Achievement 5 Tugas 2 Oleh @cicisaja : Review Steemscan.com

in Newcomers' Community3 years ago


Salam sTEeMiANs


Akhirnya dapat juga waktu untuk melanjutkan kegiatan menyicil penyelesaian tugas-tugas yang penting untuk mengenal steemit lebih baik. Kali ini saya akan membahas tentang salah satu tools yang meskipun jarang saya pakai, namun terrnyata cukup asyik juga dijelajahi manfaatnya. Awalnya karena saya sudah lama melihat ada link langsung ke lamannya saat sedang bongkar-bongkar dompet alias wallet. Dari Dompet lah saya meluncur menuju kesana.


Kebetulan sedang buka dompet, jadi masuk saja langsung setelah klik di tab public keys


Maka kita akan langsung masuk ke laman https://steemscan.com dan melihat gambar seperti berikut ini. Informasi singkat tentang akun kita, dan bila ingin melihat akun lain juga bisa, tapi nanti ya ada penjelasannya di pertanyaan ke -5

Kalau gambar dibawah ini adalah informasi lengkap mengenai akun saya yang ditampilkan oleh steemscan.com, dan tampilan ini juga akan tampak bila kita memasukkan nama akun lain yang ingin kita lihat.


lebih detail dari gambar sebelumnya, kan? kita bahkan bisa melihat siapa witness yang kita pilih untuk menerima suara kita, kebetulan saya memasang proxy saja, biar gampang, hehehe. kok ada tahun 1969? hahaha itu juga masih menjadi misteri bagi saya, apakah proses steem mining sudah terjadi sejak tahun 1969? yang jelas saya belum pernah kehilangan akses terhadap akun saya sehingga tidak pernah menyembuhkan akun.

Gambar diatas merupakan aktifitas yang kita lakukan di steemit secara real time, dia berubah dalam hitungan tergantung aktifitas akun yang kita terima dan kita lakukan, mulai dari upvote, downvote, comment, post, transfer dana, power up, ubah setting dan sebagainya, nanti ada penjelasan lebih rinci pada pertanyaan ke-2. Berbeda sedikit dari steemworld, tools yang dibuat oleh @futureshock dan @roadtorich ini tetap memberikan opsi untuk melihat informasi lebih detailnya di https://steemworld.org

MarKiMul

cicisaja-pink.png

Pertanyaan 1: Tolong jelaskan harga dan volume Steem saat ini pada tanggal pengiriman ulasan ini?


Saya melakukan tugas ini pada Minggu, 13 Juni 2021. Semua gambar di tangkap layar pada pukul 14.00-16:00 WIB. Saat masuk ke laman steemscan.com yang paling atas memperlihatkan harga steem sebesar USD 0.38, sempat berubah ke 0.37 pada pukul 15.00 WIB lalu kembali pada angka 0.38 lagi dan sekarang pukul 19.00 WIB angkanya di 0.39. Klik saja diangka tersebut dan kita akan bisa melihat gambar berikut ini , lalu pilih saja mana yang mau ditampilkan.


ini list currency atau mata uang fiat yang tersedia, tak ada IDR sudah pasti, hahahaha (nggak ada steem di indodax), kalau kita klik pada masing-masing mata uang itu, akan tampak berapa harga terkini steem dalam mata uang tersebut. Saya mencoba menggunakan TRX dan inilah hasilnya

image.png
satu steem harganya 5.584 trx. Bila kita klik pada tanda grafik disampingnya itu akan memperlihatkan gambar seperti dibawah ini

Selain melihat harga steem terkini pada hari ini yang diupdate setiap 2 jam, kita bisa melihat fluktuasi harga steem dalam minggu ini, bulan ini, hingga setahun terakhir. Gambar disamping memperlihatkan fluktuasi harga steem dari tanggal 6 Juni sampai 13 Juni 2021. Cantik kurvanya dan ini berarti saatnya investasi!

Sedangkan gambar disebelah kanan ini adalah Volume atau jumlah steem yang tersedia di Steemit dan pasar (hasil mining para witness) yaitu 384,647,718 (384,6 juta), sedangkan SBD sebesar 7,937,226 (7,9 juta). Angka ini bisa berubah setiap saat tergantung transaksi yang berlangsung. Pada pukul 15.00 WIB tadi volume SBD yang beredar adalah $17,159.00


Pertanyaan 2: Jelaskan, Apa saja informasi yang ditampilkan di bagian transaksi terbaru dan blok terbaru?

Pada bagian Transaksi terbaru, kita bisa melihat siapa melakukan apa, kapan dan pada siapa, berapa kekuatannya serta di block mana transaksi itu terjadi. Apa saja yang bisa kita lihat bila kita tidak memilih opsi "All" atau semua? kita bisa melihat aktifitas seperti: transfer, komentar, komentar dihapus, pembaruan akun, pembaruan akun2, klaim akun, pembuatan akun, Custom JSON, Vote, Klaim Hadiah, Hadiah Kurasi, delegasi, memberi suara pada witness, power down, transfer ke tabungan,power up, membuat order, dan membatalkan order.


ini bila mau mantengin semua transaksi yang terjadi real time, kita bahkan bisa melihat ID Block dan ID transaksinya juga. Makan kuota data, jangan lama-lama kali lihat itu, hihihi

sedangkan ini adalah transaksi yang tampak ketika kita hendak melihat transaksi terbaru delegasi, dalam gambar di atas, steemit.inc mendelegasikan 14.999 SP kepada yang bisa diduga adalah akun baru


Sementara itu pada Block terkini, saya sama sekali tak mengerti apa yang terjadi disini. Dari informasi yang tersaji, tampaknya kita bisa melihat aktifitas para witness dalam melakukan mining. Jumlah transaksi yang terjadi dan ID Blocknya, waktu serta tingginya (tidak tahu nyari dimana informasi soal itu).


ini juga berubah setiap saat, tergantung berapa banyak block yang bekerja melakukan proses mining, oh iya, kita bisa melihat daftar yang berbeda dengan menekan pada setiap tabs, saya belum tahu apa manfaatnya.

cicisaja-right-grey.png

Pertanyaan 3: Jelaskan semua informasi yang ditampilkan di bawah bagian Saksi (witness) dan langkah-langkah untuk memilih witness?

image.png

Perhatikan gambar di atas ya, untuk mengetahui tentang witness, klik menu dan yang seperti itu akan muncul, lalu setelah menekan tab witnesses akan muncul gambar berikut;
image.png

Gambar ini berisi informasi umum tentang berapa banyak witnesses yang ada, berapa jumlah total Steem yang ditambang, tinggi block terakhir, jumlah transaksi yang terjadi dan steemchillerr adalah witness yang sedang menambang saat itu, bila kita melakukannya sekarang, mungkin nama saksi dan jumlah transaksinya berbeda. Berikut ini adalah gambar dari witness yang aktif dan rankingnya. Ada banyak hal lain terkait kegiatan para saksi ini yang bisa kita lihat, seperti Versi terkini dari blocknya, harga feed dan kapan terakhir nambang. dulu saya pernah baca tentang ini karena ada saksi yg dari indonesia di canada menjelaskannya, tapi lupa kamsudnya apa...hihihi. 2 tahun lalu juga ada yang bikin statistik postingan tentang siapa yang jadi tetangga di Block dimana akun saya berada dan memanfaatkan kesempatan itu untuk saling kenal, saling dukung dan beradu komentar sudah pasti. Sekarang, nyari block sendiri aja nggak minat, hahaha.

Hati-hati saat memilih saksi/witness ya. Kita punya jatah memberikan vote kepada 30 orang saksi, tidak ditentukan bahwa kita harus memilih dari urutan 1-30 saja. Silahkan tentukan sendiri, sebab masing-masing kita punya selera yang berbeda dan pastikan hanya memilih mereka yang aktif yang ditandai dengan tanda check berwarna hijau itu. Dalam memilih saksi, tidak diwajibkan harus berwudhu atau bisa ngaji, kok. Pilih lah mereka yang punya visi baik untuk steemit, dukungan kepada komunitas, aktif dan kalau mereka punya Dapps yang kamu suka, dukunglah agar mereka semakin serius mengembangkan Dappsnya.

image.png

Kalau belum pernah menentukan pilihan saksi/witness, bisa langsung tekan pada tulisan Vote itu dan siapkan active key


Mari kita coba sebagai contoh saja, Saya pilih @steemchiller, sehingga muncul seperti gambar di samping itu. Selanjutnya tekan "continue" dan muncullah gambar ini

isi saja active key kemudian klik "get started" yang akan menuntun kita pada gambar berikut
setelah menekan tombol approve, biasa akan muncul transanction ID yang bisa di check juga.


Tetapi karena saya sudah menetapkan steemchiller sebagai proxy saya, maka yang muncul adalah ini
. Kalau mau tahu mengapa saya memilih set proxy, itu cuma bisa gampang aja. lihat sendiri saksi-saksi yang sudah dipilih oleh steemchiller, saya tidak punya keberatan dengan nama-nama itu. Lagi pula, kita bisa menarik suara kita kapan saja.

image.png


Pertanyaan 4: Jelaskan Apa yang di maksud dengan DApps dan sebutkan 3 DApps yang telah Anda gunakan atau yang akan kamu gunakan di masa yang akan datang sesuai minat Anda?

Dapps atau Decentralized Applications adalah alat/tools atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mengakses steemit sesuai dengan peruntukannya yang bukan dikembangkan oleh steemit.inc, biasanya para saksi yang punya atau investor lainnya. Dulu ada banyak DApps keren dengan masing-masing penggemar dan penggunanya. Saat ini saya menggunakan Steemit Bacon kalau di handphone, tapi kalau dilaptop tetap steemit.com. sepertinya bagian ini masih "dalam pengembangan" karena banyak tulisan "coming soon"-nya. Setidaknya kita bisa melihat bahwa ada 436 Apps dalam list, namun sebagian besar tidak cukup aman karena alamatnya tidak terverifikasi atau sudah tidak tersedia untuk pengguna steemit lagi. Kalau mau menggunakan Apps, pilih saja yang sudah diverifikasi yg tampak gambar orang-nya di bagian paling kanan dari gambar berikut ini.

image.png
saat ini saya masih berharap ada Apps sekeren eSteemApp, tapi saya tidak mau terlalu terbawa masa lalu, karena saya yakin nanti pasti ada yang lebih baik. Saat ini saya menggunakan steemit bacon untuk mobile phone, lalu steemworld dan mungkin saya akan coba pakai teelkee. Bagi saya Dapps yang keren adalah yang mobile friendly.

Pertanyaan 5: Tolong jelaskan Bagaimana cara menggunakan "Quick Convert" dan berapa biaya yang dikenakan untuk jumlah penarikan Steem yang berbeda?

Saya tidak berencana menggunakan App ini untuk melakukan pertukaran steem dengan cryptocurrency lain setelah membaca beberapa pengalaman teman dan alasan utamanya adalah saya nggak punya wallet untuk menampung Crypto lain selain Steem dan TRX. Meskipun ini adalah alat pertukaran steem yang dibangun pada steem blockchain. Layanan ini juga yang digadang-gadang jadi andalannya steemscan.com. Tapi apa salahnya sekedar mencoba memahami cara kerjanya kan?

Tekan menu di sudut kiri atas laptopmu, akan muncul pilihan tabs dan ambillah "Quick Convert" dan mari kita lihat simulasinya. Bila kita membeli Trx sebesar 1 steem, maka begini nanti hasilnya.

1 steem = 5.468 TRX, dipotong biaya administrasi/fee sebesar 0.066, maka yang kita terima adalah 5.402 TRX, kalau ditukar dengan BTC dan USDT, hasilnya minus, hihihi. Makanya disarankan untuk saat melakukan pertukaran ini jumlah steem yang besar.

nah, coba lihat perbedaannya sekarang. Biaya Administrasi yang dikenakan berubah sesuai dengan angka transaksi yang kita lakukan. Sebelum memilih melakukan transaksi pastikan dulu kita punya cukup steem didompet. Kalau sudah pasti, isi saja alamat dompet penampung TRX, BTC atau USDTnya, lalu jangan lupa create order dan siapkan active key untuk konfirmasi ordernya.

Pertanyaan 5: Jelaskan informasi apa yang disediakan oleh fitur "Pencarian"?

ini adalah salah satu fitur yang disediakan steemscan.com yang masih belum saya pahami betul manfaatnya kecuali saya mengalami masalah dengan transaksi. Baiklah, saya akan mendemonstrasikan apa yang saya alami. Beberapa hari lalu saya melakukan transaksi delegasi kepada salah satu akun komunitas.

Web capture_11-6-2021_125455_steemlogin.com.jpeg
transaksi sukses dan sudah dapat ID-nya, tetapi ketika saya klik untuk melihat ulang di steemscan.com, ini lah yang saya perolehr

Web capture_11-6-2021_125430_steemscan.com.jpeg
Nggak bisa ditemui, tapi Steemworld mencatat bahwa ada 100SP yang keluar dari akun saya ke siz-official

Mungkin masalah jaringan dan saya jadi punya kesempatan menjajal steemscan lagi. Saya catat ID transaksi dan memasukkannya pada kolom yang sesuai seperti berikut ini;
image.png
tidak tahu apa yang salah, mungkin saya kurang banyak membaca dan paham soal tools ini


Sebab setelah berulang kali mencoba, beginilah hasilnya.
image.png
mungkin ada yang belum saya pahami dalam penggunaan tools ini. lebih mudah menggunakan tanda "find" di dashboard bila sekedar mencari informasi mengenai akun lain atau blocks saja

image.png
Saya pikir, bila ingin mencari info tentang transaksi sendiri lebih baik scrolling-scrolling sendiri di bagian aktifitas, tapi sulit sekali mencarinya karena saya terlalu aktif, sedangkan listnya cuma menampung 101 baris saja.

Kesimpulan:
Bila ingin menggunakan steemscan.com untuk menukar steem ke bentuk USDT,BTC dan TRX, ini mungkin paling aman karena bisa tercatat transaksinya dan bisa menghubungi pemilik toolsnya langsung. Jika jumlah steemnya kecil, paling pas ditukar dengan TRX. Bila ingin mencari tahu aktifitas para saksi dan akun-akun tertentu juga sangat mudah. Tetapi harus sabar, karena belum tentu dapat semua, kecuali memang mengerti Blockchain sepenuhnya. Semua Informasi yang disampaikan adalh hasil pengalaman sendiri dan hasil tangkap layar laman dari https://steemscan.com.

cicisaja-yellow.png

Terima kasih kepada @heriadi yang telah menyediakan Panduan ini sehingga memudahkan proses pengerjaan.

Berikut adalah Tugas-Tugas yang sudah saya selesaikan;

  1. Tugas 1 Perkenalan
  2. Tugas 2 Basic Security on Steemit
  3. Tugas 3 Kode Etik Konten
  4. Tugas 4 Applying Markdown Style
  5. Tugas 5-1 review Steemworld

Mudah-mudahan Greeter Indonesia niyh yang bertugas, biar bagus sikit nilai kita kan..hehehe
cak cokeh @irawandedy dan @heriadi sikit

Sort:  
 3 years ago (edited)
Selamat... Anda telah diverifikasi untuk tugas Achievement 5 Taks 2 ini dan Anda dapat melanjutkan ke tugas berikutnya pada Achievement 5 Task 3 tentang steemyy.com

Khusus untuk Newcomers Indonesia gunakan tagar kusus seperti pada link berikut ---> Penggunaan Tagar (tag) Khusus Untuk Newcomers Indonesia pada postingan berikutnya.

Sebelumnya Silakan membaca panduan tugas tersebut dengan mengunjungi tautan berikut Achievement 5 Task 3: steemyy.com

Best Regard,
@irawandedy

 3 years ago 

Terima Kasih Greeter Ganteng !!
R3 kan? hahahaha

 3 years ago 

Ga bs kasi nilai untuk senior

 3 years ago 

hahahaha,,,, sabar dulu yaa, ini lagi belajar steemyy dulu, nggak perrnah buka soalnya

 3 years ago 

Sama 2 teuh, i long pih ka mumang bak steemyy nyoe 🤣

 3 years ago 

Nak bèk mumang, baca yg di Yu Bak tugas mantong, cuma 7 Pertanyaan Kan? Löen penasaran mandum sebab tampak "interface" jih Hana menarik dan semak, meskipun sangat lengkap.

 3 years ago 

Hahaaa, meunan rupajih, di lon meu soal mantoeng yg lon kaloen ka mumang 🤣

 3 years ago 

Neu baca atra yg ka tom dipublish lee gob chit, Neu contoh yg meuteumeung Rate 3, tapi bék copas 👌baca utk paham mantông

 3 years ago 

Memang hana ubat cut kak dalam penjelasan nya, cukop mantap bak tabaca dan mudah untuk ta pahami

 3 years ago 

2 minggu ta belajar, rhap beuretus kepala teuh... Alhamdulillah selesai chit, nyou yang ke 3 dan 4 aleh kiban ta peugot

 3 years ago 

Payah beu butoy" Tapahami cut kak euk...
Baro tapeuget

 3 years ago 

nyan keuh nyan yg peugot buet nyan trep

 3 years ago 

Coba liat punya saya, mana tau dapat pencerahan sikit 🤣

 3 years ago 

Siap komandan ganteng🤣

 3 years ago 

Hey jangan liat potonya! 🤣🤣

 3 years ago 

Wkwkwk🤣

 3 years ago 

Pantes sepanjang ini hahahahaha. Aku bahas per point yang diminta aja singkat dan ringkas 🤣

 3 years ago 

kan aku bikin postingan sekaligus menghibur pembaca, itu bedanya kita. kee dengan binary number di kepala, to the point aja, aku dengan segala angin dan debu dalam kepala... musti bersenang-senang sendiri juga waktu nulisnya, hahahaha

 3 years ago 

Yap, exactly. Thats trueeeeeee. 😁

 3 years ago 

Seharusnya saya menyelesaikan tugas Achievement 5 task 2 setelah mendalami postingan ini😞, pasti akan lebih banyak lagi yang dapat saya jelaskan, mantap that2 kak @cicisaja😍

 3 years ago 

ini apalagi laaahh anak muda satu ini, sudah pro newcomer pun, masih ngiri sama orang tua yang baru belajar lagi. postinganku cuma menang gaya aja pun..hahahaha

 3 years ago 

Hahahha.... Bukan dari gaya saja, dari semua penjelasannya sangat ngeri sehingga wajar jika ngiri, tpi tentu bukan iri dalam artian tidak senang🤣🤣 namun iri yang menjadi motivasi agar saya bisa lebih dapat berkembang lagi 😄

 3 years ago (edited)

Dah lewat pun😂 ayo berburu kontes saja, biar kita bikin ramai steemit dgn postingan Kita dimana2 👌

 3 years ago 

Siap cut kak @cicisaja , mari berburu 🤣

AMPOOOON....

 3 years ago 

Ya Sudah...gak usah paksa kali, gak bikin achievement pun kee udah sering di coh👍👍 jadi nggak usah ikut2an yg suka tantangan cem aku.

Memang droe luar biasa...👍👍

 3 years ago 

Nyan karena droun biasa di luar @pieasant 🤭

🤔🤔🤔

 3 years ago 

Aku duluan yaaaaa hehehe

 3 years ago 

cieeeeee... yang udah tugas ke 9! kereeeennn euy, selamat beuh! sekarang kee dah hampir khatam, aku nanti aja lah, mau pigi sana sini ikut kontes ngumpulin power dulu, sebab kalau mengharap vote.. berat, soalnya postingan aku kan ngga boleh dipilih, hahahaha

 3 years ago 

Udah 10 post yaa, dah khatam. Lagi nunggu slempang Pro Newcomer Tua Verified ni, lama kali nempahnya 😆

 3 years ago 

greeternya beda broda, makanya agak lama sikit, nggak tahu mau bikin apa.. nggak mungkin kan pro newcomer gitu.. hahahaha

 3 years ago 

Hmm Compilation berarti orang2 cryptokannon dan team newcomer langsung yang turun, gitu kak?

 3 years ago (edited)

kalau nggak salah baca tempohari memang begitu, cak lihat dipostingannya irawandedy apa heriadi gitu.. kemarin kubaca

 3 years ago 

I seee, tengyu infonya cut kak

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 59536.13
ETH 2366.24
USDT 1.00
SBD 2.53