Achievement 5 Task 1 by @cicisaja, Review: steemworld.org

in Newcomers' Community3 years ago

Setelah mencari tersangka utama mengapa postingan saya yang sebelumnya sangat tidak nyaman dibaca oleh pengguna smartphone, saya menemukan bahwa hanya ada 2 pelakunya yaitu tabel dan code yang saya gunakan, meskipun saya tetap mencurigai dimensi image file png yang saya gunakan. karena itu, saya akan melakukan uji coba sekalian menjelaskan salah satu tools atau alat paling keren yang pernah saya gunakan selama ber-steemit. Semoga saja kali ini para penonton tidak akan kecewa.

MarKiMul!


Sebagai seorang steemian yang hanya senang menulis, berkomentar dan ikut serta dalam kontes yang berhubungan dengan lomba komentar atau bercerita tentang kelakuan di dapur, buah-buahan unik dari kampungmu atau pasar yang kau datangi Hari Jum'at. Saya selalu takjub melihat seorang penyelenggara Liga Komentar dimasa lalu @abh12345 menyediakan grafik dalam bentuk kurva atau pie berisi informasi tentang akun saya selama ber-steemit, meskipun saya tahu dia bisa mendapatkan informasi itu di steemworld yang dibuat dengan cinta oleh @steemchiller.

Saya masih ingat 2 tahun lalu, Witness nomor 1 di Steemit itu pernah membuat sebuah postingan proposal untuk mengembangkan tools yang siapa tahu? ternyata hari ini menjadi salah satu tools favorite saya untuk memantau perkembangan Aneuk Seurideng setiap hari (but, why my profile pic still the old one @steemchiller? aahh.. you must be busy)

Pertanyaan 1. Tolong jelaskan bagaimana cara memeriksa Ringkasan Hadiah (reward) untuk Sepanjang waktu, 30 hari terakhir dan 7 hari terakhir untuk akun kamu?


Setelah Sign in atau masuk ke akunmu dengan kunci posting, pilihlah dashboard yang terletak di bagian kiri atas, yang pertama terlihat adalah roda informasi tentang voting powermu. Karena yang ingin kita cek adalah perkara ringkasan hadiah, gulung layar ke atas hingga engkau bertemu kotak seperti berikut ini.


Kotak di atas berisi informasi berapa rewards yang sudah diterima sepanjang umur akun, 30 hari terakhir dan 7 hari terakhir, tidak ada opsi untuk melihat daftar rewards selama 30 hari terakhir. Nilai USD yang tertera itu hanyalah perkiraan apabila harga steem adalah $1. Berbeda dengan yang tampak pada wallet karena sifatnya lebih real sesuai dengan fluktuasi harga steem di pasar (real time)

Kita juga bisa memeriksa rewards yang kita terima selama 7 hari terakhir dengan menekan "Recent Rewards" sehingga tampaklah seperti yang tertera dalam tangkapan layar berikut.


Yang tampak pada kotak di atas adalah total akumulasi harian selama 7 hari terakhir yang kita dapatkan dari aktifitas upvote masuk, upvote keluar dan posting yang kita lakukan. Kalau cukup rajin menelisik aktifitas di dompet, coba saja hitung sendiri setiap kali claim rewards di akunmu. Saya lebih suka merhatiin ini saja, lhaa lebih mudah dan ngga bikin sakit mata (mangnya kurang kerjaan).

Pertanyaan 2-a: Tolong jelaskan Apa yang di maksud dengan Delegasi, jenis Delegasi dan bagaimana cara Mendelegasikan SP?

Delegasi adalah sebuah tindakan meminjamkan Steem Power (SP) atau Mvest kepada akun lain dalam waktu tertentu. Akun yang mendelegasikan disebut Delegator sedangkan yang menerima disebut Delegatee. Tindakan delegasi biasanya dilakukan untuk membantu atau mendukung delegatee menambah SP-nya, baik itu digunakan untuk memudahkan dalam beraktifitas di steemit seperti posting, comment, upvote, atau downvote atau untuk mewakili delegator melakukan Upvote pada akun lain. Tindakan ini bisa memberi keuntungan bagi kedua belah pihak, namun bisa saja merugikan apabila Delegatee tidak melakukan tindakannya dengan proporsional.

Bagaimana cara mendelegasikan SP di steemworld? klik pada tab delegations, pilih delegation sehingga akan muncul kotak seperti ini;


lalu masukkan nama akun yang anda tuju, jumlah sp yang akan anda delegasikan, klik ok. sehingga akan muncul kotak seperti ini:


Setelah menekan yes, berikutnya anda akan diminta untuk mengisi active key sebagai bentuk konfirmasi bahwa anda sedang melakukan tindakan itu dengan sadar. Kalau nggak sadar, kenapa active key bisa ada di tangan orang lain kan? klik ok dan akan muncul nama delegatee itu pada tab outgoing seperti berikut ini;


Note: Bila anda melakukan delegasi, pastikan anda memiliki cukup Vest atau SP untuk kegiatan anda sebagai steemian aktif, bila tidak itu terserah anda. Pada praktiknya, banyak steemians yang lebih suka mendelegasikan SP-nya kepada akun lain, sehingga nilai vestnya menjadi kecil. Perlu diingat, apabila anda mencabut delegasi, SP itu baru akan kembali terhitung sebagai SP anda setelah 5 hari

Pertanyaan 2-b: Bagaimana cara memeriksa Suara(vote) Masuk dan Keluar, jelaskan hal ini dengan tangkapan layar dari kedua suara untuk akun kamu?

Ada 2 sub tabs pada stat akun yang berisi informasi tentang suara (vote) yang masuk dan keluar, yaitu Vote Count berisi akumulasi Upvote yang kita lakukan dan akumulasi Upvote yang kita terima (termasuk downvote). Sedangkan Voting CSI berisi informasi mengenai Upvote yang kita lakukan selama 7 hari terakhir.


Bila kita menekan pada tab "inc.votes" pada vote count, akan keluar gambar seperti berikut:

kotak ini menunjukan 250 upvotes yang saya terima dalam 7 hari terakhir berdasarkan besaran voting power yang digunakan dan banyaknya.


kotak ini menunjukkan daftar downvote yang saya terima dalam 7 hari terakhir berdasarkan besaran power yang digunakan. Makin besar Reputasi dan SP-nya, makin merugikan itu bagi reputasi dan nilai payout kita. Saya tidak begitu peduli dengan hal ini karena setiap orang memiliki hak untuk menggunakan suaranya sesuai keinginannya, karena saya juga punya tapi tak perrnah saya gunakan. Kalau mau menggunakannya, lebih baik mendelegasikan SP kepada akun khusus yang melakukan downvote bagi akun-akun yang memang dicurigai sebagai akun farming, plagiat dan merusak ekosistem.



Apabila kita menekan "out votes" pada tab Voting CSI, maka gambar berikutlah yang keluar:

ini adalah jumlah upvotes yang saya lakukan manual selama 7 hari terakhir berdasarkan besaran voting power yang saya gunakan dan banyaknya. Secara umum, saya menggunakan 50-100% sesuai dengan kualitas postingan dan VP yang tersedia. Saya hanya punya sekitar 960 SP saat ini dengan nilai 100% vote adalah 0.02-0.03 sesuai fluktuasi harga steem di pasar. Bila saya menggunakan 50% maka hanya menjadi dust/debu vote senilai 0.01 yang apabila tidak ada akun lain yang membantu mengengkol postingan itu mencapai angka minimal 0.02, maka rugilah bandar!


Pertanyaan 3: Bagaimana cara memeriksa aktivitas akun selama 7 hari terakhir dan apa saja detail yang dapat diperiksa?


Kita bisa melihat aktifitas yang terjadi dalam akun selama 7 hari terakhir melalui tab "account operations" tersedia pilihan mulai dari 7 hari sebelumnya sampai hari ini. Kita bisa melihat upvotes dan downvotes yang masuk, Upvotes keluar, Komentar masuk dan keluar (siapa yang melakukannya dan kapan, bahkan kita bisa melongok identitas mereka seperti berapa Reputasi, Voting CSI, SP total termasuk yang didelegasikan dan diterima, serta isi komentar), follow dan unfollow, hadiah kurasi, hadiah produser, hadiah penerima manfaat (benefactor), market orders, sps rewards, custom JSON, transfer dan hal yang berkaitan dengan witness.

gambar di atas berisi informasi aktifitas akun pada tanggal 21 Mei 2021 setelah saya memposting Pengumuman Program Mendukung Aneuk Seurideng, vote yang saya terima (yg hijau), downvote (yg merah)comment yang masuk dan balasannya (oren dan abu-abu). Kita bahkan bisa melihat isinya dan apa yang kita edit , karena setiap tindakan itu menggunakan mana/resource credit/vest.


Pertanyaan 4: Harap jelaskan Hadiah(reward): Penulis, Kurasi, dan Penerima, Sebutkan juga hadiah penulis dan kurasi untuk akun Anda selama 7 hari terakhir.

Kurasi adalah tindakan yang kita lakukan pada sebuah postingan dan komentar steemian lain sesuai dengan besaran VP yang kita gunakan dalam bentuk upvote/engkol. Adakalanya tidak bernilai sama sekali yang disebut dengan dust payouts, karena kita mungkin melakukan kurasi sebelum menit ke 6 setelah postingan tayang, atau sesudah 6 hari. Bisa juga karena postingan tersebut "meulalat".

Gambar di atas berisi informasi mengenai kurasi yang saya lakukan beserta persen VP yang saya gunakan, juga nilai dari setiap engkolan pada postingan dan komentar yang terjadi pada tanggal 21 Mei 2021. Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini, dimana saya menyembunyikan dust payout.


Berikut ini adalah Rewards yang diterima Penulis (Author) setiap kali melakukan posting berupa komentar (yang diengkol) dan postingan pada blognya. Hadiah ini didapat dari hasil kurasi yang dilakukan oleh steemian lain terhadap postingan saya. Bila anda menambah Penerima manfaat pada postingan anda seperti steem.amal, steem.sea, steemcoffeeshop atau akun lainnya, anda bisa melihatnya dengan menekan pada tombol Benef. Reward.


Gambar di atas berisi informasi mengenai reward (hadiah) yang akan kita terima setelah melakukan kurasi dan posting selama 7 hari yang lewat hingga hari ini. Tentu saja yang bisa diklaim baik langsung disini dengan menekan tab Balance atau langsung di akun masing-masing. Keuntungan menggunakan steemworld adalah anda bisa melakukan klaim sekaligus atas semua rewards yang telah anda terima tapi belum anda klaim di akun.

Selama 7 hari terakhir ini adalah besaran payout yang saya terima dari hasil kurasi dan posting dimana saya menukar total perkiraannya dalam Rupiah (IDR). Saya tidak menolak seandainya ada diantar steemian yang bermurah hati menempatkan saya sebagai penerima manfaat dari postingan anda sebagai bentuk kasih sayang dan kepedulian, hahaha. 7 hari posting dan komentar sana sini, dapatnya cuma segitu, padahal minnow dan banyak follower. Tapi apa boleh buat, saya sudah terbiasa sejak 3 tahun lalu, meski tertatih saya senang saja.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara memeriksa nilai upvote Anda dan bobot voting yang berbeda menggunakan alat ini?

Kalau saya melakukan Downvote dengan Voting Power 100%, saya bisa mengurangi payout anda sebesar 0.02, hehehe!



Tapi kalau saya menggunakan 75-100% VP untuk engkol postingan, ya bisa nambah 0.02 dengan catatan persen voting power dalam lingkaran itu tidak lebih dari angka 80%, kalau kurang dari itu 100% pun tak sampai 0.01. Harap diingat bahwa pembagian persentase nilai Upvote hanya bisa dilakukan bila anda punya 500 SP ke atas, dibawah itu anda tidak punya pilihan menggunakan vote slider.



Bila lingkaran berisi informasi Voting Power, maka kotak disebelahnya berisi informasi berapa besaran nilai SP anda bisa berikan pada setiap kali engkolan dengan persentase yang berbeda. Simulasinya bisa dilakukan pada sub tab Vote Amount di Stat Akun.

Selain yang berurusan dengan akun sendiri, kita bisa juga melihat kondisi akun orang lain dengan alat ini. Anda juga bisa melakukan hal-hal menarik seperti melihat siapa yang paling banyak SP-nya di Steemit. Akun mana yang paling banyak power down. Berapa akun aktif setiap harinya, jual-beli steem dengan menngunakan metoda lelang/bid.

Semua tools ini bermanfaat bila anda melakukan jelajahi satu persatu. Tapi saya hanya menggunakan hal-hal sederhana untuk keperluan program saya saja selama ini. Salah satu yang paling saya suka adalah melihat ada di peringkat ke berapa saya sebagai Akun dengan Post paling active hari ini.


Hari ini berada di peringkat 14, padahal para greeter pasti lebih aktif daripada saya karena mereka harus sapa sana sapa sini, bahkan @mirzamg berada di urutan ke 56, @alee75 di urutan 144, yang lain entahlah. Mungkin mereka berada pada pilihan yang lain seperti akun yang paling gede payoutnya atau bisa jadi ini belum diupdate oleh steemchiller, who knows?

Bisa tidak ada habis-habisnya saya mengulas tentang tools favorit saya ini. Thanks to @steemchiller for this wonderfull tools, it is indeed built with love.

Tugas ini terlaksana berkat kemudahan melakukan tangkap layar pada https://steemworld.org/@cicisaja dan informasi yang diberikan dalam Panduan Penulisan Achievement 5 oleh @heriadi.
Terima Kasih kepada Tim Greeter Helper yang melakukan verifikasi. Mudah-mudahan kali ini tidak membuat pembaca lewat HP mengeluh lagi, aamiin.

Berikut adalah Tugas-tugas yang sudah saya selesaikan sampai saat ini (oh Tuhan, masih ada 5 tugas lagi)

OKMK, KB, Wassalamu!

r61metb487.gif

Sort:  
 3 years ago 

Oke kayaknya postku lebih panjang lag dari ini nanti, gatau kenapa ngalir aja review2 kaya begini 😭

 3 years ago 

Kebiasaan...Kan mmg suka ngulik tools, jadi kupikir seharusnya mmg nggak usah bikin yg standar spt niubi kali. Cak bikin yg greeter aja nggak pernah buka🤣

Cepat sikit

 3 years ago 

Iyaa ini lagi dibuat cut kak, harus beda dong dari nubi

 3 years ago 

No 3- 4 belum... Udah nomor 5?
Waaaahhh... Ngebut beneran ini

 3 years ago 

belooommm, otewe 5.1 ini lagi buat, 3-4 udah selesai tinggal post. 2 tugas aja per hair biar ga apa kali 🤣

 3 years ago 

Congratulations! You have been verified for this task and you may proceed to the next achievement task at your convenience.
Please visit this post for guidance about your next Achievement

 3 years ago 

Thanks as always ✌️

 3 years ago 

Kalo segini panjang penjelasan nya, bisa di verifikasi langsung achievement 6 kak @cicisaja , lengkap dan jelas 😍

The best.. ❤❤❤❤

 3 years ago 

Memang dah khatam dari dulu, cuma greeter ya nggak tahu 🤣 cieee yg udah pro newcomer pameerrr👍👍 dah bisa mendaftar jadi greeter helper

 3 years ago 

Dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada steemian lain, penjelasan dari kak cici sangat sempurna dibandingkan yang lain, lagee bu keleuh ta boeh lam pingan, tinggai pajoeh sagai, mantap that2 kakak @cicisaja..
Hehhee,, masih banyak yang harus saya pelajari sebelum mendaftar greeter helper, 😅😅😅

 3 years ago 

Pokoknya kalau ada kesempatan...ikut saja. Teruuss.. jangan lupa ikut kontes markdown si klen.civil

 3 years ago 

Siap kak.. Nyoe tingoeh musibah.. Ureung gampong meuninggai.. Jdi perangkat harus na di tempat, makanya galom sempat lon ikoet.. InsyaAllah leuh2 luhoe lon proses😄

 3 years ago 

Selo mantông, real life first...steemit later, pelajari dilee baik2

 3 years ago 

Iyaaa ,, miseu kaleuh ta dalami dengan mantap.. Ka mudah untuk ta peugoet postingan, bek sampe leuh ta peugoet ka tan meupu,😄

Mangat deh tabaca lewat Hp meunyoe deuh mandum lagee nyoe 😅

 3 years ago 

Karena ka meuteumeung "selah", tapi peureulee 12 jeum untuk ta selesaikan 🤦🏽‍♀️

Bereeeeh aju, ilmee punoeh2 bak roneuh kak e

Kak, cukop ngeri emang ke kak...
Abeh sang neu peuteubit ilme bak achievement5 nyoe...
Ukuran pembaca hana suah teumanyong sapeu le nah.... cukup jelaih...

Telat aku baca, setelah 5 hari.
Hehehhe

 3 years ago 

Tuuh lah, kee🤦 eksekusi troooss

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 62667.39
ETH 2432.00
USDT 1.00
SBD 2.66