Achievement 2 Task : Basic Security on Steem : By @rahmadimayor

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Setelah lama mempelajari tentang tugas Achievement 2, hari ini saya mencoba untuk menyelesaikannya dengan segenap kemampuan yang saya miliki dari beberapa sumber yang direkomendasikan oleh teman2 yang kemudian saya baca secara perlahan, sulit bagi saya untuk menuangkan kedalam tulisan.

saya mempelajari secara autodidak pada blog @cryptokannon https://steemit.com/hive-172186/@cryptokannon/achievement-tasks-resources-and-materials-newcomers-retention mengenai Basic Security on Steem atau fungsi kunci yang diberikan oleh steemit.com dalam bentuk file PDF pada saat mendaftar akun beberapa waktu yang lalu.

Setelah saya pelajari ternyata setiap kunci yang diberikan memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda, dan kita harus teliti dalam menggunakan kunci tersebut agar akun pengguna kita tetap aman dari tindakan kejahatan orang yang tidak bertanggung jawab.

image.png
Sumber

No 1. Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci di steemit?

Jawaban
Saya sudah mendapatkannya saat pertama mendaftar aku, dengan cara donwload PDF yang disarankan saat pertama berhasil membuat akun.

No 2. Apakah kamu mengetahui masing masing fungsi dan batasan utama ini?

Jawaban
saya sudah berusaha untuk mencari tahu dan mempelajari tentang berbagai fungsi kunci yang saya dapatkan.

Berikut ini adalah beberapa jenis kunci yang diberikan untuk dapat mengelola akun pada platform steemit.com dan saya akan coba untuk menjelaskan funsi dari masing-masing kunci tersebut.

  • Master Password
    Master Password merupakan kunci utama pada akun steemi.com yang diberikan kepada kita, Master Password merupakan kunci yang digunakan untuk login pertama kedalam sebuah platform, jika kunci ini tidak disimpan dengan baik dan ditemukan oleh pihak lain, maka secara otomatis akun kita akan dapat di ambil alih oleh orang tersebut.

  • Private Posting Key
    Private Posting Key memiliki fungsi atau kegunaan untuk memposting tulisan karya kita pada blog dan memberi komentar pada postingan yang ditulisan orang lain dan juga dapat membalas komentar antar sesama steemian lainnya, Private Posting Key juga memiliki fungsi untuk memberi suara positif pada tulisan orang lain yang kita sukai, atau yang lebih dikenal dengan vote untuk saling mendukung sesama pengguna platform steemit.com

  • Private Memo Key
    Private Memo Key atau kegunaan kunci ini mungkin tidak memiliki banyak fungsi dan jarang digunakan, hal ini saya ketahuai dari bertanya pada beberapa steemian yang saya kenal, dari pemahaman yang saya dapatkan Private Memo Key hanya sebatas mendeskripsikan pesan yang kita kirimkan ke blockchain pada sebuah platform, mohon maaf jika ini pemahaman saya salah dan mohon bimbingannya.

  • Private Active Key
    Private Active Key merupakan kunci yang memiliki peran penting, Private Active Key atau Kunci ini memiliki fungsi yang sangat penting dengan kunci ini kita dapat memberi hadiah kepada teman komunitas kita dengan cara mengirimkan koin Steem, SBD dan TRON yang tersimpan di Wallet akun serta juga dapat melakukan penukaran antara koin.

  • Private Owner Key
    Owner Key memiliki fungsi yang cukup berpengaruh untuk keamanan akun kita, kunci ini hanya digunakan saat di perlukan saja, karena dengan menggunakan kunci ini kita dapat mengubah sandi awal menjadi baru, Owner Key juga berfungsi untuk meriset atau mengatur ulang kata sandi jika kita lupa menyimpan atau hilang oleh faktor tertentu, atau mungkin akun kita sudah pernah di jelajahi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka perlu segera menggati ke pasword baru.

No 3. Bagai mana kamu berencana menyimpan kata sandi?

Jawaban
Tentunya untuk menyimpan kunci harus pada tempat yang aman dan rahasia, tidak boleh di ketahui oleh orang lain. Kunci dalam bentuk PDF tersebut sudah saya simpan di tempat paling aman menurut saya.

No 4. Apakah kamu tahu cara tranfer Steem ke akun pengguna lain?

Jawaban
Saat ini saya sudah mempelajarinya dan saya akan memperlihatkan hasil tangkap layar contoh cara tranfer steem ke akun pengguna lain.

image.png
Masukkan nama akun tujuan tranfer dan jumlah steem yang inginvkita tranfer, selanjudnya tulis memo pada kolom memo, sebagai contoh saya menulis memo Tutorial cara Tranfer Steem. selanjutnya tekan Next dan akan muncul seperti gambar di bawah, lalu tekan OK. dan selesai.

image.png

No 5. Apakah kamu tahu cara Power Up/Down Steem?

Jawaban
Ya, saya sudah tahu caranya, dan itu hampir sama dengan cara no 4. untuk pertanyaan ini saya akan menampilkan tangkap layar cara Power Up

image.png

image.png

Hanya sekian yang dapat saya share mengenai Basic Security On Steem. Mohon maaf jika penjelasan saya tidak tepat pada semestinya yang di minta oleh para mentor dan mohon teguran dan kritikannya untuk dapat saya perbaiki kembali.

CC, @irawandedy

Sort:  

Hey @rahmadimayor, This is Aniqa Mashkoor, a greeter helper.


congratulations! you have successfully completed your achievement 2. Now you can head towards completion of achievement 3. For this, I'll recommend you to first read and understand this Achievement 3: Content Etiquette guideline by cryptokannon

TASK RATE: 02


NOTE: Attach linkof your verified achievement 1

I encourage you to complete your achievements till 4 to be a part of NEWCOMERS SUPPORT PROGRAM which is 500SP Minnow Support Program in the Newcomers' Community.

Happy steeming :)

 3 years ago 

Hi, @rahmadimayor,

Your post has been supported by @nahela from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 67651.30
ETH 3269.44
USDT 1.00
SBD 2.64