Cobain Masak Masakan Timur Tengah Pakai Resep Orang Korea

in Indonesia3 years ago

Halo semua, kembali bersama saya Edwin. Di postingan ini saya ingin bercerita, bukan tentang kebun saya, melainkan tentang masakan. Ini adalah hobi lain saya selain berkebun. Saya baru baru ini memiliki banyak waktu untuk mengurus kebun dan mencari resep baru untuk masak di rumah.

Acara.PNG

Salah satu inspirasi saya dalam memasak adalah dari menonton variety show korea. Variety show favorit saya adalah funstaurant, semacam variety show kompetisi memasak antar selebriti. Namun sebelum memasak, para seleb ini akan menunjukkan perjalanan mereka dalam menemukan resep original mereka.

Ada 1 buah episode di sini yang membuat saya tertarik memasak masakannya. Salah satu aktor bernama Ryu Soo Young memasak hummus dalam perjalanan mencari resep originalnya. Ini bukan resep yang ia lombakan tapi menarik untuk ditiru karena mudah dan simple.

IMG20210525125005.jpg

Hummus bukan makanan korea. Hummus adalah makanan dari timur tengah berbahan dasar chickpeas atau kacang arab. Biasa disajikan sebagai campuran atau saus. Bisa kalian temukan dalam masakan barat juga seperti salad.

Jujur, yang unik dari resep si Mas Soo Young ini adalah ia menggunakan bacon. Jika bicara bacon di Korea kemungkinan besar ini haram. Tapi bisa digantikan dengan bacon sapi. Bacon di sini bermanfaat sebagai protein hewani. Katanya Mas Soo Young sih, biar seimbang antara protein hewani dan tumbuhannya.

Untuk resepnya, para mas mbak bisa baca di sini ya.
Recook Special Recipe from Korean Variety Show - Hummus

IMG20210525124924.jpg

Setelah mencoba memasak, saya membuat dua jenis hummus dari resep ini. Yang pertama terlihat di botol dengan hummus berwarna agak pucat. Hummus di botol ini berasal dari resep original Mas Soo Young. Rasanya agak tawar mungkin agak kekurangan garam.

Sebagai perbaikan saya tambahkan sedikit garam, bubuk cabe, dan bubuk paprika. Saya blender sebentar dan jadilah hummus botol kedua yang agak kemerahan. Hummus keduanya ini lumayan membuat saya puas karena terasa sedikit asin dan pedas. Lumayan cocok untuk cocolan yang rasanya ngak terlalu nendang.

Setelah membuat hidangan ini, saya merasa saya perlu mencoba mencari resep original hummus. Ini adalah resep modifikasi jadi saya belum merasakan rasa dari yang original. Apabila saya sudah membuat hummus dengan cara paling umum akan saya share lagi.
Terima kasih untuk yang sudah membaca.

Sort:  

komunitas yang cocok untuk makanan adalah steemfoods... biasanya kalau posting ttg masakan, harus ada selfie yang bikinnya.

aku baru ingat, di steemit sebelum pindah ke hive, ada teman yang sama2 sering perang food setiap hari jum'at suka banget bikin hummus dan sering menyertakan resepnya juga, dia bukan orang maroko asli sih.. kalau nggak salah hummus ini aslinya dari maroko atau syria.. duh lupa!

sempat penasaran pengen nyoba bikin siy, tapi entah kenapa kayaknya lebih enak bumbu pecel..hahahaha

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.026
BTC 57383.94
ETH 2450.29
USDT 1.00
SBD 2.40