Achievement 2 @pakferi Tugas: Basic Security on Steem

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Salam Sehat Untuk Sahabat Steemit Semua, dimanapun Berada

Setelah saya menyelesaikan tahapan Achievement 1, sekarang saya akan melanjutkan ke tahap yang kedua yaitu Achievement 2, berdasarkan bimbingan rekan-rekan dan hasil pencarian saya di panduan Achievement 2 dan dari postingan Steemian lain, maka saya akan melakukan Achievement 2.

Saya akan coba menjelaskan tentang Pengaman utama di Steem , seperti sebuah ruangan untuk kita masuk harus mempunyai kunci, nahhh kunci merupakan keamanan utama yang bersifat sangat rahasia yang tidak boleh di ketahui oleh siapapun selain kita pribadi dan orang yang kita percayai.

foto kunci.jpg

Pertanyaan 1
Apakah kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di steemit?
Saat pertama kali saya mendaftar di Platform Steemit, saya di minta untuk memasukkan username saya, dilanjutkan dengan memasukkan email saya di susul dengan nomor verifikasi yang di kirimkan ke email yang saya gunakan saat mendaftar, setelah itu saya memasukkan nomor HP ( Hand Phone, red.) saya dan saya masukkan juga setelah itu kode verifikasi yang dikirimkan pihak Steemit ke HP saya. Setelah semua data tersebut selesai saya input, saya langsung menekan tombol mendaftar, setelah pendaftaran selesai diproses, kemudian saya menerima pasword dan seluruh kunci keamanan lainnya dalam file PDF. Setelah saya buka file tersebut, saya lihat ada 4 kunci keamanan yang sangat rahasia dan terdiri dari:

  1. Private Posting Key
  2. Private Memo Key
  3. Private Active Key
  4. Private Owner Key

Pertanyaan 2
Apakah kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?
Berbeda dengan Platform Social Media lainnya, Steemit memiliki 4 kode kunci keamanan dengan fungsi yang berbeda-beda, ini penjelasannya:

  1. Private Posting Key
    Posting Key berfungsi supaya kita bisa mengakses beberapa fitur penting dalam platform Steemit seperti membuat dan mengedit postingan kita di Steemit, berkomentar, membagikan postingan kawan kita lainnya, memberikan vote, mengikuti dan berhenti mengikuti orang lain,
  2. Private Memo Key
    Memo Key kita gunakan di memo saat kita ingin melakukan transaksi Steem dan Steem Dollar dengan sesama pengguna platform ini.
  3. Private Active Key
    Active Key memiliki peran yang sangat-sangat sensitif, karena Active Key akan digunakan pada saat mentransfer
    dana dari satu akun ke akun lainnya, melakukan power up dan power down, memberikan vote untuk witness, mengonversi Steem Dollar, mendapatkan orderan dari market, dan juga saat kita ingin mengedit atau mengubah profil .
  4. Private Owner Key
    Owner Key merupakan kunci keamanan yang bisa kita gunakan untuk memulihkan akun kita yang terkena retas atau diambil alih oleh orang lain. Karena Owner Key merupakan sandi yang paling kuat jika di bandingkan sandi lainnya. Alasannya, karena Owner Key dapat kita gunakan untuk mengubah kunci keamanan lainnya.

Pertanyaan 3
Bagaimana kamu berencana menyimpan kata sandi master key kamu?
Saya akan menyimpan semua kata sandi master key ini seaman mungkin, sehingga saya pastikan tidak ada orang lain yang bisa mengaksesnya. Kemungkinan saya hanya akan memberikan ini hanya kepada intri saya, jika terjadi sesuatu pada saya, maka instri saya bisa mengakses ini dan bisa digunakan.

Pertanyaan 4
Apakah kamu tahu cara mentransfer STEEM kamu ke akun pengguna steemit lain?
Berikut coba saya jelaskan apa yang sudah saya tau tentang cara mentransfer STEEM ke akun pengguna Steem lain.

  1. Klik foto profil
    WhatsApp Image 2021-10-01 at 00.33.59.jpeg

  2. Setelah itu klik wallet
    WhatsApp Image 2021-10-01 at 00.34.32.jpeg

  3. Setelah klik wallet, akan muncul tampilan seperti ini. klik pada jumlah Steem.
    WhatsApp Image 2021-10-01 at 00.35.36.jpeg

  4. Selanjutnya pilih "Transfer"
    WhatsApp Image 2021-10-01 at 00.36.17.jpeg

  5. Sesudah kita klik Transfer akan muncul kotak dialog yang harus kita isi. Untuk kolom "From" akan terisi secara otomatis nama akun Steemit kita, pada kolom "To" kita isikan nama akun yang akan kita Transfer STEEM nya, di kolom "Amount" kita isi jumlah STEEM yang akan kita kirim, dan di kolom "Memo" kita isikan Memo Key yang sudah kita dapatkan pada saat pendaftaran akun Steemit.
    WhatsApp Image 2021-10-01 at 00.37.30.jpeg

Pertanyaan 5
Apakah kamu tahu cara Power up/down STEEM kamu?
Saya @pakferi juga akan coba jelaskan tentang cara Power Up dan Power Down di Steemit,
jika ada pemula yang baru bergabung seperti saya, mudah-mudahan penjelasan ini juga akan berguna untuk rekan semua, disini @pakferi akan coba uraikan sedetail mungkin untuk mudah di pahami.

LANGKAH UNTUK POWE UP STEEM

  1. Klik"wallet"
    WhatsApp Image 2021-10-01 at 00.34.32.jpeg

  2. Setelah "Wallet" terbuka, Silahkan tekan panah kecil tepat didepan jumlah STEEM dan pilih menu "Power Up
    WhatsApp Image 2021-10-01 at 01.48.06.jpeg

  3. Jika sudah memilih "Power up", Silahkan isi kolom "Amount" nya dengan jumlah STEEM yang ingin kalian Power
    up.
    WhatsApp Image 2021-10-01 at 01.51.05.jpeg

  4. Setelah tahap ke 3 kita lakukan, maka akan diminta untuk memasukkan kode Active key. Jika sudah memasukkan nya, silahkan klik next dan tahap Power up selesai.

LANGKAH UNTUK POWE DOWN STEEM

  1. Klik "wallet"
    WhatsApp Image 2021-10-01 at 00.34.32.jpeg

  2. Kemudian klik tanda panah kecil di depan jumlah STEEM POWER.
    WhatsApp Image 2021-10-01 at 01.54.32.jpeg

  3. Di kolom "Amount" kita bisa isi berapa jumlah STEEM yang ingin kita Power down.
    WhatsApp Image 2021-10-01 at 01.55.44.jpeg

  4. Jika sudah isi jumlahnya, klik "next" , selanjutnya kita kan diminta login kembali dengan cara memasukkan username dan juga kode Active key. Jika sudah langsung Sign In, dan langkah Power down STEEEM selesai.

Mungkin inilah beberapa ilmu yang sangat mendasar pada Steemit, smoga yang saya sampaikan akan bermanfaat, jika ada kekeliruan dalam penjelasan ini, saya sangat mengharapkan comentar dan saya akan memperbaikinya.

untuk referensi juga bisa rekan kunjungi:
@steemitblog
@radjasalman

dan lain-lain.

Cc.
@radjasalman
@anroja
@muzack1
@nadilchairi

Salam @pakferi

Sort:  
 3 years ago 

Hi this is @arrowgate from greeters team. I am happily announcing that you have successfully completed your this achievement.
Now I'll suggest you to complete your next achievement task given by @cryptokannon.
Curators Rate3

 3 years ago 

thanks for all this

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66560.03
ETH 3447.91
USDT 1.00
SBD 2.64