Steemit Engagement Challenge S11/W1 - Perhaps if man had not invented fire, what would this earth have looked like?steemCreated with Sketch.

in Hindwhale Communitylast year (edited)

Halo Steemians dari seluruh dunia

Api memiliki hubungan yang sangat kuat dengan sejarah dan perkembangan peradaban manusia. Kita selalu tau bahwa api merupakan sebuah elemen yang telah banyak berperan penting dalam membantu manusia. Sifatnya yang panas dan membakar juga sering digunakan dalam perumpamaan pada beberapa karya tulis dari jaman ke jaman. Terkait fungsinya, saya pikir kita semua sudah tau. Yang jelas api telah memberikan banyak manfaat yang dapat kita nikmati.

png_20230727_204937_0000.png
edited with canva app

Perhaps if man had not invented fire, what would this earth have looked like?

Saya tidak dapat membayangkan dengan persis apabila seandainya api tidak pernah ditemukan. Saya pikir bumi akan menjadi sangat dingin. Mungkin juga populasi manusia tidak akan sebanyak sekarang ini. Itu karena api memang memegang peranan penting dalam perkembangan peradaban manusia.

Api juga dapat menghasilkan cahaya sendiri. Karenanya api pada jaman dahulu dijadikan sebagai sumber cahaya untuk melakukan aktifitas terutama pada malam hari. Dan saya yakin bumi tidak akan menjadi seperti sekarang tanpa adanya api.

Coba pikir kemudahan yang dapat kita rasakan sekarang adalah buah dari penemuan-penemuan jenius pada jaman dahulu. Lalu apakah penemuan itu tetap ada tanpa adanya api? Saya pikir itu mustahil. Akan sangat jauh kekurangan yang akan kita rasakan jika api benar-benar tidak pernah ditemukan.

How do you think man discovered fire?

Saya tidak tau pasti bagaimana orang pada jaman dulu menemukan api. Namun pada saat saya kecil dan masih duduk di bangku sekolah dasar, saya sering mendengar orang jaman dulu menggesekkan dua batu secara bersamaan hingga menimbulkan percikan api dan itu membakar dedaunan kering. Tapi saya rasa itu agak sedikit kurang tepat. Saya lebih yakin cara itu merupakan pengembangan lanjutan setelah mereka tau tentang api.

Saya lebih yakin api ditemukan karena proses alami di bumi. Mungkin seperti lava yang dihasilkan gunung berapi, ataupun benda langit yang jatuh ke bumi seperti komet yang menyebabkan kebakaran hutan pada jaman dulu.

Is fire essential for us or not?

Tentu saya akan mengatakan itu sangat penting. Dari hal kecilnya saja, kita memerlukan api untuk mengolah bahan mentah menjadi makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Maka dari hal kecil itu saja, bisa dibayangkan betapa pentingnya peran api dalam kehidupan kita. Masih banyak hal lain sebenarnya yang menerangkan bahwa api adalah sesuatu yang penting.

What are the advantages and disadvantages of fire?

fire-3478889_1280.jpgpixabay

Sangat banyak manfaat yang dihasilkan oleh api. Beberapa diantaranya adalah kemajuan teknologi yang memberikan dampak langsung yang dapat kita nikmati.

Beberapa manfaat penting dari api :

  1. Menjadi sumber energi pembangkit listrik, contohnya pembangkit listrik tenaga uap
  2. Mengolah bahan mentah menjadi makanan
  3. Dapat menghangatkan suhu yang dingin
  4. Menjadi sumber cahaya

Namun dibalik manfaatnya, api juga dapat memberikan kerugian. Antara lain:

  1. Sifatnya yang panas dan membakar dapat memberikan luka serius pada tubuh
  2. Menghancurkan hampir seluruh material jika api tidak terkendali
  3. Dapat mengganggu kelangsungan ekosistem. Contohnya kebakaran hutan
  4. Asap yang dihasilkan oleh api dapat mencemari udara

Dulu saya sering mendengar pertama "kecil menjadi teman, besar menjadi lawan". Pepatah itu terkait dengan api yang intinya api dapat bermanfaat jika kita dapat mengendalikannya sebaik mungkin. Begitu pula sebaliknya.

How should we handle fire for a safe environment?

Saya pikir kita tidak boleh lalai dalam menangani api. Seperti yang kita tau api dapat menjadi bencana jika kita lalai dalam menggunakannya. Terutama pada lingkungan. Api bisa saja menghancurkan ekosistem yang ada dalam sekejap.

ape-4273153_1280.jpgpixabay

Karena itu kita harus menggunakan api sesuai dengan kebutuhan kita. Api dapat memberikan banyak manfaat yang bagus bagi lingkungan jika kita memanfaatkannya dengan baik. Dengan pembelajaran yang cukup tentang penanganan yang benar terkait api, saya rasa itu dapat mencegah kerusakan pada lingkungan yang disebabkan oleh api.

Terimakasih saya ucapkan kepada @hindwhale yang telah menyelenggarakan kontes SEC-S11W1 dengan tema yang menarik. Saya mengajak @fantvwiki @meriseptriyanti @crismenia @teukuipul87 dan @wilmer1988 untuk berpartisipasi. Terimakasih sudah membaca postingan saya.

Best Regards

@lil.albab

About me

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Thank u 🙏🏻

Saya sangat menyukai tulisan anda
Semoga sukses di kontes ini

Saya pun sedang menulis mengenai ini tunggu entry saya

Terimakasih sudah singgah dan memberi respon yang bagus 😊

Semua yang telah di ciptakan Allah di alam semesta ini selalu bermanfaat bagi makhluk-nya.... selalu sukses dan konsisten teman

Benar bg, Terimakasih banyak sudah singgah 🙏🏻

Loading...

It is hard to believe that two opposing forces, water and fire, can have such a good but also devastating effect on our lives. BUT, we need both.
I agree 100% with you, I cannot see myself going without fire. We got so spoiled, especially when we lived in bigger towns and cities.

Thank you, I enjoyed your post, especially the part about fire that gives light. I totally forgot about it when I wrote my post.

That's right, fire can produce its own light and it was the main alternative used by the ancients for nighttime activities. Thanks for stopping by and leaving a valuable comment ma'am. A patjewell makes me very excited 👍🏻👍🏻

It's a pleasure! ☕

 last year 

¡Saludos amigo!🤗

El hombre cuando aprendió a manipular el fuego, comenzamos a tener grandes oportunidades de avances por lo que, podemos decir que este elemento natural es y sigue siendo el conducto perfecto para la evolución del ser humano y por supuesto, el ecosistema en general.

Un fuerte abrazo💚

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 58607.22
ETH 2616.94
USDT 1.00
SBD 2.43