Steemwomenclub Contest #22 : Cooking Challenge- Cook Your Tradisional Dish || " Sayur Gedebog Pisang"|| By @rika93

in SteemWomen Club3 years ago

PicsArt_07-04-06.30.59.jpg

Hai sahabat steemian yang sangat saya cintai, hari ini saya ingin memperkenalkan masakan tradisional yang berasal dari ditempat saya tinggal khususnya Aceh Utara (Indonesia) masakan ini sering dimasak dalam acara pesta pernikahan yang dijadikan menu andalan yaitu "Sayur Gedebog Pisang" yang rasanya sangat nikmat dan cara membuatnya pun tidak terlalu rumit dan bahan yang didapatkanpun sangat mudah dan berlimpah didaerah saya, tetapi kalau diluar negeri harga yang dijualnya tergolong mahal bagi saya.

Saya akan memasak "Sayur Gedebog Pisang " dalam jumlah yang banyak dan saya akan berbagi dengan para tetangga yang merupakan saudara saya.

Bahan-bahannya :

• Gedebog Pisang secukupnya
• 2 buah kelapa tua untuk santan
• Udang / lemak beserta tulang-tulang sapi
• kelapa Gonseng

PicsArt_07-04-07.39.43.jpg
Gedebog Pisang ,santan dan kelapa Gonseng

Bahan Bumbu yang dihaluskan

• 5 Siung bawang putih
• 4 Siung bawang merah
• 1 biji pala
• 1 biji Ketapang
• Bunga Lawang
• 5 buah cabe merah besar
• 5 buah cabe keriting
• 20 buah cabe rawit
• 5 butir kemiri

IMG20210704105509.jpg
Bahan Bumbu yang dihaluskan

Bahan -Bahan Untuk Menumis

• 2 Batang serai
• 2 siung bawang merah
• Daun Kari
• Daun Salam
• Kapu Laga
• Bunga Lawang

IMG20210704105826.jpg
Bahan untuk menumis bumbu

Prosedur Pembuatan

Langkah pertama:
Potong sesuai selera Gedebog Pisang kemudian cuci dengan bersih dan pisahkan getah yang menempel di Gedebog.

IMG_20210704_174932.jpg
Gedebog pisang yang sudah dipotong dan dibersihkan

Langkah kedua:
Haluskan semua bumbu yang sudah dicuci dan dimasukkan kedalam blender atau menggunakan cobek juga bisa, pastikan bumbunya harus halus ya sahabat steemian.

IMG_20210704_174803.jpg
Bumbu yang diblender

Langkah ketiga :

Tuangkan minyak secukupnya kedalam wajan kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan beserta rempah-rempahnya selama lima menit.

IMG_20210704_174639.jpg
Bumbu yang sudah ditumis

langkah ke empat :
Kukur dua buah kelapa berukuran sedang kemudian peras santan secukupnya.

IMG_20210704_174613.jpg
Santan

Langka kelima
Masukkan Gedebog Pisang kedalam wajan kemudian tabur garam secukupnya dan tuangkan kelapa gonseng serta bumbu yang sudah di tumis dan secukupnya santan.

IMG_20210704_174550.jpg
Gedebog pisang yang sudah diberi bumbu dan santan

Langkah keenam :
Letakkan wajan yang sudah tercampur semua bahannya ke atas kompor dan nyalakan api besar supaya cepat matang dan hanya memerlukan waktu satu jam untuk memasaknya serta tambahkan sedikit penyedap rasa dan koreksi rasanya.

IMG_20210704_174450.jpg
Gedebog pisang yang sedang dimasak

Langkah ketujuh :
Hidangkan gedobog pisang yang sudah matang dan sajikan dengan nasi putih beserta lauk yang lainnya.

IMG20210704180339.jpg
sayur Gedebog Pisang yang sudah siap disajikan

IMG_20210704_174425.jpg
Sayur Gedebog Pisang yang akan dibagikan kepada tetangga

Sekian resep sederhana Sayur Gedebog Pisang dari saya dan selamat mencobanya.☺️
Terima kasih untuk @event-horizon @steemwomensclub yang telah mengadakan kontes yang luar biasa ini dan saya dapat mengenalkan masakan tradisional daerah saya tinggal khususnya Aceh (Indonesia). Terima kasih juga untuk para wanita hebat yang sudah menyempatkan diri untuk membaca postingan saya, saya mengajak teman saya untuk berpartisipasi dalam kontes ini yaitu @nazila04 @nurjannah01 @anisatul

@rika93

Tentang saya


Sort:  
 3 years ago 

Terima kasih telah berpartisipasi dalam kontes terbaru kita.
❤❤❤

Terima kasih juga ☺️

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 65668.23
ETH 2619.57
USDT 1.00
SBD 2.65