Achievement 6 By @intansariritonga Task: Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

6.png

Hallo sobat steemians, ini adalah tugas terakhir dari 6 tugas yang harus diselesaikan ketika bergabung di Newcomers' Community. Tentu ada rasa senang bagi saya karena dapat menyelesaikan dan belajar banyak hal yang belum saya ketahui tentang steemit pada 5 tugas sebelumnya. Untuk postingan kali ini saya membahas Achievement 6 terkait sejauh mana pemahaman saya Memahami Tentang Kurasi dan Komunitas Bagi Pendatang Baru. Adapun yang dibahas pada postingan ini adalah sebagai berikut:


1. Kerja Voting dan Kurasi di Steemit

Voting adalah suara yang memiliki nilai bervariasi digunakan untuk memilih konten atau postingan yang dianggap berkualitas dan menarik. Cara memberikan voting pada konten lain di steemit sama seperti memberi tanda suka pada media sosial lainnya. Bedanya jika di sosial media lain tanda suka adalah apresiasi atas konten tersebut dan jika mendapatkan banyak tanda suka akan mengundang pengiklan, namun hasil vote di steemit berbeda, voting yang di dapat dikurasikan menjadi bentuk crypto yang merupakan mata uang digital.

Voting mana adalah kekuatan pemberian suara seperti "bilah energi" yang akan turun sedikit setiap kali Anda memilih. Anda memulai dengan 100% voting mana. Setiap kali Anda memilih, Anda akan menggunakan sejumlah kecil mana pemungutan suara Anda.
Heriadi, dalam panduan Achievement 6

Dari kutipan di atas Saya memahami Voting akan semakin bernilai jika jumlah sistem power (SP) pada akun semakin bertambah jumlahnya, karena semakin tinggi jumlah SP maka akan semakin besar pula kekuatan akun dalam memberikan dukungan pada postingan lain. Namun kekuatan vote juga dapat berkurang sesuai dengan berapa banyak voting yang diberikan pada setiap unggahan, seperti yang di jelasakan Heriadi, dalam panduan Achievement 6

Setiap 100% pemberian suara, Anda akan menggunakan 2% Voting Mana dari kekuatan voting yang tersisa. Kekuatan voting (pemungutan suara Mana) Anda akan diisi ulang sebesar 20% setiap harinya. Anda dapat memberikan suara (voting) lebih dari 10 kali per hari, akan tetapi setiap suara akan bernilai lebih rendah, dan akan membutuhkan waktu lebih lama mengisi voting mana penuh 100%.

Kurasi merupakan hasil yang kita terima dari voting yang diberikan ke setiap postingan akun lain dan dihitung setelah 7 hari masa postingan tersebut. Sesuai dengan Advanced settings yang di atur sebelum mengunggah postingan, yaitu 50% reward untuk penulis dan 50% lagi untuk kurator.

Teman saya pernah menjelaskan tentang ini, di steemit hasil yang dapat kita peroleh adalah 50% dari hasil vote yang di terima, 50% itu dibagi lagi setengahnya menjadi SBD, dan setengahnya lagi masuk menjadi angka tambahan di Sistem Power (SP).

62.png
Pengaturan Penghargaan bagi Penulis dan Kurator


2. Apa yang terjadi jika Anda memilih posting sebelum 5 menit setelah posting?

Seperti yang di jelaskan pada paragraf sebelumnya, kurator menerima 50% hasil dari jumlah bobot voting yang diberikan pada postingan akun lain. Jika 50% reward untuk penulis dibagi menjadi sbd dan sistem power, maka 50% hasil yang diterima kurator juga mempunyai perhitungan kurasi total dari seluruhnya (50%) berdasarkan waktu pemberian suara seperti berikut:

  • Jika kurator memberikan voting pada 1 menit pertama postingan maka 50% dari hasil reward postingan itu kurator hanya menerima 20% dari total keseluruhan, dan sisanya tetap menjadi hadiah penulis.
  • Jika kurator memberikan voting pada 2 menit pertama postingan maka 50% dari hasil reward postingan itu kurator hanya menerima 40% dari total keseluruhan, dan sisanya tetap menjadi hadiah penulis.
  • Jika kurator memberikan voting pada 3 menit pertama postingan maka 50% dari hasil reward postingan itu kurator hanya menerima 60% dari total keseluruhan, dan sisanya tetap menjadi hadiah penulis.
  • Jika kurator memberikan voting pada 4 menit pertama postingan maka 50% dari hasil reward postingan itu kurator hanya menerima 80% dari total keseluruhan, dan sisanya tetap menjadi hadiah penulis.
  • Jika kurator memberikan voting pada 5 menit setelah konten di posting dan seterusnya maka 50% dari hasil reward postingan itu kurator menerima secara total keseluruhan (100% dari keseluruhan pembagian 50% reward postingan untuk kutaror).
  • Namun jika kurator memberikan voting dibawah waktu 1 menit konten di posting, makan kurator tidak akan mendapatkan hadiah.

3. Siapa yang akan Anda pilih untuk Steem Witness? dan mengapa?

Untuk saksi atau Witness saya memilih 5 Witness dengan peringkat tertinggi ditunjuk steemit dalam 20 peringkat teratas di Steemit, saya memilih kelimanya tentu sebagai Witness terbaik pilihan penggunan akun lain di steemit, selain itu mereka juga merupakan ahli atau pengemang aplikasi pendukung di steemit, karena itulah saya memilih mereka juga sebagai bentuk apresiasi. Kelima Witness tersebut adalah:


4. Komunitas mana yang akan Anda ikuti di Steemit, dan mengapa?

61.png
Komunitas yang saya ikuti

Ada 18 Komunitas yang menurut saya menarik untuk di ikuti di steemit, namun sampai saat ini saya belum bisa aktif mengikuti semua komunitas tersebut, hanya aktif dibeberapa komunitas diantaranya:

  • Komunitas SteemitCryptoAcademy, saya mengikuti komunitas ini untuk mengetahui apa itu Crypto dan bagaimana perkembangannya di steemit.
  • Komunitas Steem SEA, di komunitas ini banyak sekali teman-teman dan para senior saya. Menurut saya komunitas ini menarik karena menjadi wadah untuk bercerita tentang aktivitas keseharian, yang nantinya di masa depan menarik dibaca ulang sebagai catatan sejarah kehidupan. Untuk teman-teman yang tidak punya orang pilihan untuk tempat cerita, saya sarani untuk bergabung dikomunitas ini.
  • Komunitas StockPhotos, ini adalah komunitas berbagi berbagai jenis photo yang menurut kita menarik, komunitas ini saya dapat melihat photo unik yang dibagikan pengguna akun steemit lain dari berbagai negara.
  • Komunitas WhereIN, komunitas ini dapat diakses melalui aplikasi di playstore android, para pengikut komunitas ini membagikan berbagai kegiatan dengan mencantumkan lokasi yang bergaitan dengan postingan.
  • Komunitas Newcomers' Community, Komunitas ini adalah tempat bagi pengguna akun baru atau pengguna akun lama seperti saya yang belum memahami hal dasar atau pengetahuan lain di steemit.
  • Komunitas Build the Earth, saya menyarankan teman-teman yang memiliki fantasi besar tentang membangun bumi melalui game Minecraft untuk bergabung dikomunitas ini. Awalnya saya penasaran tentang komunitas ini, dan ternyata menarik, disini setiap minggunya @cmp2020 mengadakan kontes Build the Earth di Dunia minecraft dari berbagai negara, hadiahnya lumayan untuk membangun sistem power kita. Saya sangat menyarankan teman-teman bergabung di kumintas ini.

Saya juga suka dan sering sekali mengunjungi komunitas Writing & Reviews dan Motivation Story, dan berencana kedepannya untuk aktif menulis dikomunitas tersebut. Menurut saya di komunitas tersebut banyak sekali ilmu baru dan hal-hal baik untuk menambah pemahaman diri tentang cerita kehidupan sehari-hari. Tautan ini adalah Untuk komunitas lainnya saya ikuti

Dengan postingan Achievement 6 ini, selesai sudah tugas saya di tahap Achievement 1-6. Terimakasih saya ucapkan kepada @steemcurator03 @booming03 @radjasalman @heriadi @anroja @nadilchairi @irawandedy @jawad101 @irawandedy

.
.
.
.

Best Regadrs
@intansariritonga

Sort:  
 3 years ago (edited)

You have been verified for this task and you may proceed by compiling all your Achievement tasks, that is from Achievement 1 to Achievement tasks 6 and prepare your post from them.
Note:

Curators Rate: 3

Please continue to read and prepare from @cryptokannon Achievement tasks resources

 3 years ago 

Thank you, I will finish the resume soon 🙏🏻

 3 years ago 

Mantap, besok tinggal buat rangkuman achievement 1-6

 3 years ago 

Okee, besok aku kirimin linknya ke kke yaa 👌🏻

 3 years ago 

Oghey

 3 years ago 

Hi, @intansariritonga,

Your post has been supported by @boss75 from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 58239.61
ETH 2287.71
USDT 1.00
SBD 2.50