SEC-S10W5 | PATIENCE

IMG_20230704_223802.jpg

creative photo by Canva

Hai sobat steemian semua..

Tema kontes tentang "Patience" telah mengajari kita untuk mengenal sekaligus membedakan kerja hati dan otak dalam konteks spikis atau psikologis. Pembentukan pola pikir, prilaku dan perubahan emosi sangat berpengaruh pada perasaan dan pikiran. Saya pribadi sering berada dalam situasi ragu-ragu saat hendak mengambil sebuah keputusan. Pada saat perasaan berkata "iya" namun pikiran berkata "tidak".

Saya juga sering kali terjebak dalam perasaan emosi karena saya cenderung tidak dapat menyeimbangi antara keinginan Hati dan keinginan Otak. Meskipun sebahagian orang berpendapat bahwa kesabaran adalah cara penyelesaian masalah terbaik bagi seseorang, namun saya keseringan lost control saat berhadapan dengan sebuah masalah rumit.

IMG_20230704_230714.jpg

sumber gambar

Salah satu contoh, saya pernah terbawa emosi kepada anak saya karena ia terus menerus bermain game online di smartphone miliknya, hingga saya bertindak tegas dengan memukul sedikit di bagian pahanya. Saat itu saya tidak sanggup menahan diri setelah memberinya beberapa kali peringatan lisan. Tapi setelah beberapa saat kemudian saya merasa menyesal atas tindakan saya.

Saya tidak tahu, apakah otak dan hati seseorang selalu sependapat ketika berhadapan dengan sebuah masalah? Saya juga berpikir, jika hati (perasaan) tidak dapat memberi solusi saat perasaan emosi datang, bisakah otak bekerja dengan akal yang sehat untuk mengatasinya? Agar perasaan marah dan emosi tidak berubah dalam bentuk aksi dan tindakan negatif.

Meskipun kita tahu, bahwa setiap satu masalah akan menghadirkan lebih dari satu solusi untuk penyelesaiannya.

IMG_20230704_224504.jpg

sumber gambar

Hal yang membuat saya stres atau putus asa adalah Kegagalan menyelesaikan masalah. Salah satunya adalah tidak dapat memutuskan sebuah masalah dengan baik atau pada saat saya menyelesaikan sebuah masalah sering kali memunculkan masalah baru.

Kedua, Tekanan Pekerjaan. Tidak adanya keseimbangan antara jumlah tenaga dan pekerjaan telah mengikis fisik, mental bahkan kreatifitas saya di kantor dalam dua tahun terakhir. Khususnya jumlah tenaga kerja (pegawai) yang bertugas di luar kantor atau dilapangan untuk membantu melakukan pendataan, servey dan pengukuran tanah. Sementara beban pekerjaan di meja kerja juga harus saya selesaikan setiap hari dan tepat waktu.

... Apakah saya juga harus memberi perhatian penuh untuk keluarga saya hanya pada hari-hari libur keja saja?

Menghindar dari perasaan emosi adalah hal sulit bagi saya, kecuali saya mengindar dari masalah jika itu memungkinkan untuk saya lakukan. Saya tahu! Siapapun tidak terbebas dengan masalah, jadi saya selalu berusaha menyiapkan diri saya "berkomitmen" sebelum berangkat kerja atau beraktivitas apapun, bahwa setiap datang masalah saya harus dapat mengendalikan emosi dan bersabar. Ini sebagai bentuk kewaspadaan atau persiapan diri ketika nantinya datang ketika akan memulai suatu pekerjaan atau aktivitas

IMG_20230704_224300.jpg

Creative photo by canva

Sialnya! Saya selalu kalah dan tidak dapat menyembunyikan perasaan emosional setiap kali datang masalah. Meskipun saya sadar dan mencoba mengendalikan emosi dan sabar, namun mulut saya tidak berhenti meluahkan rasa kekesalan dan kemarahan. Saya menganggap bahwa upaya atau komitmen saya telah gagal mengendalikan kesabaran.

Rasa emosi saya selalu hadir lebih cepat ketimbang kesabaran saya ketika persoalan rumit datang tiba-tiba. Ketika saya menyadari bahwa kesabaran saya tidak mampu menandingi rasa emosional saya, saya selalu memutuskan untuk meminta pendapat dan pandangan keluarga atau teman dekat agar saya dapat menyelesaikan masalah dengan baik dan bijaksana.

Rasanya saya tidak pantas memberi nasehat, karena saya sendiri selalu gagal menghadapi sejumlah masalah, atau jika saya sukses menangani sebuah masalah, maka selalu datang masalah baru yang lebih rumit.

Tapi anda hsrus tahu, bahwa kesabaran tidak pernah ada batas. Kesabaran juga sebuah kekuatan sekaligus obat spikis untuk meredam dan mengendalikan nafsu dan emosi.

Semoga tulisan sederhana ini dapat bermanfaat bagi kawan kawan yang telah bersedia untuk singgah. Terima kasih untuk semuanya.

Invite:

@kouba01 @f2i5 @pelon53 @yusmadinisam

Indonesia, 4 Juli 2023
Regards
@ridwant

IMG_20230225_155902.jpg
support @pennsif.witness
Klik disini

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 last year 

Hola,muchas veces perdemos la paciencia y nos dejamos llevar por las emociones causando momentos desagradables como el de golpear a tu hijo.

Algunas veces solo tenemos que respirar profundamente y exhalar y repetir esto para que la paciencia se quede con nosotros.

Suerte.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar menarik anda kawanku

Nyan harus ne saba pak 😂

InsyaAllah..

It can be incredibly challenging to maintain a balance between the number of tasks at hand and the available workforce. The situation you described, with a portion of the employees being assigned to fieldwork while still having to handle desk-related responsibilities, can indeed lead to physical and mental strain, as well as a decline in creativity.

By actively communicating your concerns and proposing solutions, you increase the chances of finding a resolution that benefits both you and your colleagues.

That's right my friend, will I be able to change my character so that I can accept my job under any circumstances by being calm and patient? Who knows! but I'll keep trying to improve it.

Thank you very much for your comments and motivation.

 last year 

Saludos @ridwant.

Todos en algún momento hemos enfrentado ese dilema de perder la paciencia y reaccionar de forma equivocada por no saber controlar nuestras emociones, es por ello que debemos evitar llegar a esos limites y ser capaces de autocontrolarnos en todo momento.

Descripcion✅ / ❌totales
Steemexclusivo1/1
Libre de Plagio / Libre IA1/1
Libre de bots1/1
clubesClub1001/1
Estilo de descuento2/2
Contenido de calidad3/4
Puntuación total9/10
CSI16.7
Fecha de verificación04/07/2023

La determinación del estatus del club se refiere a la https://steemworld.org/transfer-search aplicación basada en la web.
seprador de texto con logo.png

banner ahumadaliliana29.gif

Terima kasih telah melakukam evaluasi dan memverifikasinya.

Sebuah artikel yang menunjukkan kerendahan hatian dan kecintaan bapak dengan keluarga. Senang bisa membaca dan belajar dari sini.

Kesabaran bagi banyak orang memang masalah yang rumit dan sulit ditangani. Apalagi memang masalah selalu datang tanpa peduli masalah sebelumnya sudah selesai atau belum.

Tetap semangat, bahagia, dan sehat pak @ridwant

Posted using SteemPro Mobile

Iya bang, semua kita menyayangi keluarga kita meskipun selalu selalu terburu-buru dalam bekerja dan mengambil keputusan, ada yang tepat dan banyak pula yang meleset karena ketidak sabaran dan rasa egois.

Terima kasih atas komentar dan kunjungannya bang.

 last year 

¡Saludos amigo!🤗

Cuando no sabemos cómo reaccionar en situaciones que nos desborden la impaciencia, nos sentimos muy incómodos e incluso, impotentes porque, no querer lastimar pero saber que estamos molestos, incluso nos estresa más de lo que ya estamos.

Excelente publicación amigo, un fuerte abrazo💚

I know this personality is very difficult, but with strong will and efforts I'm sure I can change my character to a better level.

Thank you for visiting my friend

Coin Marketplace

STEEM 0.21
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 68220.71
ETH 3321.59
USDT 1.00
SBD 2.74