"One Picture And One Story Week #54"

Lembah Harau.w3w.Location

One Picture & One Story : week #54

Ini adalah partisipasiku untuk pertama kali pada kontes yang diadakan oleh @suboohi di komunitas ini, dan aku mengajak @sofian88, @sisol dan @bang.dien untuk ikut serta.

Aku ingin membagikan sebuah cerita tentang kegiatan ku pada hari Minggu lalu, dimana saat ini kami sedang mengikuti sebuah pelatihan gangguan reproduksi yang merupakan refresher bagi kami yang bekerja sebagai dokter hewan yang memberikan pelayanan kepada petani peternak.

Kami diutus oleh instansi kami yaitu Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Aceh Utara untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Gangguan Reproduksi di Balai Pembibitan Ternak-Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas Provinsi Sumatera Barat.

Kami berangkat dari asal kami (Kabupaten Aceh Utara) sejak tanggal 14 September 2024 dengan menggunakan bus (perjalanan darat) dan menempuh perjalanan selama lebih kurang 36 jam.

Perjalanan dengan menggunakan bus ini cukup melelahkan sekaligus cukup seru, karena meskipun lelah, kami bisa menikmati suasana dan melihat apa saja yang kami temui dalam perjalanan.

Kami yang berjumlah 22 orang menikmati perjalanan ini dengan segala keseruan yang kami temui selama menempuh perjalanan 36 jam lamanya.

Dan tujuan kami berangkat ke BPTU-HPT Padang Mengatas ini adalah untuk mengupdate skill dan pengetahuan kami terutama yang menyangkut dengan gangguan reproduksi pada ternak.

Sesuai dengan tujuan kegiatan, maka setiap harinya kami mengikuti pelatihan ini dengan berbagai materi, terutama praktek di lapangan dari pagi sampai sore hari.

Praktek yang kami lakukan adalah mendiagnosa kebuntingan serta gangguan reproduksi pada ternak sapi yang ada di BPTU-HPT Padang Mengatas ini.

Dan metode yang paling sering kami gunakan adalah palpasi rektal (merogoh melalui anus) untuk mendiagnosa umur kebuntingan si sapi atau gangguan reproduksi bila sapi mengalaminya.

Selain menggunakan metode palpasi rektal, kami juga mempraktekkan penggunaan USG untuk mendiagnosa kebuntingan dan gangguan reproduksi. Namun yang paling sering kami gunakan adalah palpasi rektal.

Kegiatan palpasi rektal pada sapi yang kami lakukan setiap hari membuat kami cukup lelah dan juga bosan, sedangkan kegiatan pelatihan ini masih akan berlangsung sampai satu Minggu ke depan, dan saat ini kami sudah menjalani kegiatan pelatihan selama hampir seminggu.

Untuk mensiasati kondisi ini, pihak penyelenggara telah mengagendakan jeda di hari Minggu ini tanpa ada materi kegiatan pelatihan.

Dan kami difasilitasi untuk jalan-jalan dan berwisata selama satu hari penuh ke berbagai tempat wisata yang ada di Sumatera Barat seperti ke Lembah Harau di Payakumbuh, Istana Basa Pagaruyung, dan Jam Gadangdi Bukittinggi.

Foto yang aku bagaikan diatas adalah pemandangan di Lembah Harau yang lokasinya
dekat Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatera Barat.

Yang menjadi ciri khas Lembah Harau ini adalah dua bukit cadas yang terjal dengan ketinggian sekitar 150 meter berupa batu pasir yang terjal dan berwarna-warni.

Suasana di Lembah Harau ini cukup nyaman dan menyenangkan, dengan udara yang masih segar, dan kita bisa melihat keindahan alam berupa tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik yang mengelilingi lembah.

Tebing-tebing granit yang ada di daerah Lembah Harau ini mempunyai ketinggian 80 meter hingga 300 meter, yang merupakan tebing terjal yang indah. Untuk anda yang suka photografi, ini merupakan spot yang bagus untuk mengambil foto.

Lokasi Lembah Harau ini merupakan lokasi pertama yang kami kunjungi pada hari Minggu kemarin. Dan setelah berfoto-foto disana, kami menuju Istana Basa Pagaruyung di Pagaruyung, dan selanjutnya mengunjungi Kota Bukittinggi untuk melihat Jam Gadang dan berbelanja aneka souvenir yang dijual disana.

Karena waktu yang terbatas, kami hanya sempat berkunjung ke tiga lokasi wisata tersebut, dan kami segera kembali ke BPTU-HPT Padang Mengatas untuk beristirahat dan melanjutkan pelatihan pada hari Seninnya.

Walaupun hanya satu hari, kegiatan wisata yang kami lakukan ini mudah-mudahan bisa membuat kami lebih fresh untuk mengikuti kegiatan pelatihan gangguan reproduksi sampai hari Sabtu mendatang.

Sekian postingan ku kali ini. Stay safe and Fun.....Ciao...!

Regards

@alee75

ABOUT ME

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here
 3 days ago
CONGRATULATIONS!!

Your post has been supported by TEAM SHINING STARS. We support quality posts, good comments anywhere, and any tags.

Curated by : @wilmer1988
 3 days ago

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Thanks for your participation. Best of luck for the contest.

Thank you...🙏

Amazing brother. It sounds like a wow like what an incredible experience you had. Full of learning and adventure! It's wonderful that you had a chance to visit such beautiful places.
Stay safe and have fun!
Cheers!!!!

Terima kasih teman. Salam sukses untuk anda.

My pleasure!

Menambah pengetahuan sekaligus jalan-jalan ya pak,seru sekali

Ya buk. Alhamdulillah...

23 hours ago

Thanks for your participation. Best of luck for the contest.