Recipe of the Day, Week No. 18: (Sambal Terasi Bunga Kates/Pepaya)

Assalamu’alaikum….

IMG_8608.jpeg

Halo semua sahabat Komunitas steemit Iron chef. Kali ini saya berbagi resep yang sangat special masakan rumahan yaitu Sambal Terasi Bunga Pepaya.

Sebagaimana kita ketahui pada dasar bunga pepaya memiliki rasa pahit. Namun ada cara untuk mengatasi rasa pahit dari bunga pepaya. Saya diberitahu oleh ibu saya mengenai rahasia menghilang rasa pahit dari bunga pepaya yaitu menggunakan daun kedondong hutan.

IMG_8594.jpegBunga Pepaya sudah di rebus

Cara yang harus dilakukan pun sangat mudah dan simple. Kita Hanya perlu menyiapkan daun kedondong hutan. Lalu kita siapkan wadah yang sudah diisikan air dan bunga pepaya. Selanjutnya masukkan daun kedondong hutan yang sudah kita siapkan. Terakhir rebus hingga matang. Dan dapat dipastikan rasa pahit dari bunga pepaya hilang.

IMG_8596.jpeg

Setelah sudah kita tiris daun pepaya maka tahapan selanjutnya saya akan berbagi resep membuat sambal terasi bunga pepaya yang sangat enak dan biji nagih. Adapun langkah pertama yang harus kita siapkan adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bumbu sambal, diantaranya:

  • Cabe Merah
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Tomat
  • Terasi Udang
  • Bunga Pepaya
  • Minyak Goreng
  • Garam
  • Gula
Making Process

Dalam memasak sambal terasi ada beberapa tahap yang harus kita ikuti agar mendapatkan hasil masakan yang enak dan bikin nagih. Berikut ini saya bagi resep dan cara pembuatannya.

Step 1
IMG_8598.jpegIMG_8597.jpegIMG_8600.jpeg

Langkah pertama, masukan cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi ke dalam blender. Giling semua bahan hingga halus.

Step 2

IMG_8601.jpeg

Setelah bumbunya sambal terasi ya jadi. Langkah selanjutnya siapkan wajan dan tuang sedikit minyak. Kemudian tumis bawang yang sudah dirajang halus kedalam minyak panas hingga mengeluarkan aroma harum.

IMG_8603.jpeg

Setelahnya masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah menuangkan bumbu aduk dan masak setengah matang.

IMG_8604.jpeg

Saya akan sangat menikmati masakan tersebut jika sedikit pedas. Maka saat memasak sambal terasi ini saya juga menambahkan cabe hijau cincang untuk menambahkan rasa pedas pada masakan ini. Namun apabila teman-teman tidak menyukai pedas saya anjurkan untuk tidak menambahnya.

Step 3

IMG_8605.jpeg

Setelahnya langkah ketiga yaitu memastikan sambal terasi setengah matang. Maka saatnya memasukkan bunga pepaya yang sudah di rebus tadi. Aduk bunga pepaya hingga tercampur merata dengan sambal terasi. Lalu tutup dan masak hingga matang.

Step 4

IMG_8607.jpeg

Step terakhirnya adalah finishing. Untuk memastikan makan yang kita masak enak yaitu dengan cara mencicipinya. Maka langkah selanjutnya cicipi masakan tersebut jika kurang manis saya anjurkan untuk menggunakan gula sedikit saya. Begitu juga apabila kurang garam. Jika sudah sesuai selera maka sambal terasi bunga pepaya siap di hidangkan.

IMG_8615.jpegSambal Terasi Bunga Pepaya

Sambal terasi bunga pepaya merupakan salah satu masakan kesukaan ibu saya sehingga kami sekeluarga ikutan menyukainya. Selain rasanya yang enak aroma dari masakan tersebut membuat kami sekeluarga tergiur untuk mencobanya. Sesuai dengan aromanya masakan ini sangatlah enak. Sehingga untuk sekarang menjadi favorit keluarga kami.

Dengan berbagi resep masakan ini, sahabat komunitas Iron chef dapat mempratekkan atau mencoba resep masakan ini. Dan harapan saya semoga anda menyukainya.


Sekian postingan saya kali ini. Terimakasih untuk dukungannya dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.

Saya mengundang @crismenia, @asiahaiss, @ruthjoe @mirawn untuk dapat berpartisipasi pada kontes ini.

Wassalam,

@meriseptriyanti

About me

Sort:  
Loading...

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 28 days ago 

Congratulations Chef!!

Your post has been Selected and will have the curation support of the boommig account dated 22/05/2024 valuing your work.

We invite you to continue making quality publications and support the publications of your colleagues!

20240117_222042_0001.png

Greetings.

 27 days ago 

Masha Allah, bro, yesterday this was my and my husband's favorite food recipe, thank you for sharing a very delicious recipe, on my beauty!!!

Sama-sama sis…

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 64951.20
ETH 3557.52
USDT 1.00
SBD 2.35