Recipe of the day, Week No 20: 04 Juni 2024 - Mie Kepiting Bumbu Aceh

in Steemit Iron Chef26 days ago (edited)

Assalamualaikum rakan-rakan steemits....

IMG-20240604-WA0027.jpg
Cover by Canva

Pada postingan kali ini, saya akan membagikan satu resep untuk membuat mie instan menggunakan bumbu Aceh. Tidak lupa juga, ucapkan terimakasih kepada @lirvic yang selalu mengadakan kontes mengenai berbagi resep masakan yang dapat kita manfaatkan dalam menghidangkan makanan kepada keluarga. Oleh sebab itu, saya berkeinginan untukengikuti kontes ini. Saya juga turut mengundang @cutbalqis @safriana88 dan @meriseptrianti untuk mengikuti kontes berbagi resep ini.

IMG-20240604-WA0019.jpg

Pada kontes kali ini saya akan membagikan resep yang sering saya buat untuk keluarga saat ada waktu senggang atau pun ketika berkumpul bersama. Resep makanan yang akan saya bagikan kali ini adalah Mie kepiting bumbu Aceh. Bumbu mie aceh yang merupakan bumbu yang sering digunakan masyarakat Aceh untuk membuat mie Aceh (mie kuning yang digiling). Namun saya tidak menggunakan mie kuning melainkan mie instan.

IMG-20240604-WA0009.jpg

Bahan-bahan

Bahan utama yang digunakan yaitu bumbu mie Aceh yang sudah dihaluskan yang terdiri dari cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan lainnya. Selain dari bumbu mie Aceh saya juga menggunakan bahan lainnya, yaitu sebagai berikut :

Nama BahanJumlah Penggunaan
Mie Instan4 bungkus
Kepiting1 kg
Minyak makan4 sendok makan
Bumbu Mie Aceh6 sendok makan
Cabe rawit5 buah
Bawang merah1 siung
SeledriSecukupnya/sesuai selera
KolSesuai selera
Kecap manis2 sendok makan
Kecap asin2 sendok makan
Airsecukupnya

IMG_20240604_204227.jpg

Kepiting yang akan digunakan dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kotoran yang ada di dalamnya menjadi bersih. Setelah dibersihkan dipotong menjadi beberapa bagian agar cepat matang saat dimasak. Dan tidak lupa juga semua bahan yang digunakan sudah dicuci dengan bersih sebelum digunakan.

Langkah-langkah/Cara Pembuatan

Setelah semua bahan yang akan saya gunakan susah tersedia, selanjutnya merupakan langkah-langkah atau cara pembuatan mie kepiting yang menggunakan bumbu mie Aceh. Caranya cukup sederhana dan gampang untuk dicoba oleh teman-teman steemits.

Step 1

IMG_20240604_204503.jpg

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengambil kuali atau wajan yang akan digunakan untuk memasak. Wajan yang saya gunakan kali ini yang berukuran sedang , sehingga masakan saya tidak tumbah nantinya.Kemudian saya menuangkan minyak makan sebanyak 4 sendok makan.

IMG_20240604_204448.jpg

Setelah menunggu minyak panas, kemudian saya memasukkan bawang yang sudah dicincang halus ke dalam kuali yang berisi minyak tersebut. Tidak lupa saya mengaduk hingga tercium aroma wangi.

IMG_20240604_204718.jpg

Selanjutnya saya masukkan bumbu mie Aceh sebanyak 6 sendok makan dan cabe rawit. Lalu diaduk hingga merata sampai tercium aroma harum.

Step 2

IMG_20240604_204736.jpg

Langkah selanjutnya, yaitu masukkan kepiting yang sudah dibersihkan ke dalam kuali yang sudah berisi bumbu mie Aceh. Diaduk hingga merata. Setelah bumbu meresap ke dalam kepiting barulah saya tambahkan air sedikit agar kepiting matang sempurna.

IMG_20240604_204754.jpg

Setelah menunggu beberapa menit dan mengecek kepiting apakah sudah matang. Jika sudah barulah saya tambahkan sayur kol ke dalam kuali. Lalu tambahkan air secukupnya sesuai selera.

Step 3

IMG_20240604_205124.jpg

Tunggulah beberapa menit hingga kuahnya mendidih. Setelah mendidih barulah saya masukkan mie instan yang sudah saya sediakan. Mie tersebut sudah saya hancur menjadi 2 bagian agar mienya tidak terlalu panjang ketika dimakan. Setelah memasukkan mie instan dan bumbunya, saya menunggu beberapa saat sampai mie tersebut matang sempurna.

IMG_20240604_205231.jpg

Sambilan menunggu mie matang, saya masukkan kecap asin dan manis serta mencicipinya. Apabila masih hambar maka akan saya tambahkan sesuai selera saya. Dan terakhir saya masukkan daun seledri yang sudah saya potong halus.

IMG_20240604_205639.jpg

Tidak lupa juga saya mengaduk secara merata agar rasanya tercampur dengan sempurna. Setelah semuanya sudah enak sesuai dengan selera saya, saya matikan kompor. Kemudian saya sajikan ke dalam piring untuk dinikmati bersama keluarga.

Wassalam

@mirawn

About Me

Sort:  
Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 62996.86
ETH 3452.21
USDT 1.00
SBD 2.49