SEC-S10W5: “Patience”

IMG_3450.jpeg

Hai sahabat steemians dimanapun anda berada, apa kabar hari ini? Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, Aamiin.

Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini saya ingin meluangkan waktu untuk berpartisipasi dalam tantangan yang diselenggarakan oleh Tim Komunitas Scouts y sus Amigos dan @hive-181136 dengan Tema : "La Paciencia / Patience" ini adalah tantangan musim ke-10 minggu ke-5.

Kesabaran adalah seni menjalani hidup yang tentunya tidak mudah. Dalam hal ini, kesabaran adalah kekuatan terbesar untuk menghadapi segala rintangan. Berserah diri kepada Tuhan adalah cara untuk meringankan beban dan menjaga kaki tetap gesit menjalani hari-hari. Tidak perlu membandingkan hidupmu dengan orang lain, karena itu hanya menjadikan kita orang yang tidak bisa bersyukur. Meski syukur adalah bentuk kesabaran, kita menghargai hidup bukan dengan mengukur prestasi kita dengan prestasi orang lain. Karena jalannya yang terjal dan tanjakan yang bisa dilalui pasti berbeda.

Apakah Anda cenderung mudah kehilangan kesabaran atau apakah Anda selalu mengendalikan diri?

Sebagai manusia yang dilahirkan normal tentu saja saya mempunyai sifat-sifat tertentu dalam kehidupan ini. Sama halnya dengan manusia-manusia lainnya yang memiliki sifat sabar, benci, rindu, marah, cinta dan lain sebagainya. Jadi dalam hal ini, saya sangat tidak mudah untuk kehilangan kesabaran yang saya miliki walaupun dengan berbagai cobaan hidup yang saya hadapi.

IMG_3451.jpeg
Source

Dalam kehidupan sehari-hari saya selalu berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mengendalikan diri dan tidak terpengaruh dengan hal-hal yang saya rasa kurang bermanfaat. Kadan-kadang berbagai cemoohan serta ejekan tidak pernah saya hiraukan, saya tetap mengedepankan kesabaran demi kebaikan-kebaikan kedepannya. Dengan sifat kesabaran yang saya miliki orang-orang sekitar sangat mengagumi akan sikap saya.

Apa yang membuat Anda paling putus asa atau stres?

Sampai saat ini di usia saya yang telah 43 tahun belum pernah mengenal kata-kata putus asa ataupun stres. Menurut saya sikap putus asa sangat tidak baik dalam hidup ini, itu mencerminkan kita tidak siap menerima ataupun tidak tahan dengan segala kegagalan. Orang yang berputus asa cenderung merasa tidak ada harapan serta tidak mencari solusi sama sekali. Apalagi dalam kepecayaan saya sebagai umat Islam, sikap putus asa itu sesuatu yang sangat dilarang.

Sikap putus asa merupakan akhlak tercela yang harus dihindari oleh umat Islam karena dianggap kehilangan harapan terhadap rahmat ALLAH Subhanahu wa ta'ala. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk menjauhi sikap putus asa ini sebab tidak mencerminkan sebagai manusia yang beriman. Sikap putus asa hanya akan merugikan diri kita sendiri karena banyak waktu yang terbuang sia-sia, menguras energi dan pikiran serta potensi yang kita miliki.

IMG_3452.jpeg
Source

Sebagai implementasi bahwa saya tidak memiliki sikap putus asa adalah dengan kekonsistenan saya dalam membuat postingan di Steemit. Walaupun kadang-kadang kurang mendapatkan upvote dari tim Steemit namun saya tetap aktif memberikan karya-karya terbaik saya disini.

Bagaimana Anda menghindari kehilangan kesabaran Anda?

Dalam menjalani kehidupan ini saya akan selalu melatih kesabaran dengan sebaik mungkin, tidak perlu mengedepankan emosi dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada. Sebab emosi yang meledak-ledak akan membuat kita tidak terkontrol dan tidak terkendali. Dengan melatih kesabaran maka akan membuat pemikiran kita menjadi lebih dewasa, tidak saling menyalahkan dan tentunya akan membuat hubungan yang baik dengan orang disekitar kita.

IMG_3453.jpeg
Source

Satu hal lagi yang akan saya lakukan untuk menghindari kehilangan kesabaran yaitu dengan meyakini bahwa sesungguhnya musibah dan cobaan dalam hidup diturunkan oleh Tuhan untuk menguji kesabaran hambanya dimana pada akhirnya akan berbuah manis.

Ketika Anda kehilangan kesabaran, bagaimana Anda bertindak?

Untuk mencegah sikap emosional dan menjaga agar tidak kehilangan kesabaran maka setiap masalah yang saya hadapi selalu melihat sisi positifnya, membiasakan berpikir sebelum bertindak, tidak perlu merespon hal-hal yang tidak penting, tidak bergaul dengan orang yang mempunyai sifat buruk yang suka memancing emosi serta hal yang paling penting yang akan saya lakukan adalah dengan memperbanyak ibadah.

IMG_3454.png
Source

Namun disisi yang lain sebagai manusia yang hidup normal tentu saya mempunyai batas-batas kesabaran yang saya miliki apabila sudah menginjak-injak privasi pribadi, orang tua dan keluarga. Tetapi saya tetap menghadapinya dengan tindakan-tindakan yang penuh etika dan mengedepankan jalur hukum yang berlaku di negara saya.

Nasihat apa yang dapat Anda berikan kepada kami tentang kesabaran?

Memupuk jiwa sabar adalah salah satu cara bertahan dalam menghadapi setiap cobaan, dan ini bukan hal mudah untuk bisa dilakukan oleh sebagian orang. Sangat dibutuhkan jiwa yang besar agar bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan. Disamping bersabar, berdoa dan selalu berusaha mencari jalan keluar sebagai kiat menghadapi sebuah cobaan.

Di balik sikap sabar yang kita miliki, pasti ada hikmah dibaliknya. Hidup memang penuh rintangan, kesedihan,penderitaan dan cobaan yang selalu hadir mengisi hari-hari kita. Dengan beginilah kita akan merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Maka yakinlah rencana Tuhan adalah yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya.

Demikian yang dapat saya sampaikan, dan inilah keikutsertaan saya dalam Steemit Engagement Challenge S10W5: “Patience” Semoga anda menyukainya, sekian dan terima kasih atas waktunya.

Saya turut mengajak teman-teman steemians @teukuipul87 @waterjoe @ikwal @abialfatih @ayijufridar agar sudi kiranya berpartisipasi dalam chalengge ini :

[ESP-ENG] SEC-S10W5 / La Paciencia / Patience

Best Regard,
@yuswadinisam

Steem.png

Melaluli postingan ini saya ingin mengajak sahabat steemians semua untuk mendukung dan memilih @pennsif.witness sebagai witness pada akun steemit anda Klik Disini

Steem.png

About Me

Sort:  

Cara anda dalam menghadapi setiap masalah masalah dan amarah patut di contoh , mungkin merupakan salah satu orang yang mempunyai jiwa yang baik dam penuh kesabaran dalam setiap masalah maupun di setiap langkah untuk mencapai kesuksesan..

Karya yang bagus dengan tulisannya tersusun rapi,, semoga sukses selalu untuk anda bg @yuswandinisam.🙏🙏🙏

Saya hanya mencoba menguraikan menurut kemampuan yang saya miliki, terima kasih sudah bersedia membaca dan memberi tanggapan pada postingan saya

Ureung saba luah lampoh peng siribe tinggai sireutoh... Heheh....

Benar abi, kita harus memupuk kesabaran dalam hidup ini

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @edgargonzalez

Screenshot_20221130-164846_Canva.jpg

Thank you for supporting my post

 last year 

Hola amigo, muchas gracias por participar en el concurso!

Como seres humanos por supuesto que es normal perder la paciencia en algún momento, pero debemos tratar de controlarnos, no ganamos nada estresandonos lo que podemos enfermarnos. Qué bueno que como musulmán la desesperación y el estrés este prohibido.

¡Éxitos en el concurso!

Descripción✔️ / XTotal
Steemexclusive✔️1/1
Plagiarism Free / Free IA✔️1/1
Bot Free✔️1/1
Club#club1001/1
Markdown Style2/2
Quality Content3/4
Total Score9/10
CSI24.1
Date of Verification02/07/2023

banner lirvic.gif

Gracias por verificar mi publicación y te deseo la mejor de las suertes en el concurso.

kesabaran adalah buah dari kemenangan. yang mana ajaran agama kita selalu mengajarkan ummatnya untuk selalu bersabar...sukses selalu bang...

Kesabaran adalah sebagai wujud melawan putus asa dalam kehidupan karena putus asa merupakan akhlak yang tidak terpuji dan sangat dilarang dalam agama Islam. Terima kasih atas dukungan dan tanggapannya

Possessing this attribute called patience is not really easy in life as you said but we have to so to achieve great success.
You've written in details about your experience with patience and that was interesting reading through.

Greetings and good luck in the contest!

Thank you very much for your willingness to attend, read and respond to my posts. I give a review according to the ability that I have

Most welcome! That's good, keep it up

 last year 

¡Saludos amigo!🤗

Fuiste muy atinado y, efectivamente, es imposible que seamos pacientes en todo momento porque, somos seres humanos y, siempre habrá una que otra cosa que nos genere desequilibrio pero, de nuestra parte queda aprender a desarrollar la paciencia lo más que se pueda porque, ser impacientes no nos genera absolutamente nada bueno.

Te felicito amigo, hiciste un buen trabajo💚

Priorizo ​​la paciencia para evitar que continúe la desarmonía porque no tiene sentido albergar emociones que nos puedan hacer sufrir algún tipo de enfermedad.

Greetings dear brother. Hope you are enjoying best moments of your life.

Worship is the best way to give you mental peace and stability. Patience is too much important in one life. It helps you keep your relations healthy. I have seen very less people having this ability, but you must keep in mind that only witty people are cool and calm. They have patience in their personality.

It's very nice to read your beautiful blog. Huge respect and love.
Best wishes for the contest.

What you say is true, if I remain calm in the face of a problem, I patiently look for the origin of the problem so that it can be resolved properly. Venting your anger will only make things worse. Thank you for reading my blog. love back

Benar sekali bang @yuswadinisam bahwa bersabar dan berdoa adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan untuk mencari jalan keluar dalam menghadapi suatu masalah.
Semoga sukses dalam Tantangan ini my brother

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66263.69
ETH 3419.88
USDT 1.00
SBD 2.63