Achievement 3 by @intan1701 Tugas : Kode etik konten

in Newcomers' Community3 years ago

1.jpg
Sumber Foto

Hallo Sahabat Steemit pada kesempatan kali ini saya akan meneruskan tuga selanjutnya atau Achievement 3 mengenail Plagiat.

2.jpg
Sumber Foto

Setelah saya baca di beberapa artikel saya dapat menyimpulkan bahwa sanya plagiat itu ialah suatu tindakan menyalin karya orang lain tanpa izin dan menjadikan karya tersebut sebagai milik sendiri tanpa dengan persetujuan pemilik karya tersebut.

Maka dalam hal ini Steemit sangat tidak memandang rendah mengenai perihal Plagiat, indahnya karya seseorang itu ditentukan dengan hasil jerih payah dalam membuat , memikir, dan menghargai karya orang lain.

Ada beberapa Ruang Lingkup Plagiat yang saya kutip dari Artikel para ahli :

  1. Mengutip kata-kata atau kalimat orang lain tanpa menggunakan tanda kutip dan tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  2. Menggunakan gagasan, pandangan atau teori orang lain tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  3. Menggunakan fakta (data, informasi) milik orang lain tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  4. Mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri.
  5. Melakukan parafrase (mengubah kalimat orang lain ke dalam susunan kalimat sendiri tanpa mengubah idenya) tanpa menyebutkan identitas sumbernya.
  6. Menyerahkan suatu karya ilmiah yang dihasilkan dan /atau telah dipublikasikan oleh pihak lain seolah-olah sebagai karya sendiri.
    Sumber Artikel

Steemit khusunya mentoleransi bagi orang yang mengambil artiker dari beberapa pihak dengan cara sebagai berikut, Contohnya di artikel saya ini saya mengambil pengertian plagiat memalu google web site Wikipedia dalam tindakan tersebut kita harus mencantumkan sumber aritek yang telah kita ambil contohnya:

3.jpg
Sumber Foto

Setelah melihat foto di atas teksnya kita copy dan hasilnya menjadi seperti ini:

Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.[1][2] Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator. Singkat kata, plagiat adalah pencurian karangan milik orang lain.[3] Dapat juga diartikan sebagai pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain yang kemudian dijadikan seolah-olah miliknya sendiri.[4] Setiap karangan yang asli dianggap sebagai hak milik si pengarang dan tidak boleh dicetak ulang tanpa izin yang mempunyai hak atau penerbit karangan tersebut.[3] Sesudah 2 × 24 jam berita surat kabar tersiar, maka seseorang dapat mengambil alih dengan syarat harus menyebutkan sumbernya.[3] Plagiarisme juga tidak mengacu ke pada hasil karya tulisan saja melainkan juga hasil karya musik, desain, dll.

Sumber Artikel

Dengan beberapa paparan yang telah saya jelaskan diatas maka saya ambil kesimpulang bahwa pentingnya menjaga dan mengahargai karya orang lain karena tanpa tidak sengaja kita telah memuji dan mendukung karya orang tersebut, dalam hal ini halangilah diri anda dengan tidak membuat tidakan plagiat karena pihak Steemit khusus sangat sensitif akan tindakan tersebut.

Mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan dalam Achievcement 3 mengenai Plagiat, jika ada salah dari tulisan saya tolong diberitahu karana saya juga manusia, tidak luput dari yang namanya kesalahan.

Terimakasih Saya Ucapkan Kepada Senior Seperti Abang @steemcurator03 @heriadi @irawandedy @nadilchairi @radjasalman @reddileep dan yang lainnya.

Salam Sukses,
@intan1701

Daftar Achievement Saya ;
Achievement 1
Achievement 2

Sort:  
 3 years ago 

lanjutkan ke achievement berikutnya

R: 3

 3 years ago 

Hi, @intan1701,

Your post has been supported by @sm-shagor from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.034
BTC 64333.84
ETH 2760.35
USDT 1.00
SBD 2.65