Achievement 2 by @aureliapane: Basic Security on Steemit

in Newcomers' Community3 years ago

Halo teman-teman Steemit. Apa kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat. Aamiiin

Setelah saya menyelesaikan Achievement 1 tentang perkenalan, maka selanjutnya saya akan menuju ke tugas berikutnya yaitu Achievement 2 mengenai keamanan dasar akun steem yang kita miliki masing masing.

IMG_20210401_104943.jpg

Pada tulisan saya kali ini, saya akan menjelaskan tentang fungsi dari masing masing key dan cara penggunaannya agar akun steem aman dari tangan-tangan jahil yang mencoba menerobos keamanan untuk mencuri aset yang kita miliki.

Seperti yang kita ketahui, kata sandi merupakan kunci untuk login pada suatu akun. Pada akun steem, sandi terbagi beberapa bagian sesuai dengan tindakan yang akan kita lakukan. Oleh sebab itu, kita harus dapat membedakan penggunaan masing masing key yang kita terima saat mendownload file pdf saat pertama kali kita login.

Selanjutnya, cara agar menjaga akun steem tetap aman, simpanlah kata sandi utama atau master password di tempat yang aman dan gunakan sandi lain untuk menjaga dokumen keamanan tersebut seperti penyimpanan dropbox atau google drive

Untuk login ke akun steem yang kita miliki, kita hanya menggunakan sandi yang sesuai dengan fungsi dari masing masing sandi.

1. Private Posting Key

Sandi Posting Key yang kita gunakan untuk login sehari-hari untuk menulis post, berkomentar dan memberikan upvote.

2. Private Memo Key

Memo Key yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan pribadi yang kita dikirim melalui blockchain.

3. Private Active Key

Sandi Active Key yang kita gunakan untuk melakukan tindakan yang terkait dengan aset yang kita miliki , seperti mentransfer token, power up, power down, treading dan market. Saya sudah sangat paham cara menggunakan aktive key untuk transfer steem kepada pengguna akun steem lain dan power up/down, saya sudah pernah melakukannya berkali kali.

4. Private Owner Key

Sandi Private Owner Key yang kita gunakan untuk mereset atau mengatur ulang semua sandi kita yang lain serta untuk memulihkan akun dalam 30 hari jika akun kita di susupi

5. Master Password

Master pasword yang kita gunakan untuk generate sandi baru dan menghasilkan dukumen pdf yang baru, jangan pernah membagikan sandi ini karena merupakan sandi utama yang perlu di jaga agar terhindar dari pencurian akun steem

Semua sandi yang saya jelaskan diatas sudah saya dapatkan dalam bentuk file pdf yang akan saya simpan di dropbox agar bisa saya dapatkan dimana saja apabila ada masalah dengan akun steem saya ketika berada di luar rumah/kota

Demikian post saya tentang keamanan dasar akun steem, semoga postingan ini bisa bermanfaat. Terima kasih

Terima kasih juga kepada @anroja @radjasalman @nazarul @ernaerningsih dan semua yang mendukung saya di platform ini.

Sort:  
 3 years ago 

Kamu telah diupvote oleh radjasalman dari Steem POD Project

Kami memberikan voting dengan akun Kurator Komunitas Steemit @steemcurator03 untuk mendukung pendatang baru yang bergabung ke steemit.


Silakan kunjungi link ini untuk pedoman dalam melanjutkan tugas Achievement selanjutnya.

Ikuti terus @steemitblog untuk mendapatkan informasi terkini tentang berbagai event dalam steemit.
Terimakasih 🙏

 3 years ago 

Buenísimo tu 2 logro felicidades, que bueno que ya sabes la importancia de cada clavé y sobre todo el resguardo de ellas, y principalmente no compartirlas con nadie.. feliz día .

Danke für dein Beitrag. Ich habe ein Problem mit meinem Activ Key, vielleicht kannst du mir helfen?
Warum kann ich mein Activ Key nicht sehen? Unter "Keys & Permissions > Activ Key" sehe ich nur eine Verschlüsselung die nicht entsperrt werden kann. Neu einloggen bringt nichts. Woran liegt es?

Muss ich STEEM in meiner Wallet liegen haben, um den Activ Key sehen zu können? Meine Ballance ist aktuell bei Null.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 57346.65
ETH 3107.45
USDT 1.00
SBD 2.40