Steemit Engagement Challenge | S7W1 | Your Favorite FestivalsteemCreated with Sketch.

Salam sahabat steemian semuanya

poster_2023-01-12-105421.png

Saya senang sekarang dapat membagikan banyak hal di sini untuk Anda semua. Suasana tahun baru masih terasa bagi kita semua dan saya sangat bahagia dapat ikut serta dalam program Steemit Engagement Challenge musin 7 ini di beberap komunitas yang luar biasa, meskipun saya masih pemula fan harus belajar banyak untuk dapat memberikan cerita berkualitas agar bisa bermanfaat bagi sahabat semua.

Tema yang si selenggarakan minggu ini oleh komunitas Steem For Pakistan adalah Steem Engagement Challenge S7-W1: Share Your Favorite Festival

IMG_20230112_212734.jpg
Beberapa Rapa'i yang sedang di pasang

Setiap daerah atau negara memiliki budaya yang berbeda beda, begitu juga dengan daerah saya di Aceh yang sangat kental dengan tradisi atau budaya, meskipun dunia sudah sangat modern namun masih ada banyak jenis budaya atau Festival yang hingga sekarang masih di selenggarakan di Aceh, seperti Festival RAPA'I yang saya bagikan sekarang kepada sahabat semua.

FESTIVAL BUDAYA RAPA'I PASEE

IMG_20230112_212644.jpg
Mempersiapkan untuk pelaksanaan Festival Rapa'i

Saya akan memulai dengan peribahasa Aceh yaitu Peunajoh Timphan Piasan Rapa'i ini merupakan kata-kata pribahasa yang diwariskan oleh nenek moyang kami dahulu, yang bermaksud ialah Timphan merupakan makanan khas Aceh yang sangat di junjung tinggi, bahkan saat setiap ada perayaan atau hari besar Timphan akan selalu dihadirkan sebagai pelengkap kesempurnaan acara. Sementara RAPA'I ialah nama jenis alat musik yang mirip seperti gendang yang dimainkan dengan jumlah orang yang mencapai 50 orang hingga ratusan orang secara bersamaan.

Festival Rapa'i ini biasanya di adakan setiap ada kegiatan besar seperti penyambutan tamu kenegaraan atau publik figur yang datang ke daerah kami, sekarang ini Festival Rapa'i malah diselenggarakan di berbagai kegiatan yang dimaksud untuk hiburan dan sekaligus mengenang budaya dari leluhur.

IMG_20230112_212812.jpg

IMG_20230112_212717.jpg
Membantu memasang Rapa'i*

Festival Rapa'i merupakan festival yang saya nikmati dan akan tercatat sebagai favorit saya untuk dibagikan di sini.

IMG_20230112_212549.jpg

Malam hari tiba dan waktunya Festival Rapa'i berlangsung selain dua kelompok yang akan hadir untuk memainkan Rapa'i, ada banyak warga dari berbagai daerah terdekat juga ikut datang untuk menyaksikan Festival Rapa'i tersebut dimainkan, dua kelompok yang berperan untuk memukul dengan sangat keras agar menghasilkan suara yang keras dan bagus menadi kegembiraan bagi setiap orang yang menyaksikan.

Festival Rapa'i ini biasanya akan berlangsung selama 3 hingga 4 hari, namun untuk Festival Rapa'i yang di selenggarakan di desa saya ini merupakan jenis festival yang sederhana dan hanya berlangsung dua hari saja.

IMG_20230112_212625.jpg

IMG_20230112_212604.jpg

Setelah melakukan berbagai persiapan di siang hari bersama warga, kemudian Festival Rapa'i akan dimainkan dimalam hari dengan dihadirkan dua kelompok dari daerah yang berbeda untuk bertanding memukul untuk menghasilkan suara paling besar dan paling bagus yang kemudian di sebut sebagai pemenang dalam Festival tersebut.

Kesimpulan

Setiap Festival dan budaya memiliki sejarahnya sendiri dan kita harus menghormatinya, karena setiap Festival yang ditinggalkan oleh leluhur kita memerlukan proses panjang sehingg dapat kita nikmati seperti sekarang ini.

Sebelum saya akhiri saya ingin mengakjak teman saya dan para senior, @anroja, @sofian88 @radjasalman, @f2i5, @liasteem, @nadiaturrina, @sailawana, @heriadi untuk ikut serta dalam kontes yang menarik ini.

Saya harap saya dapat berkontribusi lebih di lain kesempatan, terimakasih untuk semuanya dan salam hangat saya @bondtasir


Sort:  
 last year 

Wah saya jadi penasaran dan ingin melihat festival budaya rapa'i tersebut secara langsung tentunya seru dan meriah ya..
Sukses untuk kontesnya..
Trims udah mengundang saya

Saya juga akan berpartisipasi besok

Semua warga Aceh pasti tau alat musik tradisional ini, terumakasih banyak kakak sudah berkunjung ke blog saya.

Perayaan yang sangat menyenangkan kawan bahkan saya sangat senang mendengarkan rapa'i itu

Ya kita sebagai rakyat aceh pasti menyukai rapai yang legendaris ini, terumakasih banyak bg sudah berkunjung

Great post! Your description of the Rapa'i Festival was very informative and engaging. It was interesting to learn about the cultural significance of the festival and the traditional Acehnese proverb that accompanied it. The photos you included added a nice visual aspect to the post, and really helped to bring the festival to life. It's clear that you have a deep appreciation for the culture and history of your region, and your enthusiasm for the Rapa'i Festival is contagious. Keep up the great work, and thank you for sharing your experience with us.

Terimakasih banyak atas komentar baik anda, sudah semestinya kita menghargai budaya daerah kita, katena itu merupakan warisan yang harus di lestarikan.

Loading...

Hola @bontasir, es la primera vez que se de esta celebración, debe ser muy interesante sobre todo escuchar el sonido de los instrumentos y apreciar quien es el que suena mas fuerte y ver al ganador tan feliz. Me gustó mucho la publicación muy interesante.

Jika anda anda berada disini saat festival berlangsung, maka anda akan terpesona dan ikut menggerakkan tangan untuk memainkannya. Terimakasih banyak atas komentar baik anda

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 63464.16
ETH 3111.33
USDT 1.00
SBD 3.98