SEC-S10W5 | Patience.

in Scouts y sus Amigoslast year (edited)

png_20230705_171902_0000.png

Image desain with canva

Hai STeeMiaNs

Teruntuk sobat steemians hebat dan energik salam hangat dari ku @sailawana.

Hari ini, aku tak ingin melewatkan kesempatanku dengan kembali join di kontes Sec season 10 yang sudah memasuki minggu ke-5 ini yang di selenggarakan di komunitas scouts y sus amigos. Salam hangat untuk seluruh team komunitas.

Seperti biasa aku akan mengajak sobat steemian produktif untuk join meramaikan kontes ini yuk ikutan @malikusman1 @sofian88 @pandora2010 @msharif @harferri @abialfatih @paholags @inspiracion @afrizalbinalka @waterjoe @irawandedy @graceleon @ikwal berikut tautan kontesnya

Sabar merupakan sebuah sikap terpuji yang membuat seseorang menjadi mulia di Sisi Tuhan yang maha kuasa dan dalam pandangan manusia.

Sabar adalah kemampuan seseorang untuk menahan diri dari emosinya, menahan diri dari lisannya untuk berkeluh kesah serta menahan diri dari anggota tubuhnya untuk melakukan petbuatan yang tidak terarah. Namun dalam mengaplikasikan sikap sabar bukanlah semudah berbucar, sering kali manusia mengalami berbagai kendala.

Berikut ini sharingku mengenai kesabaran sebagai partisipasiku pada kontes hari ini.

Do you tend to lose your patience easily or do you control yourself all the time?

IMG_20230504_102106_359.webp

IMG_20230309_112127_540.webp

sabar saat menghadapi peserta didik di sekolah

Selama ini aku selalu berusaha mengendalikan diri semampuku dan berusaha untuk bersikap sabar, apalagi profesiku sebagai seorang guru yang tentunya harus memiliki kemampuan lebih dalam memahami peserta didik di sekolah. Menghadapi berbagai karakteristik siswa dan siswiku dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi yang beragam membuat aku cenderung harus menahan diri dan bersikap sabar

Berbagai tingkah polah peserta didik membuat aku sering kali mengurut dada dan meredam emosi ku. Karena aku tak ingin menghadapi mereka dengan amarah dan perkataan yang akan melukai mereka dan menjadikan mereka tak nyaman saat berinteraksi denganku.


IMG_20230210_090441_039.webp

saat mengendalikan diri menghadapi aneka tingkah siswaku

Meskipun harus aku akui di saat kondisi tertentu ada kalanya aku kehilangan kesabaran terutama saat aku sudah lelah menahan diri. Apalagi saat kondisi negatif yang berulang terjadi

What is it that makes you most desperate or stressful?

Situasi yang tak jua menemukan jalan keluar dari sebuab permasalahan yang sedang kuhadapi sering membuat aku merasa putus asa dan stress.


IMG_20230523_143921_340.webp

saat stress melanda

Apalagi di saat aku sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menahan diri dan mengalah demi suatu kebaikan namun ternyata tak ada perubahan yang terjadi dan malah situasinya aku seperti di manfaatkan. Maka kondisi tersebut sangat membuat aku merasa tak berdaya dan putus asa. Aku tak tau lagi harus berbuat apa dan harus bagaimana bersikap agar permasalahan dapat di selesaikan. Bagiku saat menghadapi toxic people merupakan hal yang sangat mempengaruhi kesehatan mentalku.

How do you avoid losing your patience?

IMG_20230423_161703_143.webp

fokus dengan diri sendiri dan melakukan hal posituf

Salah satu cara yang aku lakukan untuk menghindari kehilangan kesabaran adalah dengan berempati pada orang lain, selain itu aku juga berusaha untuk cuek dengan tidak terlalu memikirkan omongan atau hal negatif yang orang lain lakukan kepadaku. Dan tidak memasukkan semua ke dalam hati.

Cara lainnya adalah dengan fokus pada diri sendiri dan berbuat kebaikan, memaafkan kesalahan orang lain, berlapang dada menerima serta menjalani apa yang terjadi.

Aku juga mendengarkan tausiah agama dan petuah dari orang tua tentang bagaimana pentingnya bersikap sabar dan besarnya pahala bagi orang yang bersabar

When you lose patience, how do you act?

IMG_20230531_153816_481.webp

berdiam diri untuk menenangkan diri

Salah satu cara yang biasa aku lakukan saat aku berada dalam situasi kehilangan kesabaran adalah biasanya dengan walk away (menghindar) dan menenangkan diriku agar tidak terpancing emosi dan biasanya aku juga memilih silent treatment agar orang lain faham bahwa aku tudak suka apa yang mereka lakukan padaku. Dan agar tak ada kata-kataku yang keluar dan bisa menyakiti orang lain.


IMG_20230416_214909_817.webp

melakukan pendekatan spiritual

Selanjutnya aku juga bisanya melakukan pendekatan spiritual dengan berwudhu dan berdzikir agar hatiku menjad lebih tenangi tenang.

What advice can you give us regarding patience?

Adapun tips atau nasehat tentang kesabaran yang akan aku bagikan berikut ini hanya simple saja.

Ingatlah bahwa dengan bersabar dan menahan diri dari yang tidak kamu sukai, akan membuatmu menjadi pribadi yang positif. Sikap sabar akan membawa banyak kebaikan dan mengjindari banyak konflik.

Sampai di sini saja publikasiku hari ini. Terimakasih aku ucapkan bagi yang sudah berkunjung dan memberikan komentar terbaikknya untukku. Salam sukses dan sampai jumpa lagi di publikasiku yang berikutnya.

Pilih @pennsif.witness untuk pertumbuhan di seluruh platform Steemit melalui komunikasi yang kuat di semua tingkatan dan pengembangan hasil yang ditargetkan dengan sumber daya yang tersedia. Pilih di sini


Warm Regards,

@sailawana

About me


Sort:  
Loading...

Sabar.. sabar.. jangan terpancing lebih baik menenangkan diri, jangan marah karena itu akan menyakiti orang lain di sekitar kita yang kena semprot ketika ada orang yang melampiaskan amarah nya :) lebih sabar karena lebih hebat daripada dengan orang yang suka nya marah-marah saja :)

Setuju pak..orang sabar adalah orang yang hebat ya pak..makasih udah mampir.
Smoga kita sukses di tantangan ini..

Makasih bunda beh... Sekarang masanya bunda berkarya.... Ilong istirahat ile....

Kejeut abi..ayo gas kan nulis..minimal satu sehari bek hana sagai..

 last year 

Hello dear lady.

You are right, patience is not something that is said to be easy, but it is something difficult, it is good that you found a way to know how to control stress.

Wise words I found in your participation.
Success in the challenge 🤞🏻
Many Blessings..🙏🏻

Thanks for stopping by my dear sister..
I'm glad that you agree with my publication.

Have a great week for you
Greetings

Keeping patience nowadays, become
challenging and various things are responsible for that our daily routine, food habit and fast lifestyle are the highest among others.

Ingatlah bahwa dengan bersabar dan menahan diri dari yang tidak kamu sukai, akan membuatmu menjadi pribadi yang positif. Sikap sabar akan membawa banyak kebaikan dan mengjindari banyak konflik.

It's true that if we can adapted patience can avoid conflicts. Thank you for sharing your beautiful view about patience my dear friend.

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 last year 

Berwudhu dan berzikir adalah dua hal baik yang harus segera kita lakukan saat kita sedang mengalami gejolak emosi, semoga kita bisa sukses di kontes ini buk

Yes setuju kita ya..
Aamiin.. smoga rezeki di minggu ini..
Yang penting usaha do'a dan semangat terus ya kyak @ikwal yang rajin setiap minggunya.. salut lah..

Thank you for your post regarding patience. I agree that patience is a commendable attitude that has good value from a religious and human point of view.

Photo stress hana hi sagai.... Hehe

Menye bit2 hi stress ka abeh jiplueng awak kalon krn yeo hahaha

Ikuti kemana angin berhembus abi.. yok semangat

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 56739.93
ETH 2400.98
USDT 1.00
SBD 2.30