Achievement 2 by @dhiyanmz Task: Basic Security on SteemsteemCreated with Sketch.

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

IMG20210526181248.jpg
Bukan kunci-kunci ini yang akan kita bahas, bukan juga kunci hatiku maupun kunci hatimu.

Hai, Steemians. Tulisan saya kali ini akan membahas KUNCI. Bukan kunci lemari, kunci rumah, kunci mobil, apalagi kunci untuk membuka pintu hati si dia yang gak peka-peka. Lebih dari itu, kunci yang saya maksud ini adalah kunci yang mempertaruhkan antara bertahan atau lenyapnya akun Steemit di tanganmu, hehehe.

Sudah tahukah Sahabat, hal dasar apa yang wajib kita pahami saat awal bergabung di Steemit? Ulalaaaa… Benar sekali; beragam jenis kunci akun.

Sejak awal bergabung mengenal Steemit, terkait jenis kunci akun amat sering singgah di telinga saya. Apalagi mentor saya @naufal nyinyir sekali bilang: “SALIN PASSWORD. AMANKAN PASSWORD. SIMPAN SEMUA JENIS KUNCI YANG SUDAH DIDAPAT.” Bayangkan saja bagaimana wajah bawelnya. Namun, bawel begitu dia sangat berjasa dalam proses saya bergabung di Steemit. Prok prok prok, tepuk tangan dulu.

Lantas, wajar dong saya pribadi penasaran, seberapa banyak dan seberapa penting sih jenis kunci yang digunakan platform ini sebagai bentuk pengaman dasarnya? Yuk kita bahas sama-sama karena saya pun ingin menguji pemahaman saya terhadap kunci-kunci yang wajib disimpan dengan hati-hati.

1. Apakah Kamu sudah mendapatkan semua kunci kamu di Steemit?
Sudah dong! Saya sudah dapatkan masing-masing kunci penting di Steemit. Dalam proses mendapatkannya langsung saya simpan dengan sangat baik, hati-hati, bahkan di beberapa tempat penyimpanan sebagai bentuk kewaspadaan apabila suatu hari kehilangan password. Barangkali ini bisa jadi pertimbangan jodoh saya kelak. Aneka kunci di Steemit saja saya jaga, apalagi kunci hatinya, kan? Ehem.

2. Apakah Kamu mengetahui masing-masing fungsi dan batasan utama ini?
Setidaknya ada 5 jenis kunci yang harus kita pahami dalam Steemit. Semua jenis kunci ini panjang dan rumit sehingga sangat penting disimpan karena menurut saya mustahil dihafal.
a. Posting Key yaitu kunci atau sandi yang digunakan ketika kita login di akun Steemit. Ini ibarat pintu gerbang untuk aktivitas semisal posting tulisan, berkomentar, memberi vote pada postingan orang lain, membagikan postingan orang lain, serta follow/unfollow akun lain.
b. Active Key yaitu kunci yang berperan penting apabila kita akan mentransfer dana, melakukan power up/down, mengonsversi Steem Dollars, termasuk untuk memperbarui detail profil dan gambar, serta aktivitas market.
c. Owner Key yaitu kunci yang cukup rawan karena kunci inilah yang digunakan untuk mengubah kunci lainnya.
d. Memo Key yaitu kunci yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendeskripsi memo saat melakukan transfer steem, steem dollar, atau steem power dengan menggunakan tanda pagar (#).
e. Master Key yaitu kunci paling penting sebab inilah kunci untuk mendapatkan kunci-kunci lain saat awal mula kita login serta untuk memulihkan akun. Mungkin Sahabat juga masih ingat, kunci inilah yang kita dapat saat pertama kali mendaftar atau membuat akun di Steemit. Kira-kira bisa membayangkan bukan apa dampak ketika orang lain mengetahui jenis kunci yang ini? Ya, besar kemungkinan akun kita diretas dan susah untuk memulihkannya karena dengan mengetahui Master Key berarti peretas juga bisa mengetahui semua kunci penting akun kita. Apabila tidak ingin semua itu terjadi, maka ayo jaga sebaik mungkin tingkat keamanan akun kita dengan cara menyimpan semua jenis kunci tersebut dengan aman.

3. Bagaimana Kamu berencana menyimpan kata sandi Master Key Kamu?
Saya menyimpan kata sandi Master Key di email dan catatan gawai bahkan juga saya simpan di dokumen khusus di laptop yang bisa saya gunakan ketika lupa password saat login di laptop. Walaupun sejauh ini saya belum pernah kehilangan kata sandi atau lupa password, tetapi bagi saya menyimpan kata sandi di beberapa tempat dengan aman adalah salah satu pencegahan agar suatu saat akun ini tidak hilang, apalagi ketika usia akun sudah lama dan cukup berkembang. Bak kata orang-orang, mencegah lebih baik daripada mengobati.

4. Apakah Kamu tahu cara mentransfer STEEM Kamu ke akun pengguna Steemit lain?
Tahu dong! Saya mempelajarinya secara otodidak dan kemudian memastikan pada yang lebih paham. Bagaimana caranya? Pertama, masuklah ke laman wallet atau dompet lalu login dengan Active Key, lanjut klik tanda panah di bagian kanan, dan pilih transfer, kemudian isi akun penerima dan jumlah Steem yang ingin ditransfer. Bahkan, jika perlu masukkanlah memo dan klik menu next (lanjut). Terakhir, konfirmasi transfer dengan menekan menu ok. Dengan demikian, Steem sudah berhasil ditransfer. Perlu diketahui juga, jumlah Steem dapat ditukar menjadi SBD loh.

Screenshot Wallet.png
Klik bagian transfer ya!

Screenshot Transfer Wallet.png
Kira-kira begini tampilan kolom yang harus kita isi untuk proses transfer.

5. Apakah Kamu tahu cara Power Up/Down STEEM Kamu?
Iya, saya mengetahuinya. Pertama, masuk ke laman wallet. Apabila sudah login langsung klik tanda panah di samping Steem dan pilih power up, lalu masukkan jumlah Steem yang ingin diaktifkan dan klik menu power up. Langkah terakhir, harap konfirmasi vesting dan klik oke, maka power up selesai. Cara demikian juga berlaku untuk Power Down yaitu klik tanda panah di Steem Power dan klik power down, ikuti langkahnya, maka selesai.

Screenshot Power Up.png
Ini bentuk layar wallet saat kita ingin melakukan power up.

Screenshot  Convert Steem Power.png
Convert to STEEM POWER

Screenshot Vesting.png
Tak ketinggalan mengisi kolom konfirmasi ya, Guys!

Bagaimana, Steemian? Insya Allah sudah sangat paham, kan?
Terima kasih sudah dibaca ya. Semoga kamu yang baca lancar bertemu dengan sosok yang bisa memiliki kunci hatimu. Cihuy!

Achievement 1: Link https://steemit.com/hive-172186/@dhiyanmz/achievement-i-my-introduction-dhiyanmz-membangun-cinta-dengan-steemit

Salam semangat dari saya,
@dhiyanmz

Sort:  
 3 years ago 
Selamat... Anda telah diverifikasi untuk tugas Achievement 2 dan dapat melanjutkan ke tugas Achievement 3 tentang Content Etiquette. (Kode Etik dan Konten)

Sebelumnya Silakan membaca panduan tugas tersebut dengan mengunjungi tautan berikut Content Etiquette

Catatan Kurator
: 2

Best Regard,

cropped_image.png

 3 years ago 

Walaupun belum saldonya, yang penting tau dulu caranyanya kan kak wkwkwk

Mantappp btw, perpeeeekk 👍

 3 years ago 

Hahaha iya. Makasi ya, Mentorku @naufal 🙏🙌

 3 years ago 

Uhuyyyy.. sit gesit irit.. besok udah achievement 3 aja lagi kan yaaa..

Terbaik.. 🤩

 3 years ago 

Semoga proses ini terus berlanjut. Kalau aku malas nulis, jangan segan 'ingatin' ya @goresanpenaanfal 🙏 Makasiii. Mentorku emang keren-keren!

 3 years ago 

tema kunci n gembok jugaaaaa,,,,wkwkwkw

 3 years ago 

Wkwkwk iya. Masih tugas dua nih, Bang @fajrihasan12

 3 years ago 

Suka kali dengan penyampaiannya dr kak @dhiyanmz, mudah dipahami.. hehehe

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 67780.64
ETH 3792.48
USDT 1.00
SBD 3.63