Achievement 6 Task by @klen.civil : Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

CURATION AND COMMUNITY


Screenshot_5.png


Setelah beberapa hari saya menyelasaikan Achievement 5, hari ini saya mencoba menyelesaikan Achievement 6 atau tugas terakhir sebagai pengetahuan dasar dari platform steemit. Dalam tugas terakhir ini saya akan membahas 2 poko pembahasan yang sanga berguna untuk pengguna platform ini.

Tugas dari Achievement 6 ini berbentuk pengetahuan kita tentang Kurasi dan Komonitas yang ada pada platform steemit. Dibahwah ini saya akan mengurai penjelasannya, antara lain sebagai berikut

1. Curation atau Kurasi

Curation atau kurasi adalah suatu dinilai yang dihasilkan pada sebuah blog yang diberikan oleh kurator sebagai alat pembayaran. Sedangkan kurator adalah pemberi atau penilai dari sebuah konten.

Dalam platform steemit setiap kurasi akan berbeda kita dapatkan di setiap postingan, hal ini karena tergantung pada steem power dan persen yang diberikan oleh kurator, sebagai contoh :

  • @cryptokannon memberikan suara kepada postingan yang dianggap berkualitas dengan angka 100% dan steem powernya mencapai 22,270.53 SP maka nilai yang akan keluar pada postingan tersebut adalah $ 0,45 dan perbandingan jumlah persen yang didapatkan sangat berbeda-beda mulai dai 1 % sampai 100%, nah untuk lebih jelas anda dapat melihat seperti dibawah ini yang saya

Screenshot_1.png


2. Community atau Komunitas

Komunitas adalah suatu wadah berkumpulnya sebuah kelompok dengan penyatuan persepsi yang sama antara satu orang denga orang lain. Dalam kamus besar bahasa Indonesia juga disebutkan tentang pengertian dari komunitas adalah :

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, kegemaran dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". - wikipedia


Screenshot_2.png


Nah, pada platform steemit ini saya telah bergabung dengan beberapa macam komunitas yang saya anggap sesuai dengan tujuan saya disini. Seperti gambar diatas telah menunjukan jenis komunitas yang saya pilih pada platform ini.

Demikianlah postingan saya pada Achievement 6 tentang pengetahuan Curation dan Community yang saya ketahui, kritik dan saran sangat saya harapkan demi kesempurnaan postingan ini terlebih-lebih saya mengharapkan masukan dari @cryptokannon, @radjasalman, @anroja, @el-nailul, @ernaerningsih selaku user yang sangat memahamin tentang tugas ini.

Dan tak lupa pula saya mengucapkan terima kasih kepada para senior lain yang telah sudi kiranya membimbing saya dalam menyelesaikan Achievement 6 ini seperti @heriadi, @irawandedy, @harferri, @miftahuddin, @nadilchairi serta lainnya yang tak bisa saya sebutkan disini.


BEST REGARDS
@klen.civil
FROM ZERO TO HERO

Sort:  

@klen.civil congrats on completing this achievement task. Could you please compile all your achievement tasks into one post such as this one

https://steemit.com/hive-172186/@heriadi/tinjauan-achievement-1-sampai-6

see you soon!

 3 years ago (edited)

Terimakasih telah menyelesaikan seluruh tugas Achievement kamu, selanjutnya silahkan membuat rangkuman seluruh tugas Achievement dalam satu postingan.

@radjasalman

 3 years ago 

terima kasih @radjasalman dan @steemcurator03

Sip 👍

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 58010.39
ETH 2457.12
USDT 1.00
SBD 2.34