Tugas Sekolah Anak Membuat Celeng Rumah Dari Kardus Bekas

in #indonesia6 years ago

image


Anak perempuan saya yang masih berpendidikan sekolah dasar kelas 2 mendapat tugas keeajinan tangan dari guru sekolahnya untuk membuat celeng berbentuk rumah dengan bahan dasar kardus.

Untuk tugas ini seperti ini sangat tidak mungkin jika dikerjakan oleh anak saya dengan tangannya sendiri. Oleh karena itu, saya turun tangan ikut membantu membuatnya.

Hal yang pertama saya lakukan dalam pengerjaan tugas ini adalah mencari kardus bekas yang akan digunakan untuk membuat celeng berbentuk rumah ini. Saya menggunakan 2 buah kardus untuk dinding dan satu lagi untuk membentuk atap rumah. Selain itu juga dibutuhkan beberapa alat pembantu lainnya seperti pensil, penggaris, lem, dll.


image


Kardus yang akan digunakan lebih dahulu dibuat sketsa dengan menggunakan pensil dan penggaris. Setelah sisi dinding selesai disketsa baru kemudia membuat sketsa untuk atap. Setelah sketsa selesai maka kardus tersebut dipotong menggunakan pisau cutter. Lalu sisi persisi direkat dengan menggunakan lem.

Dan terakhir untuk memperindah bentuk celeng yang akan siap jadi, dilapisi dengan kertas perda dengan warna sesuai dengan keinginan masing-masing.

Peralatan yang digunakan adalah:

  • kardus bekas
  • cutter
  • pensil
  • penggaris
  • lem
  • kertas perda
  • gunting

Lalu bagaimana dengan anak saya, apa yang dia lakukan? Dalam hal ini dia ikut membantu untuk hal-hal kecil seperti membantu mengambil peralatan dan selama pengerjaan yang saya lakukan akan tugas ini, saya menyuruh anak saya untuk memperhatikan proses pengerjaan.

Setelah selesai semua dia terlihat gembira dan tugas kerajinan tangan membuat celeng dari kardus sudah siap untuk dibawa ke sekolah.

Bireuen, 21 Maret 2019


Regards

@albertjester

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62795.57
ETH 2581.60
USDT 1.00
SBD 2.74