Recipe of the Day, Week No. 20: 24 Mei 2024- Kerang Sambal Asam Sunti

Assalamu’alaikum…

Merah & Kuning Minimalis Banner Mie Ayam & Bakso.png
Cover edit by Canva

Ucapan terumakasih kepada @lirvic yang selalu setia mengadakan kontes berbagi resep masakan/makanan. Ini juga merupakan salah satu kontes yang sering saya ikuti karena saya sangat suka memasak, hehe. Maka untuk itu saya juga mengajak teman saya yang juga merupakan hobby dalam menghidangkan masakan yaitu @mirawn @ifatniza @sailawana. Saya tidak sabar membaca postingan mereka.


IMG_8769.jpeg

Pada kontes kali ini saya berbagi salah satu resep masakan yang cukup sering saya hidangkan untuk keluar. Hanya saja bahan utamanya yang saya ganti namun bumbunya tidak jauh berbeda. Adapun nama masakan yang saya bagikan hari ini adalah Kerang Sambal Asam Sunti. Harapan saya semoga sahabat steemians dapat mencoba masakan yang akan saya bagikan berikut ini.

Bahan-Bahan

Dalam pembuatan masakan ini menggunakan bahan yang sering kita gunakan di dapur. Sehingga tidak susah dalam menemukan bahan yang akan saya gunakan dalam mengolah bumbu sambalnya. Mungkin hanya satu bahan yang akan sulit di dapat karena hanya terdapat di daerah saya saya yaitu Asam Sunti.

IMG_8745.jpeg

Asam sunti merupakan asam khas dari daerah Aceh. Asam sunti ini masyarakat Aceh mengolahnya melalui beberapa tahapan. Asam sunti berasal dari belimbing segar dan besar yang dipetik langsung dari pohonnya. Kemudian belimbing ini di cuci kemudian di jemur beberapa hari hingga menciut menjadi warna kecoklatan/hitam. Dalam proses penjemuran belimbing ini juga ditaburi garam dengan tujuan agar air yang terkandung dalam belimbing dalam keluar lebih cepat.

Selain asam sunti bahan lain yang saya gunakan sangat mudah di dapat. Berikut adalah beberapa bahan yang saya gunakan dalam pembuatan sambal asam, yaitu:

Nama BahanJumlahGambar
Asam Sunti5-10 BuahIMG_8745.jpeg
Cabe Merah5-10 buahIMG_8741.jpeg
Bawang Merah2 siungIMG_8743.jpeg
Bawang Putih2 siungIMG_8744.jpeg
Kemiri2 BuahIMG_8742.jpeg

IMG_8747.jpegIMG_8750.jpeg

Ini merupakan bahan saya saya olah menjadi bumbu. Saya menggunakan blender untuk menguping bumbu masakan. Sesuai dengan takaran yang saya terakan diatas sama masukkan semua bahan kedalam blender dan saya masukkan sedikit air untuk memudahkan blender dalam menggiling bumbu. Setelah bumbunya sudah tergiling halus maka saya matikan blender.

IMG_8756.jpeg

Selain menyiapkan bahan untuk membuat bumbu saya juga menyiagakan bahan utama masaka hari ini yaitu kerang kecil-kecil. Kami masyarakat Aceh menyebutnya Rimeh (dalam bahasa Aceh). Bentuknya sama seperti kencang namun ukurannya lebih kecil. Namun rasa dan teksturnya sama Persis layaknya kerang. Bukan hanya kerang saja, pada resep kali saya menambahkan satu ekor kepiting untuk penambahan manis alami masakan hari ini.

Cara Pembuatan/Memasak

Setelah semua bumbu dan bahan sudah saya siapkan. Selanjutnya merupakan tahapan dalam memadakan Kerang Sambal Asam Sunti. Dalam proses memasak makanan ini sangat mudah dan cepat serta sangat efesien. Tentunya hasil dari masakan ini sangat enak.

Step 1

IMG_8752.jpeg

Dalam membuat masakan ini, langkah pertama yang harus saya siapkan adalah kuali. Hari ini saya menggunakan kuali kecil saja karena tidak masak besar. Kemudian saya masukan minyak secukupnya saja. Lalu panas minyak.

IMG_8753.jpeg

Setelah saya rasa minyak sudah panas, saya masukkan bawang Merah yang sudah saya potong kecil. Saya menggunakan bawang merah setengah siung saja untuk memberikan aroma harum pada masakan yang akan sama masak.

Step 2

IMG_8754.jpeg

Setelah menumis bawang merah. Maka langkah selanjutnya yaitu saya memasukkan bumbu yang sudah saya giling halus. Aduk bumbu hingga tercampur merata dengan minyak. Tunggu bumbu hingga mengeluarkan aroma wangi.

Step 3

IMG_8758.jpeg

Jika sudah tercium aroma dari bumbu. Maka langkah selanjutnya yaitu masukkan bahan utama dari masakan ini yaitu kerang dan kepiting. Masukkan secara bersamaan.

IMG_8760.jpeg

Aduk kerang hingga tercampur dengan bumbu. Lalu masukkan garam dan gula sesuai selera. Lalu diamkan depan sesekali aduk agar masakan tidak gosong.

Step 4

IMG_8764.jpeg

Setelah masakan udah mulai mengering. Maka udah tahap terakhir saya mencicipi masakan tersebut. Jika kurang bisa menambahkan kembali garam ataupun gula. Namun jika sudah sesuai tinggal mengangkat masakan dan sajikan untuk keluarga.

IMG_8768.jpeg

Masakan ini dirumah saya sangat digemari. Dan sampai adik saya menambah porsinya, hehe. Hal tersebut membuat saya semakin suka memasak masakan yang enak untuk keluarga saya.


Sekian Recep Masakan yang saya bagikan hari ini. Kerang sambal Asam Sunti Swmoga teman-teman menyukainya. Terimakasih atas dukungan dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.

Wassalam,

@meriseptriyanti

About me

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

STEEM DREAM TEAM

Your post has been successfully curated by our team via @irawandedy at 40%.

Thank you for your committed efforts, we urge you to do more and keep posting high-quality content for a chance to earn valuable upvotes from our team of curators and why not be selected for an additional upvote later this week in our top selection.



Terimakasih pak atas dukungannya

Trimakasih Merry sudah mengundang saya untuk ikut kontes ini.
Kerang sambal suntinya enak mantap tu merr..

Terimakasih bu.
Saya tidak sabar menunggu postingan ibu untuk partisipasi pada kontes ini

Congratulations, your post has been upvoted by @scilwa, which is a curating account for @R2cornell's Discord Community. We can also be found on our hive community & peakd as well as on my Discord Server

Manually curated by @ abiga554
r2cornell_curation_banner.png

Felicitaciones, su publication ha sido votado por @scilwa. También puedo ser encontrado en nuestra comunidad de colmena y Peakd así como en mi servidor de discordia

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 66930.79
ETH 3268.09
USDT 1.00
SBD 2.64