SEC-S10W5 | PatiencesteemCreated with Sketch.

in Scouts y sus Amigoslast year (edited)

Halo Steemians dari seluruh dunia


png_20230707_043340_0000.pngedited by canva app

Sabar merupakan salah satu sifat terpuji dimana orang yang memilikinya dapat menandakan bahwa ia adalah seseorang yang memiliki kontrol diri yang baik.

Orang sabar disayang Tuhan

Dari segi agama, sabar merupakan anjuran yang bagus dan memiliki banyak manfaat baik. Akan tetapi sabar termasuk hal yang sulit dilakukan mengingat kita adalah manusia, yang pastinya memiliki banyak kekurangan. Namun pada akhirnya kesabaran selalu memberikan kita buah yang manis.


Do you tend to lose your patience easily or do you control yourself all the time?

Gus Dur, mantan Presiden RI pernah berkata:

Kesabaran itu ga ada batasnya. Kalo terbatas berarti ga sabar

Guyonan beliau terdengar lucu namun saya rasa memiliki makna yang sangat dalam. Sabar itu luas, sabar itu besar, sabar itu berharga, dan sabar itu hebat. Intinya kesabaran itu adalah sesuatu yang mulia untuk kita lakukan sebagai manusia.

Dari perkataan beliau saya mengerti bahwa sabar menandakan tingkat kedewasaan yang matang dan saya menerapkannya dalam kehidupan. Saya termasuk orang yang cenderung sabar. Saya beranggapan tidak sabar akan menghasilkan sesuatu yang buruk. Dan tak jarang akibat dari ketidak sabaran berujung pada penyesalan. Oleh karena itu saya selalu berusaha untuk sabar dalam berbagai keadaan.

Tak saya pungkiri bahwa dalam beberapa keadaan saya pernah kehilangan kesabaran dan tidak mampu menahan emosi saya. Saya hanyalah manusia biasa, sama seperti teman-teman sekalian yang kadang kala memaksakan ego tanpa memikirkan dampak selanjutnya. Dan benar saja, itu berujung pada penyesalan sehingga ke depannya saya akan berusaha untuk tetap bersabar meski harus menjalani kepahitan dalam prosesnya.


What is it that makes you most desperate or stressful?
IMG20200204102620.jpg

Saya berulangkali mencoba untuk mengikuti seleksi penerimaan calon aparatur sipil negara dan belum pernah lolos sampai sekarang. Namun pada seleksi beberapa bulan yang lalu, saya hampir saja lolos dan itu sangat membuat saya terpukul. Saya memiliki ekspektasi besar pada saat itu akan tetapi saya masih gagal dan itu membuat saya sangat terpuruk.

Kegagalan pada saat itu memberikan beberapa pembelajaran bagi saya. Pertama untuk tidak menggantungkan harapan yang tinggi pada sesuatu. Dan yang kedua saya harus memperbanyak usaha dan kerja keras jika menginginkan sebuah pencapaian.


How do you avoid losing your patience?

Saya cenderung menghindari perdebatan untuk mencegah kesabaran saya hilang. Pada beberapa keadaan, saya pikir juga bagus apabila kita dapat menurunkan ego kita. Itu merupakan cara yang menurut saya paling efektif.

Selain itu, dalam ajaran islam menganjurkan beristighfar saat kita terbawa emosi. Dan itu juga menjadi cara yang sangat ampuh untuk mencegah kesabaran menjadi hilang. Dengan mengingat Allah dan langsung meminta ampun pada saat itu juga, selalu memberikan pencerahan pada pikiran kita yang dilanda oleh emosi.


When you lose patience, how do you act?
excuse-me-5263696_1280.jpg
pixabay

Jika saya terlanjur hilang kesabaran dan marah ataupun bertindak melebihi batas, hal yang pertama saya lakukan adalah meminta maaf. Saya yakin dengan hilangnya kesabaran kita tentu menimbulkan efek yang tidak baik. Salah satunya adalah tersakitinya hati orang lain. Oleh karena itu saya pikir langkah yang paling tepat adalah meminta maaf dan akui kesalahan yang telah kita lakukan, serta berjanji bahwa hal itu tidak akan terulang lagi.


What advice can you give us regarding patience?


Jangan membuat janji saat kamu sedang bahagia, dan jangan mengambil keputusan saat kamu sedang dilanda emosi


Terimakasih saya ucapkan kepada @hive-181136 yang telah menyelenggarakan kontes menarik di komunitas Scouts y sus Amigos. Saya turut mengundang @fantvwiki @paholags @beautiful12 @meriseptriyanti @teukuipul87 @anasuleidy dan @eliany untuk berpartisipasi. Wassalam..


@lil.albab

About me

Sort:  

Benar sekali sabar itu memang ber harga,dan sabar itu sangat hebat

Terimakasih teman, semoga sukses di kontes ini

Kesabaran adalah kunci kesuksesan...semoga selalu sukses

 last year 

¡Holaaa amigo!🤗

Es de vital importancia que todos seamos pacientes porque, esta virtud es la que nos obsequia la oportunidad de poder mantenernos distantes de los problemas visto que, la impaciencia solo se encarga de promover el conflicto.

Un fuerte abrazo amigo💚

gracias por pasarte y dejar un bonito comentario amigo. Estoy de acuerdo 👍🏻👍🏻

Loading...

This post has been upvoted through Steemcurator09.


Team Newcomer- Curation Guidelines For July 2023
Curated by - @ashkhan

Thanks for the support 🙏🏻

Nasehat yang sangat bagus.
Semoga sukses di kontes ini 👌🏻

Terimakasih banyak telah singgah dan memberi respon yang bagus ❤

Anda benar bahwa dengan beristighfar kita dapat menurunkan amarah kita dan kembali pada jalur kesabaran.
Kesabaran memang sulit untuk dilakukan, tetapi hasilnya akan lebih baik.
Semoga sukses dalam Tantangan ini my brother 🤗

Terimakasih telah singgah dan memberikan respon yang bernilai. Saya sangat menghargainya 🙏🏻

 last year 

Hai teman!!
Saya setuju dengan Anda, kita tidak boleh menawarkan apa pun saat suasana hati kita sedang baik, apalagi membuat keputusan, karena semuanya bisa berubah nanti.
Saya setuju dengan Anda, bersabar itu tidak mudah, tapi tidak diragukan lagi, manfaat yang dibawanya bagi kehidupan kita sangat banyak.
Terima kasih atas undangannya dan sukses selalu.

Terimakasih temanku untuk respon yang sangat bagus pada postingan saya. Saya benar-benar senang dan sangat menghargainya. Semoga anda juga sukses pada kontes ini 🙏🏻

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.030
BTC 65678.25
ETH 2669.38
USDT 1.00
SBD 2.88