HWC contest #47: Food Diary Game - WEEK -1 by @meriseptriyanti (20.04.2024)

Assalamua’alaikum…

Pada postingan kali ini saya akan berbagi resep makan yang sama masak hari ini. Ini juga sesuai dengan tema kontes yang saya ikuti. Sebelumnya saya juga ingin berterimakasih kepada @jyoti-thelight yang telah menyelenggarakan kontes ini sehingga menjadikan kami wadah untuk berbagi aktivitas harian mengenai makanan.

Saya tidak ingin mengikuti kontes ini sendiri. Maka untuk itu saya mengajak @mirawn, @lirvic, dan @wirngo untuk dapat mengikuti kontes ini. Ini merupakan Linknya : HWC contest #47: Food Diary Game - WEEK -1.


133365DC-DECA-49FD-88FD-1FF646AB3793.jpeg

Sore ini saya memasak menu untuk makan malam kami sekeluarga. Saya hanya membuat dua masakan sederhana yaitu ikan sambal goren dan ikan Tumis Aceh.

Untuk membuat ikan tumis Aceh ada beberapa bahan yang harus saya siapkan. Bahan yang saya gunakan sangat mudah didapatkan dan sering kita gunakan saat memasak.

IMG_7226.jpegBahan dimasukkan ke dalam blender
Bahan-bahan
Bawang Merah
Bawang Putih
Cabe Merah
Jahe
Kemiri
Ketumbar
Kunyit
Asam sunti/Aceh
IMG_7228.jpegBahan sudah dihaluskan

Semua bahan yang saya sebutkan saya haluskan menggunakan mesin giling/blender/cooper. Bisa kita gunakan salah satu dari alat diatas sesuai yang kita miliki dirumah. Saat menghaluskan bumbu jangan lupa beri sedikit air untuk mempercepat proses penggilingan bumbu. Giling bumbu sampai halus.

IMG_7224.jpegIkan kakap yang sudah dimarinasi

Selain menyiapkan bumbu untuk dimasak. Bahan utamanya masakan saya hari ini menggunakan ikan kakap yang sudah saya bersihkan dan saya potong sesuai ukuran yang saya inginkan. Untuk ikannya juga sudah saya marinasi.

IMG_7229.jpegBawang merah dan salam koja untuk ditumis

Setelah menyiapkan ikan, saya juga mengiris satu bawang merah. Dan juga satu tangkai daun temurui/salam koja. Kedua bahan ini saya gunakan untuk ditumis.

Proses Memasak Ikan Tumis Aceh

Proses memasak ikan tumis Aceh sebenarnya sangatlah mudah. Jika teman-teman ingin mencoba membuatnya bisa ikuti langkah yang saya bagikan berikut ini:

IMG_7230.jpegIMG_7231.jpegIMG_7234.jpeg

Hal pertama yang harus kita siapkan untuk membuat Tumis Aceh yaitu kuali. Panaskan kuali dan beri sedikit minyak makan. Lalu tunggu sebentar hingga minyak panas kemudian masukkan bawang merah tumis sampai mengeluarkan aroma. Setelahnya masukkan juga Daun temurui/salam koja hingga mengeluarkan orama wangi. Aduk sampai layu merata.

IMG_7235.jpegIMG_7239.jpeg

Setelahnya saya masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Saya menumis hingga bumbu setengah matang lalu saya masukkan sedikit air serta ikan. Setelahnya saya diamkan sebentar agar bumbu meresap kedalam daging ikan.

IMG_7242.jpegIMG_7246.jpeg

Setelah kira-kira bumbu sudah meresap sempurna kedalam daging ikan. Maka langkah selanjutnya masukkan air sesuai dengan yang diinginkan. Saya menggunakan air untuk dia mangkok kuah. Setelahnya aduk sesekali ikan dan masak hingga matang. Untuk mengetahui ikan tumis Aceh masak bilang dilihat dari warna dan tekstur ikan yang berubah.

IMG_7249.jpegIkan Tumis Aceh siap disajikan

Setelah matang ikan tumis Aceh. Makan langkah selanjutnya sajikan kedalam mangkok. Saya selalu menggunakan mangkok untuk menyajikan masakan yang berkuah. Setelahnya bisa dinikmati bersama keluarga untuk menu makan malam kami.

IMG_7250.jpeg
DC49178F-7FD4-416F-BE34-8A03FEE43167.jpeg

Sembari memasak ikan tumis Aceh saya juga memasak ikan sambal. Ikan sambal merupakan masakan yang paling digemari oleh adik saya. Perpaduan antara ikan tumis dengan ikan sambal sangat padu jika dimakan bersamaan. Hal ini bisa saya lihat keluarga saya sangat menikmati makan malam ini. Saya merasa sangat puas dan senang karena keluarga saya menyukainya.


Sekian Food Diary Game saya hari ini. Terimakasih sudah memberikan dukungan dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.

Wassalam,

@meriseptriyanti

About me

Sort:  
Loading...

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 2 months ago 

Oh my God, I am already salivating where I am looks this. If I can actually get the recipe, I will love to try this meal out someday. Because it will definitely taste so delicious

Wahhh Thank you very much. I hope you can try my recipe to cook this dish

TEAM 3
¡Congratulations! This post has been upvoted through -steemcurator06.
We support quality posts anywhere and with any tags.

Curate posts.jpg

Curated by : @uzma4882

Thank you so much for support My post @uzma4882

 2 months ago 

How perfect your day with your food meal. Good Luck with contest!

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 64622.42
ETH 3518.17
USDT 1.00
SBD 2.46