Achievement 3 oleh @dhiyanmz Tugas: Kode Etik Konten

in Newcomers' Community3 years ago

Screenshot (5).png
Sumber

Bismillah.
Hello, Steemians. Jumpa lagi dengan @dhiyanmz dalam rangkaian Achievement yang harus ditaklukkan oleh pendatang baru. Wooo, semangat, semangat!

Sobat, sebelumnya dalam sesi perkenalan diri, saya pernah menyebutkan bahwa saya telah menulis beberapa buku bergenre fiksi (sombong amat pakai dibahas ulang, hahaha). Nah, sebagai seorang penulis (meskipun masih penulis pemula yang merangkak, tertatih, jatuh-bangun, dan berjuang berjalan lagi meskipun terseok-seok), saya sudah pasti berada dalam golongan orang yang mengutuk tindakan plagiarisme dalam bentuk apapun. Ya, dalam bentuk apapun meskipun itu secuil upil saya yang terkecil.

Sebab, saya tahu betapa sulitnya meracik gagasan/ide hingga bisa dituangkan dalam bentuk karya yang bisa dinikmati banyak orang secara resmi (kalau berbentuk buku kan ada label ISBN tuh). Gak mudah, Zheyeng. Lantas, ada orang seenak jidat mereka dengan mudah copy paste atau mengutip tulisan seseorang tanpa mencantumkan sumber? Ulalaaaaa... Gak ada bedanya dengan maling, Cuy! Simpulkan sendiri deh bagaimana mahasiswa yang tugas akhirnya adalah hasil plagiarisme? Jangan sampai bergelar ‘S.M’ alias Sarjana (tapi) Maling.

Gambar Plagiat 1.jpg
Sumber

Murka gak jika tulisan kita diduplikasi tanpa izin? Tentu saya akan murka. Terbayang kan bagaimana bentuk murka perempuan meskipun saya belum berjulukan emak-emak? Lebih gede tuh murka bila karya diplagiat daripada kemurkaan saya ketika ditinggal pas lagi sayang-sayangnya (karena belum ngerasain aja sih— et dah jangan sampailah).

Nah, ternyata dalam STEEMIT, plagiarisme juga menjadi tindakan yang sangat dilarang karena sudah pasti itu melanggar KODE ETIK dan pelakunya bisa dijerat hukuman pidana loh! Sumber. Bahasa frontalnya kita sebut sajalah diharamkan (biar yang berniat plagiat merasa sedang dilumuri dosa, haha ngeri euy).

Ngomong-ngomong, dari tadi nyebut satu kata itu, memangnya plagiarisme apaan sih? Nah, buka mata lebar-lebar agar kita tidak terjebak yuk!

“Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.” Sumber

Sedikit cerita, awal-awal saya mendapat keterangan seputar STEEMIT dari @naufal bahwa semua orang dengan latar apapun bisa membuat konten di platform ini, lalu berpeluang mendapat cuan, saya memang agak mempertanyakan orisinalitas isinya karena peluang plagiat pasti tinggi, ujung-ujungnya semakin banyak Plagiator. Terlebih pas tahu ini salah satu platform dengan sistem blockchain. Eh rupanya, STEEMIT keren banget. Ternyata sudah antisipasi dengan kode etik ini. Mantap. Jadi, konsep Proof of Brain yang ditawarkan pihak STEEMIT kepada penggunanya tetap bisa dipantau.

Sebagai penutup, saya cantumkan contoh membuat tulisan dengan mencantumkan sumber yang saya lakukan pada tulisan dalam Achievement 3 ini. Jadi, paling penting gunakan saja tanda > dan jangan lupa gunakan tanda petik dua (“) pada awal dan akhir kalimat yang kita kutip. Nah, cara menuliskan sumbernya lihat dan fokus pada warna biru.

Screenshot (3).png

Baiklah, Steemian. Semoga dalam hal apapun, kita benci tindakan plagiarisme ini. Mari hidupkan nilai kejujuran!

Sampai jumpa dalam tulisan saya berikutnya. InsyaAllah.

Saya telah membaca dan memahami Etiket Steemit di Komunitas Steemit dan akan melakukan yang terbaik untuk menggunakannya.

Bisa baca juga:
Achievement 1
Achievement 2

Sort:  

Dear @dhiyanmz

Selamat... Anda telah diverifikasi untuk tugas Achievement 3 ini dan Anda dapat melanjutkan ke tugas berikutnya pada Achievement 4 tentang Applying Markdown.

Sebelumnya Silakan membaca panduan tugas tersebut dengan mengunjungi tautan berikut Panduan Penulisan Achievement 4 : Applying Markdown

Gunakan tag khusus agar postingan anda tidak terlewati 👉 baca disini Attention : Penggunaan Tagar (tag) Khusus Untuk Newcomers Indonesia

Catatan kurator: Nilai 2

Best Regard,
@nadilchairi

 3 years ago 

Widiiihhh,, selamat kak dhy. Udah diverifikasi dong.
Semangat lanjut tugas kak,
Anggi mau nyusul akak dulu

 3 years ago 

Hi, @dhiyanmz,

Your post has been supported by @rypo01 from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64319.13
ETH 3411.87
USDT 1.00
SBD 2.51