Diary Berkebun #9 - Tanam Biji Paprika Dari Buahnya Langsung

in Indonesia3 years ago

02 Juni 2021

Setelah beberapa minggu berlalu saya tidak update soal berkebun, akhirnya bisa update juga. Sebenarnya banyak hal yang bisa saya ceritakan, tapi kali ini saya mau bahas soal menanam biji dari buah. Seperti yang bisa dibaca di judul artikel ini, saya akan menanam biji paprika yang saya ambil dari buahnya. Buahnya dari mana? Saya titip mama saya beli di pasar.

Awalnya saya titip beli paprika sebagai bahan masakan saja sih. Tapi mama saya berkata "Kamu kan suka berkebun, bijinya sayang kalau dibuang." Benar juga pikir saya.
Alhasil biji paprika yang masih tersangkut di tangkainya saya lepaskan. Kemudian saya bilas bijinya agar lebih bersih dari paprika. Untungnya mama saya hanya beli 1 buah paprika kalau banyak bisa pusing karena punya banyak biji.

Screenshot_2021-06-03-10-55-37-77_f69139cffc4d135a71392e13634f144a.jpg

Saya meninggalkan biji paprika ini di dalam mangkuk kecil dalam kondisi basah selama 2 hari. Tujuannya agar biji paprika itu bisa cepat bertunas dalam kondisi lembab. Saya juga memastikan apakah biji dari buah paprika yang dibeli di pasar masih produktif sebagai benih. 2 hari saya diamkan ada banyak biji yang berhasil bertunas.

Selanjutnya, saya memindahkan biji paprika ke atas tanah. Saya langsung menabur biji di atas tanah tanpa memilah mana yang sudah bertunas dan yang belum. Karena 70% sudah bertunas, saya yakin yang belum bertunas pasti akan segera menyusul. Awalnya saya siapkan 2 pot kecil saja, tapi karena bijinya terlalu banyak saya butuh sampai 4 pot kecil.

Setelah menabur benih di atas tanah, saya menyiram benih sampai lembab saja. Kemudian saya taburi sedikit tanah di atasnya untuk menjaga kondisi lembab. Tinggal menunggu beberapa hari sampai tunasnya muncul daun. Saya juga membuat video tiktok proses saya memindahkan benih paprika ini. Saya share linknya pada gambar di bawah.

Screenshot_2021-06-03-10-55-54-57_f69139cffc4d135a71392e13634f144a.jpg

Sekian sharing saya hari ini. Semoga bisa sharing lagi dalam waktu dekat ini.
Terima kasih semua.
Salam Berkebun.

Penulis : Edwin

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 56934.21
ETH 3091.02
USDT 1.00
SBD 2.38