Steemit Engagement Challenge S13-W4 || Mata Pelajaran Favorit Saya di Sekolah Menengah

in Hindwhale Community8 months ago (edited)

Halo salam sejahtera untuk sahabat steemians semua dimanapun berada, apa kabarnya hari ini? Semoga semuanya tetap dalam keadaan sehat dan dapat menjalankan segala aktivitas dengan baik. Pada kesempatan kali ini saya kembali mengikuti kontes yang diadakan oleh Komunitas Hindwhale dalam Steemit Engagement Challenge Season 13 Week 4 dengan tema kontes: "What was your favorite subject in high school?"

1000051542-01.jpeg
Source

Setiap dari kita sudah pasti pernah menjadi seorang pelajar. Menjadi hal yang wajar setiap peserta didik menyukai pelajaran tertentu yang menjadi favorit pada saat sekolah. Demikian juga yang terjadi pada setiap pelajar yang masih menjalani masa sekolah. Sebagai seorang pengajar saya tahu betul bahwa setiap pelajar memiliki mata pelajaran yang disukai, kurang disukai, atau bahkan ada mata pelajaran yang tidak mereka sukai. Semua itu sangat tergantung juga bagaimana cara seorang guru dalam memberikan pengajaran dalam kelas.

images (3).jpeg
Source

Selain itu suka atau tidak suka seorang pelajar terhadap mata pelajaran tertentu juga sangat ditentukan oleh bakat dan minat. Itu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pelajar menyukai atau bahkan membenci mata pelajaran tertentu. Di samping faktor guru dalam memberikan pelajaran juga sangat menentukan bakat dan minat seorang pelajar. Guru memegang peranan yang begitu penting untuk menentukan arah pembelajaran. Sehingga sebagai seorang guru saya sangat memperhatikan hal tersebut dalam mengajar di kelas.

146-01.jpeg

Berbicara tentang mata pelajaran favorit di sekolah, saya juga pernah merasakan hal tersebut. Saat sekolah karena tuntutan maka saya dan pelajar secara umum di negara kami harus mengikuti semua mata pelajaran. Kami tidak diberi kesempatan untuk memilih sendiri mata pelajaran yang disukai. Namun begitu saya juga memiliki beberapa mata pelajaran yang menjadi favorit saat sekolah dulu. Saya menyukai mata pelajaran tersebut karena berbagai hal seperti faktor guru saat mengajar membuat mudah diterima dan juga mata pelajaran tersebut menarik serta bermanfaat.

Beberapa mata pelajaran yang saya favoritkan tersebut secara umum mendapatkan nilai yang bagus. Walaupun terkadang ada juga saat-saat tertentu saya memperoleh nilai yang tidak sesuai harapan. Itu bukan karena guru tetapi karena salah saya sendiri dan terkadang memang materi nya yang susah sehingga saya kesulitan dalam memahami materi tersebut. Sehingga pada saat tertentu dengan materi itu saya mengalami sedikit hambatan. Tetapi saya selalu berusaha untuk dapat menguasai materi tersebut walaupun harus bersusah payah mengatasinya. Bantuan dari guru tentu saja membuat saya dapat melalui semuanya.

1000003391-01.jpeg

Secara umum seperti yang sudah saya jelaskan diatas kalau saya menyukai semua mata pelajaran. Selain karena tuntutan yang harus dikuasi juga karena semua mata pelajaran yang dipelajari di sekolah sangat penting. Karena semua mata pelajaran akan mempengaruhi diakhir semester saat pembagian hasil belajar. Tentu dengan satu dua mata pelajaran yang kurang bagus nilai akan membuat keseluruhan menjadi tidak maksimal. Mata pelajaran yang menjadi favorit saya biasanya mendapat nilai bagus sehingga saya bisa membantu saudara atau sahabat agar mereka juga dapat menguasainya dengan baik.

Saat ini saya dapat menyalurkan salah satu mata pelajaran favorit saya disekolah secara langsung kepada anak didik. Saya bekerja sebagai guru mata pelajaran matematika sesuai dengan pelajaran favorit disekolah. Namun saya akui memang bukan tugas yang mudah untuk menjadi seorang pengajar apalagi mata pelajaran yang saya ampu merupakan pelajaran yang sering dianggap sulit bagi pelajar. Walaupun berat saya tidak akan berhenti dan terus bersemangat untuk memberikan ilmu terbaik untuk siswa karena itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab.

1000005662-01.jpeg

Demikian partisipasi saya dalam kontes luar biasa ini, terima kasih untuk semuanya. Saya juga mengundang sahabat @msharif, @ridwant, @irawandedy, @kouba01, @dirapa, @waterjoe, @stef1, @wilmer1988, @pelon53, @albenis, @goodybest, @suboohi, @crisvera, @chant untuk mengikuti kontes ini.

Salam,
@fadlymatch

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Loading...

My friend, your post is well articulated. You have simply state that, it all depends on the field of interest of each student that determines their love for certain subjects, I can't agree with you less my friend.

I see you love your job and I am glad because teaching job is a noble job.

Best of luck.

 8 months ago 

The teacher's attitude was mostly influenced by his or her dislike or preference for the subject. It is beneficial that you, as a teacher, pay attention to that fact.

Wooow. A teacher we have here. Teachers are wonderful people and it’s a great profession especially when done with passion.

Am impressed to know that you like all the subjects. I didn’t ooo. There were some which was an acre to me like physics and chemistry while I was in love with others.

It’s good to know your doing your best to help the students under your care and to be Frank like you said, the teacher and his method of teaching can also contribute to the students understanding and likeness of a subject. Great content. Warm regards.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 62574.15
ETH 3443.14
USDT 1.00
SBD 2.51