Steemit Engagement Challenge / S19/W1 - "Power of communication skill"

in Hindwhale Community3 months ago
IMG20240521084232.jpg
Apakah Anda setuju dengan pernyataan "Keterampilan berkomunikasi adalah kekuatan "? Mengapa atau mengapa tidak

Komunikasi adalah alat penghubung antar sesama. Seseorang bisa berinteraksi dengan orang lain dengan bantuan alat komunikasi. Komunikasi yang efektif akan memengaruhi kehidupan seseorang. Semakin terampil seseorang dalam berkomunikasi maka akan semakin baik karir seseorang tersebut. Inti dari komunikasi adalah untuk saling memahami. Sebaliknya seseorang yang tidak mampu berkomunikasi dengan baik maka akan ada kemungkinan orang tersebut akan tertinggal jika dibandingkan dengan seseorang yang memiliki keterampilan dalam berkomunikasi.

Sesuai dengan pertanyaan dalam kontes. Apakah anda setuju keterampilan dalam komunikasi adalah kekuatan ?
Berdasarkan uraian saya di atas saya sangat setuju dengan pernyataan keterampilan berkomunikasi adalah sebuah kekuatan.
Mengapa ?
Dengan berkomunikasi dengan baik atau terampil seseorang akan mampu memahami apa yang di utarakan atau di disampaikan oleh orang lawan bicara. Sebagai contoh Jika seseorang yang memiliki ide yang cemerlang dan dapat mengkomunikasikan dengan tepat dan baik maka keberhasilan sudah ada ditangan orang tersebut. Sebaliknya
tidak peduli seberapa brilian ide yang kita miliki, jika kita tidak dapat mengomunikasikannya dengan cara yang baik atau mudah dimengerti, ide tersebut akan hilang begitu saja atau tidak akan ada artinya. jadi, inilah alasan mengapa keterampilan komunikasi disebut dengan memiliki sebuah kekuatan.

Dapatkah Anda memberikan contoh situasi di mana "Keterampilan komunikasi adalah kekuatan"?

Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak contoh dimana keterampilan komunikasi adalah kekuatan, di antaranya :

  1. Keterampilan Komunikasi akan memperindah sebuah hubungan. Baik hubungan dengan rekan kerja maupun hubungan pribadi dengan pasangan.

  2. Keterampilan komunikasi akan membuat karir cemerlang. Semakin terampil seseorang dalam berkomunikasi , maka akan semakin baik karirnya.

  3. Keterampilan komunikasi akan mencegah konflik atau perselisihan.

Dengan mengkomunikasikan sesuatu dengan baik, dengan berbicara menjaga perasaan orang lain atau pasangan kita, maka konflik atau perselisihan akan bisa dicegah.

Beberapa contoh historis di mana "Keterampilan berkomunikasi adalah kekuatan" menyebabkan perubahan signifikan

Dalam hal ini saya akan mencontohkan historis saya sendiri.
Saya termasuk tipe orang yang lebih suka berkomunikasi dengan lisan saya di bandingkan dengan tulisan.

1. Bidang Pendidikan

Ada satu dosen yang sangat fleksibel, saya sangat ingat dengan dosen tersebut. Beliau mengajari kami mata kuliah psikologi. Saat ujian beliau memberi kami pilihan, mau ujian lisan atau tulisan ?
Saya langsung menjawab lisan. Saya akan lebih mudah atau suka berbicara dari pada menulis. Beliau juga memberikan kami challenge barang siapa yang nilai ujiannya tinggi termasuk ke dalam 10 besar di kelasnya maka akan di berikan nilai tambahan sebesar 10% dari nilainya. Dan saya termasuk ke dalam 10 besar. Menurut saya mengapa nilai saya tinggi, itu karena keterampilan komunikasi saya yang baik.

2. Bidang Organisasi

Pada saat saya kuliah, saya dan teman lainnya membentuk sebuah organisasi yang kami namai MODUCE ( Muslim Education Center) Organisasi kami dalam bidang pendidikan. Kami masih muda-muda dan semuanya mahasiswa dan tentunya kami tidak punya power yang hebat, yang bisa melobi pemerintah untuk kami bisa memperoleh dukungan. Kami masih muda tetapi kami punya mimpi yang besar dan tinggi.

Mimpi kami sangat tinggi, suatu hari kami ingin membuat sebuah acara yang sangat besar yang melibatkan seluruh Aceh, acaranya cukup besar tetapi kami tidak punya modal sama sekali. Jadi, kami membagi tugas dan membuat proposal, proposal tersebut kami masukkan ke semua perusahaan yang ada di Kota kami , Termasuk juga Bank pada saat itu. Saya dan satu teman saya memasukkan proposal ke Grapari pada saat itu, dan MasyaAllah berkat komunikasi saya dan teman saya kami berhasil memperoleh dukungan dana sebesar Rp100.000.000,00 . Wow ini angka yang sangat besar untuk kami . Dengan keterampilan komunikasi kami bisa membuat acara yang megah untuk seluruh anak bangsa di Aceh pada saat itu.

3. Bidang Pekerjaan

Pada saat saya melamar menjadi CPNS di daerah saya. Setelah lulus tes menggunakan SKB dengan komputer. Ada 3 macam tes lainnya yang harus kami jalani, yaitu wawancara , mengajar dan psikotes. Dan Alhamdulillah berkat keterampilan komunikasi saya yang baik, saya mendapatkan nilai yang hampir sempurna untuk ujian wawancara dan mengajar, untuk wawancara saya memperoleh nilai 93,68 sedangkan untuk mengajar saya memperoleh nilai 98,85 nilai yang hampir sempurna. Dan dengan nilai-nilai saya yang baik saya berhasil menjadi PNS.

4. Bidang Karir

Saya bercita-cita menjadi Widyaswara atau menjadi fasilitator. Di awal karir saya , saya pernah melamar menjadi salah satu Fasilitator atau MTT namanya pada saat itu di sebuah lembaga Asing atau NGO. Pada saat saya mencalonkan diri sebagai fasilitator usia saya masih sangat muda saat itu di bandingkan dengan peserta lainnya yang sudah senior. Ada beberapa rangkaian tes yang dilakukan termasuk tes keterampilan dalam memberi materi pelatihan. Dari sekian banyak peserta yang mengikuti tes hanya dua orang peserta saja yang diterima. Qadarulllah saya salah satu yang diterima dan berhasil menjadi Fasilitator yang mewakili wilayah saya. Dan itu berhasil saya dapatkan karena keterampilan komunikasi saya.

Demikian beberapa historis saya yang menggunakan keterampilan berkomunikasi , yang dapat menggubah hidup saya menjadi lebih baik.

Bagaimana seseorang dapat meningkatkan keterampilan komunikasinya?

Menurut saya ada tiga cara utama seseorang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi:

1. Menjadi pendengar yang baik

Disaat lawan bicara kita sedang berbicara, maka dengarlah dengan seksama, ketika lawan bicaramu meminta tanggapan atau sanggahan, kamu bisa mengutarakan atau mengkomunikasikan dengan baik.

2. Aktif berbicara dengan orang lain

Guna dapat menempatkan redaksi bahasa yang benar dengan lawan bicara dan dapat memahami penggunaan bahasa ilmiah. Sebagai contoh menggunakan penggunaan bahasa ilmiah jika lawan bicara kita adalah orang yang di bidang akademisi. Sebaliknya tidak mungkin menggunakan bahasa ilmiah kepada orang awam. Intinya berkomunikasi adalah apa yang kita sampaikan dipahami oleh lawan bicara.

3. Literasi

Dengan memperbanyak bacaan, tidak hanya ilmu yang di dapatkan, seseorang yang hobi membaca juga akan meningkatkan keterampilan komunikasinya, banyak kosakata baru yang terdapat dalam bacaan dan itu bisa menjadi tambahan wawasan untuk keterampilan komunikasi.

Demikian partisipasi saya dalam Steemit Engagement Challenge S19W1 di Komunitas Hindwhale. Saya ingin mengundang teman-teman saya untuk berpartisipasi dalam Steemit Engagement Challenge ini, @ifatniza
@miftahulrizky dan @dewiruslil

Salam hangat
@megaaulia

Sort:  
 3 months ago 

Bila anda ingin curhat, curhatlah pada Mega karena beliau adalah pendengar yang baik dan tidak akan menceritakan keluhan kita kepada orang lain. Saya sudah merasakan itu. Doa saya Semoga Mega sukses kedepannya.

 3 months ago 

Aamiin...Terimakasih untuk doanya. Dan saya juga mendoakan supaya kita akan sukses bersama .
Terimakasih sudah mampir di postingan saya.

 3 months ago 

🫰💕

Loading...

image.png
CONGRATULATIONS!!

This post has been upvoted - Steem's Angels with @steemcurator0x/ Curated by: @solperez

«El único modo de hacer un gran trabajo es amar lo que haces» Steve Jobs.

 2 months ago 

Terimakasih untuk dukungannya 🙏

 2 months ago 

Greetings, you have been supported by @hindwhale account for your post. To know more about our community, you can visit our introduction post here. To contact us directly, please visit our discord channel.

Moderator/Curator : @jyoti-thelight


Hind Whale Comment GIF.gif

Subscribe & Join Our Community
Telegram ----- Discord

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 66028.29
ETH 2694.36
USDT 1.00
SBD 2.89