Dan yang paling sering di serang adalah situs bank. Jadi yang memakai web banking bank tertentu harap selalu berhati-hati.

Cara Kerja

cara yang digunakan untuk mendapatkan informasi tersebut adalah dengan membuat web yang sama terlihat sama, seperti situs web yang asli. jadi saat si pengguna memasukkan datanya, maka akan langsung masuk ke dalam jebakan atau pancingan si orang yang tidak bertanggung jawab. yah, , kena dehhhh

Nah di steemit, kita harus benar-benar berhati dalam memasukkan password kita. Dan juga jangan terlalu suka meng-klik link yang ada di komen dalam postingan kita, ataupun link yang dikirimkan di wallet kita. kecuali ada tahu dan siap, maka lakukanlah. Ingat sambil berdoa biar itu ga phising yah. . . .

Tips ala ekavieka

Bahaha berasa seperti ahli masak aja yah pakai ala segala, padahal aslinya ilmu masih cetek, dan cuman bisa masak air doang. mauahahah

images.jpg

sumber

Selalu Check situs yang kita tuju

Benar, selalulah waspada, dan check situs yang kita tuju. Biasanya situs tersebut memiliki pengaman. Biasanya saya lihat di web adressnya, apakah link tersebut secure atau tidak, seperti pada gambar berikut.

phising 1.png

Juga selalu pastikan ejaan dan tulisan yang terlihat atau kita tuju sesuai dengan situs asli yang kita tuju. biar tidak salah alamat, hingga akhirnya kita kena pancing.

Simpan Password

saya biasanya menggunakan fitur auto save dan auto filled password untuk steemit. Jadi tiap kali saya buka steemit, maka otomatis akan masuk ke akun saya, apabila saya diminta memasukkan usename dan password, biasanya akan saya langsung tutup, dan buka ulang browsernya, sembari memperhatikan alamat web yang dituju.

Gunakan Posting Key

Selain steemit.com , saya anjurkan untuk selalu menggunakan posting key setiap login. Karena dengan begitu Master key kita selalu aman, dan kita bisa mengubah password setiap saat apabila kita merasa hal itu diperlukan. Dan yang ingin bereksperiment, bisa juga mencoba untuk login ke web phising steemit menggunakan posting key. Karena web Asli steemit, hanya bisa di login menggunakan active dan master key. Keselamatan tanggung jawab penumpang yah, ingat. . . .

Selalu Hati-hati dan jangan tergoda

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kehati-hatian kita dalam melihat web yang kita tuju dengan seksama adalah hal wajib agar kita terhindar dari bahaya phising. Kemudian jangan tergoda untuk meng-klik link yang diirimkan oleh seseorang di komentar. Apalagi yang berbau upvote atau resteem, karena upvote dan resteem merupakan godaan besar yang susah untuk kita hindari. percayalah, kadang saya juga tergoda...

hmmmm

Apalagi yah, mungkin cuman itu yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman saya. Apabila teman-teman ingin membaca akun yang telah terkena phising, bisa dilihat di akun @bullionstackers yang selama hampir seminggu terakhir telah merangkum akun-akun yang telah terkena phising.
Waspadalah!!! Waspadalah!!!!!!

Sort:  

Sudah ku kunjungi bro ya? Wkwkwkwk

wkwkwk. makasi om

ia mbak, inget hati-hati yah

Lagi mancing yamas hehe, tapi stelah saya baca bermanfaat mas

ia, mancing biar ada yang datang. hahaha
makasi udah mampir mas

siap, ingat selalu waspada yah mas. : )

Sudah kena mas sekali heheeb tapi udah ganti sandi

Ini bermanfaat sekali mas... Tidak hanya newbie, orang sudah lama di steemit kadang blm tentu mendapatkan.

senang bisa berbagi mas. : 0

Waspadalah, kejahatan ada dimana2,....😅😅😅
Terima kash atas sharingnya Mas Eka

wkwkwk, inget bang napi jadinya mbak. hihihi

Ini versi Bang @ekavieka.
hahahaa😅😅😅

Awesome post! I like it :)

do you understand my language?

maksudnya?

yang aku tahu, hanya binatang yang menyalak,

Hey, just wanted to let you know I gave you an upvote because I appreciate your content! =D See you around

@greentomorrow did not give you an upvote and has made this exact same comment hundreds of times.

Click the flag to downvote this @greentomorrow comment!

greentomorrow.png

Here are a few ways to support @duplibot and help reduce spam and superfluous comments.

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 56478.46
ETH 2384.59
USDT 1.00
SBD 2.34