Pertanyaan yang sulit dijawab di steemit

in #indonesia6 years ago

image
Source : Pexel.com

Beberapa menit yang lalu saya agak terkejut saat melihat perolehan upvote yg saya dapatkan dari postingan sebelumnya. Di hari pertama postingan saya yang berjudul https://steemit.com/refleksi/@aikamil/steemit-sangat-membosankan-95f17b0edc053.
Pada postingan tersebut saya mendapatkan $ 1,43. Namun sehari setelahnya nilainya semakin turun dari $1,28 dan bahkan saat ini sudah $1,22. Kan semakin aneh itu.

Saya heran dan terus bertanya, kenapa bisa nilai upvotenya semakin turun?

Nah, sebenarnya pertanyaan tersebut bukanlah hal baru di Steemit bahkan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang berseliweran d Steemit. Oleh karena itu, sebagai steemians baru yang masih plankton, kita dituntut untuk terus bertanya kepada siapa saja, dan terus belajar dan terus mengupgrade ide kita untuk terus bertahan di Steemit. Karena saya sudah mengalami masa jenuh yang membuat saya tidak memilik ide apapun untuk ditulis.

Berikut ini saya akan menampilkan beberapa pertanyaan yang sering muncul yang saya rangkum dari beberapa penelusuran di Steemit. Tentu penelusuran ini tidaklah lengkap, namun dapat dijadikan sebagai referensi tambahan untuk kita semua.

Bagi saya, anda dan kita semua, tentu steemit sebagai sebuah platform yang terus memperbaiki sistemnya telah memberikan kita petunjuk yang harus kita baca saat kita pertama sekali akun kita mendapatkan persetujuan dari empunya Steemit atau di approve. Kita bisa mencari bantuan terhadap apapun yang kita tanyakan melalui https://steemit.com/faq.html. Pada toolbal tersebut anda bisa mendapatkan jawaban tentang Steemit dan apapun yang berhubungan dengannya. Dan tentu saja saya sendiri.

Namun banyak juga pertanyaan yang kadang tidak terdapat disitu, misalnya pertanyaan tentang bagaimana mengembangkan komunitas, bagaimana cara mempromosikan steemit, dan tentu saja bagaimana cara memperoleh ide secara Brilliance agar dapat diproses menjadi tulisan yang menarik.

Nah, itulah beberapa pertanyaan yang sering muncul terutama di benak saya sendiri dan mungkin, bukan mungkin, hampir pasti di pikiran setiap orang.

Semoga kita selalu bersama Steemit...

Sort:  

Pertanyaan mudah.. Jawabannya yang sulid.. Hehehehe

Nah itu dia...semoga semuanya mendapatkan jawaban dan style nya di Steemit...hopefully...

Ooo bisa turun gitu ya perolehannya?
Makin ga mudeng saya.
Mau buka faq itu ya males juga, english semua pastinya, butuh efford lebih emang nih steemit.

Pengalaman selama ini begitu...namun faq akan sangat membantu memang...Steemit membuat kita terus belajar dr segala hal...thanks

Mungkin saya coba jawab dari sumber yg ada om @aikamil, salah satu nilai perolehan kita terkuras sebagai berikut:

  • Unvote
    Ketika orang yang sudah memberikan upvote, mencabut kembali upvote tersebut (unvote), bayaran kita akan berkurang.

  • Downvote
    Ketika ada orang yang mendownvote, bayaran kita pun akan berkurang.

  • Flag
    Ketika ada orang yang memflag, bayaran kita pun akan berkurang.

  • Persaingan dengan posting lain
    Ketika posting lain mendapat upvote, bayaran kita pun bisa berkurang, karena sama-sama dibayar dari satu Kolam Bayaran yang sama.

  • Tingkat inflasi
    Tahun ini inflasi STEEM disetel pada tingkat sekitar 9% per tahun. Artinya dalam setahun jumlah STEEM yang beredar akan bertambah sebesar 9%. Ketika market cap nya tetap, maka nilai setiap STEEM jadi berkurang sebesar 9% per tahun atau sekitar 0.025% per hari.
    Sekarang kita hitung:

  • Katakan hari ini posting kita mendapat $5 SBD.
    Dalam sehari nilainya berkurang 0.025% ~ $0.00125 SBD.

  • Berarti esok hari bayaran tersebut menjadi hanya (5 - 0.00125 =) $4.99875 SBD.
    Maka dalam 7 hari bayaran tersebut menjadi hanya $4.99126 SBD saja.

  • Ini kalau market cap nya tetap. Kalau berkurang maka bayaran kita pun makin tergerus.

Terima kasih abg @andikaprajana atas jawabannya...
Dari yang terjadi sepertinya yang terjadi atas postingan saya karena adanya inflasi steem berarti ya...
Karena udh saya lihat di steemnow sepertinya tidak ada yg downvote, atau kena flag.

Iyaa om @aikamil, semua kita memiliki dampak yg sama. Postingan saya banyak yg berkurang nilainya. Hehe😅😅😅

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 66158.45
ETH 3552.28
USDT 1.00
SBD 2.61