[CONTEST] My Feelings About Server Down of Steemit |by @abuarkan

Sedang semangat membuat postingan, tiba-tiba terkendala error-nya steemit.com. Ini sungguh menjengkelkan, khawatir, membuat semangat turun, hingga banyak pertanyaan muncul di kepala. Tapi tetap menaruh harapan dan berpikir positif. Semoga tidak pernah error lagi di masa mendatang.

Ilustrasi my feeling.jpeg ilustrasi my feelings about server down

Tulisan ini untuk mengikuti [CONTEST] My Feelings About Server Down of Steemit yang difasilitasi @pea07. Terima kasih atas kesempatannya. Ini adalah postingan pertama saya di Hindwhale Community. Semoga berkenan dan mendapat kesempatan bergabung di komunitas ini.

Saya @abuarkan asal Aceh, Indonesia. About Me

What initial step did you take when unable to access on Steemit?

Rabu sore 30 Agustus 2023, saya bekerja di rumah mengedit beberapa tulisan news untuk media, sambil mengecek media sosial dan email. Sambil bekerja, saya membuka situs steemit.com sekitar pukul 17.00 WIB, tapi tak terhubung. Padahal pada Rabu pagi tidak ada kendala.

Saya pikir sedang error sebentar. Saya tak terlalu menghiraukannya. Selesai pekerjaan rutin, saya mulai menulis The Diary Game untuk diposting jika sudah normal. Hari itu, saya belum memposting satu pun artikel di blog steemit. Saya selalu berusaha minimal punya satu postingan dalam sehari. Ini adalah semangat untuk terus berkembang di platform ini.

Tell us how you felt after 5 hours of not being able to access on Steemit?

Setelah 5 menit kemudian, saya mengecek lagi website steemit, hasilnya masih error. Saya refresh sampai tiga kali, tak berhasil. Saya mulai bertanya-tanya, ada apa dengan steemit? Apakah gangguan jaringan internet di rumah? Saya mengecek jaringan, normal tak ada kendala.

error.jpeg
screenshot server down

Saya masih berpikiran positif, berharap tak lama lagi website ini akan normal kembali. Selanjutnya saya terus menyiapkan artikel The Diary Game. Di sela-sela menulis, saya mengecek steemit, berharap sudah normal. Tapi sampai menit ke-30, situs ini masih error.

Saya masih terus menulis sambil membuka steemit setiap 10 menit, sampai pukul 19.00 WIB. Saya kemudian meninggalkan laptop, menunaikan salat Magrib, terus makan dan mengajarkan anak-anak mengaji.

Pukul 20.00 WIB, saya membuka kembali laptop dengan rencana menyiapkan sedikit lagi tulisan dan posting. Tapi, laman steemit masih error. Saya masih berselancar di dunia maya sambil membaca berita media online untuk mengikuti perkembangan negara Indonesia dan dunia internasional.

Sampai pukul 20.30 WIB, saya mematikan laptop, beralih menonton film di netflix. Jelang tidur sekitar pukul 23.00 WIB, saya masih membuka situs ini lewat handphone. Hasilnya sama, error.

Tell us about how you felt after 24 hours of not being able to access on Steemit?

Keesokan harinya, Kamis 31 Agustus 2023, saya mengecek steemit.com pagi-pagi, belum dapat diakses. Sambil ngopi, saya menghubungi salah seorang senior; @munaa, menanyakan apa sebab steemit error, kadang dia mengetahuinya.

Jawabannya, @munaa juga tidak paham kenapa error. Katanya rekan-rekan di India sudah dapat mengaksesnya semalam atau Rabu malam, tapi hanya sebentar. Saya mencari tahu kepada beberapa rekan yang lain, mereka juga tak paham. Ternyata error telah mulai sejak Rabu siang.

steemit error.jpg
screenshot server down

Kamis siang setelah 24 jam errornya website ini, saya mulai bertanya-tanya apa penyebabnya. Saya menelusuri google untuk menemukan jawaban, tetapi tidak ada. Saya sempat berpikir buruk, jangan-jangan steemit dirusak oleh hacker internasional, mereka yang ingin mencuri koin steem para pengguna.

Saya tak mau berpikir lebih jauh soal ini, yang jelas perasaaan galau tetap ada, sambil terus berharap situs steemit akan normal kembali untuk digunakan steemians. Saya meyakini, steemit punya tim yang kuat untuk memperbaiki masalah server down.

What do you think is the possible cause of the server down?

Saya belum menemukan jawaban pasti terkait hal ini. Tetapi ada beberapa kemungkinan sebagai berikut:

  • Ulah hacker yang mencoba mengganggu website untuk kepentingan tertentu, paling buruk mencuri koin steem.
  • Adanya pembaruan sistem server yang dilakukan secara diam-diam tanpa pemberitahuan kepada steemians, sehingga membuat server steem blockchain tidak aktif.

hacker-1446193_1280 pixabay.webp
Ilustrasi hacker. Sumber

Sampai saat ini, saya masih menantikan pemberitahuan pasti dari tim steemit terkait gangguan server down, semoga tidak terjadi lagi ke depan.

Perasaan saya setelah steemit aktif kembali

Saya mengetahui website steemit telah aktif kembali pada Jumat siang, setelah dapat mengaksesnya melalui handphone. Saya memeriksa telah banyak steemians yang posting artikel maupun foto-foto di berbagai kominitas.

Tak lama kemudian, saya langsung memposting The Diary Game di blog, memberikan upvote dan komentar di postingan steemians. Saya merasa bahagia dapat berinteraksi kembali setelah steemit normal.

postingan pertama setelah aktif.jpeg Postingan pertama setelah website normal kembali

Demikian kisahnya, semoga berkenan dan terima kasih. []

Saya mengundang rekan @muna, @bukutaqin dan @gamcantoi23 untuk ambil bagian dalam kontes ini.


Salam literasi
@abuarkan

Sort:  

Makasih banyak undangannya pak @abuarkan.

Kontes yang bikin dag dig dug saat dibaca opininya. Hehehe.

Sudah bisa posting ya. Saya malah belum bisa ini tinggal posting cerpen.

Sukses buat kontesnya!

Thanks sudah berkunjung dan membacanya. Sukses selalu kawan

Loading...

Kontes yang sangat menarik untuk menyikapi dan menyerap harapan dari steemian setelah kejadian yang tak diinginkan pada pekan lalu.

Terima kasih sudah mengundang saya ke kontes ini. Semoga saja kejadian seperti ini bisa ditangani dengan cepat oleh tim steemit, agar tidak membuat penggunanya jantungan.

Makasih bang telah memberi dukungan

 last year 

We all were surprised and thinking in the same terms and I feel the site is not yet back to normal but facing a few glitches.

That's right friend, hopefully it will be completely normal soon.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 68183.09
ETH 2641.06
USDT 1.00
SBD 2.70