Achievement 6 By @aryadwigantara Task: Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Assalamualaikum Teman-Teman Steemians, Kembali lagi dengan akun saya @aryadwigantara, pada tugas newcommers saya sebelumnya sudah di verifikasi dan saya mendapatkan arahan agar saya melanjutkan pada tugas ketiga saya di newcommers, Yaitu Achievement 6 Task: Understanding Curation and Community

Pada Tugas kali ini kita akan membahas mengenai "Understanding Curation and Community" , Untuk mempersingkat waktu mari kita bahas dan ulas bersama-sama mengenai apa itu Understanding Curation and Community Tersebut.

Achievement 6 Task: Understanding Curation and Community

Jadi pada tugas dii Achievment 6 ini kita akan menjawab serta mengulas pertanyaan yang diberikan dalam tugas ini demi menyelesaikan Achievment 6 ini, ada beberapa pertanyaan yang diberikan kepada kita selaku pengguna baru dengan tujuan agar kita mempelajari dan mengetahui lebih dalam mengenai Platform Steemit dan juga cara kerja steemit, berikut beberapa pertanyaan yang diberikan.

1. Apakah Anda Memahami Cara Kerja Voting dan Kurasi di Steemit?

Saya sudah cukup memahami mengenai bagaimana sistem kerja Voting dan juga Kurasi pada platform Steemit ini, jadi mari kita ulas satu persatu.

Screenshot (735).png

Voting

Jadi Voting merupakan kegiatan kita melakukan Vote atau lebih simpelnya itu seperti sistem kerja Sosial Media lain pada umumnya dimana kita bisa melakukan Menyukai atau Tidak menyukai untuk menghargai postingan tersebut, pada platform Steemit Vote terbagi dua yaitu :

  • Upvote

Upvote merupakan kegiatan yang kita lakukan untuk menyukai postingan orang, yang mana jika pada postingan orang yang menurut kita itu bagus maka kita akan memberikannya upvote sebagai apresisasi atas hasil karya yang ia tulis tersebut.

  • Downvote

Downvote merupakan kegiatan yang kita lakukan untuk tidak menyukai postingan orang, tapi ini sangat tidak dianjurkan dalam dunia steemit, kecuali postingan tersebut melakukan plagiat dan mengambil ide orang, itu wajib diberi downvote, karena plagiat itu merupakan sesuatu perbuatan yang sangat di benci dalam dunia Steemit

Kurasi

Kurasi merupakan sebuah penghargaan yang diberikan atau reward yang diberikan oleh kurator, setiap postingan yang di vote oleh kurator diambng nilai minimal yaitu $0.02 maka kita akan menerima reward berupa SBD, STEEM dan Juga TRX dengan catatan bahwa reward tersebut akan dibagi menjadi 2 yaitu 50% untuk Kurasi dan 50% untuk Penulis, dan reward tersebut baru bisa kita tarik ke Wallet dalam jangka waktu 7 hari.

2. Apa Yang Terjadi Jika Anda Memilih Posting Sebelum 5 Menit Setelah posting?

Melakukan Vote pada postingan yang kurang dari 5 menit, itu akan mempengaruhi reward yang kita terima, jadi agar hasil reward yang kalian terima itu maksimal usahakan Vote pada postingan yang sudah lebih dari 5 menit. Ketentuan ini telah di atur sendiri oleh pihak STEEMIT, berikut ketentuan yang diatur mengenai Vote postingan pada setiap waktu yang berbeda.

  • Upvote Postingan Dalam 1 Menit

Jadi jika kalian melakukan Upvote pada postingan dalam 1 menit setelah postingan tersebut di posting maka anda akan mendapatkan pengaturan reward yaitu 20% untuk kurator dan 80% Reward kurasi untuk penulis.

  • Upvote Postingan Dalam 2 Menit

Jadi jika kalian melakukan Upvote pada postingan dalam 1 menit setelah postingan tersebut di posting maka anda akan mendapatkan pengaturan reward yaitu 40% untuk kurator dan 60% Reward kurasi untuk penulis.

  • Upvote Postingan Dalam 3 Menit

Jadi jika kalian melakukan Upvote pada postingan dalam 1 menit setelah postingan tersebut di posting maka anda akan mendapatkan pengaturan reward yaitu 60% untuk kurator dan 40% Reward kurasi untuk penulis.

  • Upvote Postingan Dalam 4 Menit

Jadi jika kalian melakukan Upvote pada postingan dalam 1 menit setelah postingan tersebut di posting maka anda akan mendapatkan pengaturan reward yaitu 80% untuk kurator dan 20% Reward kurasi untuk penulis.

  • Upvote Postingan Dalam 5 Menit

Jadi jika kalian melakukan Upvote pada postingan dalam 1 menit setelah postingan tersebut di posting maka anda akan mendapatkan pengaturan reward yaitu 100% untuk kurator sepenuhnya.

3. Siapa yang akan Anda pilih untuk Steem Witness? dan mengapa?

Jadi seperti yang telah kita ketahui pada tugas yang sebelumnya bahwa peran witness itu sangat penting sekali dalam platform Steemit ini, Witness memberikan kontribusi yang sangat besar dibandingkan dengan pengguna yang lainnya, karena witness membuat platfrom Steemit itu akan terus bertumbuh, Jadi di bawah ini adalah gambar mengenai beberapa witness yang telah tercatat pada platform Steemit.

Screenshot (736).png

Jadi pilihan saya untuk menjadi witness itu jatuh pada 3 nama besar dalam deretan tersebut yaitu @steemchille , @steem-agora dan juga @justyy, kenapa saya memilih ketiga nama tersebut, karena sudah di pastikan mereka itu berada pada 3 besar witness yang sangat berperan penting itu menjadikannya nilai lebih untuk saya melakukan pemilihan terhadap mereka, dan mereka telah membantu mengembangkan paltform Steemit dan juga salah satu dari mereka yaitu @justyy telah membuat sebuah Tools yang dinamakan steemyy.com, dan itu juga menjadi nilai tambah karena dia berperan penting membantu dan mempermudah para pengguna di dunia Steemit, itu alasan saya kenapa memilih mereka.

4. Komunitas mana yang akan Anda ikuti di Steemit, dan mengapa?

Jadi untuk saat ini saya baru mengikuti 3 komunitas saja, dikarenakan saya seorang pemula saya tidak mau mengikuti seluruh komunitas tetapi saya tidak ikut berperan di didalam komunitas tersebut, berikut adalah beberapa komunitas yang saya ikuti saat ini

Screenshot (737).png

1. Komunitas Newcommers

Screenshot (738).png

Alasan saya mengikuti komunitas Newcommers sudah pasti ini adalah komunitas awal bagi pada Pendatang baru, disini kita akan mempelajari mengenai platfrom steemit agar lebih memahaminya, jadi kita akan lebih paham seluk beluk dalam berperilaku di platform steemit ini.

2. Steem Sea

Screenshot (740).png

Alasan kenapa saya mengikuti komunisa Steem Sea sudah jelas, karena Steem Sea yang mengelolanya itu juga merupakan orang satu Daerah dengan saya jadi saya merasa terpanggil untuk ikut ambil bagian dalam memajukan komunitas tersebut, dan satu event pada komunitas Steem Sea yang sangat mudah diikuti yaitu mengenai Diary Game, makanya saya mengikuti komunitas tersebut.

3. Steem Education

Screenshot (742).png

Jadi pada komunitas ketiga yang saya ikuti saat ini alasannya sangat lucu sih, awal mulanya saya melihat sebuah pengumuman dari kak @liasteem yang mengumumkan mengenai mini crypto, dan saya pun penasaran sehingga mencoba untuk mengikuti event tersebut, dan bagusnya lagi pada Steem Education itu benar-benar mengenai Edukasi apapun itu yang emang untuk menambah ilmu kita, jadi itu juga saya sukai.

Cukup Sekian tugas Achievement 6 Task : Understanding Curation and Community yang telah saya kerjakan guna untuk lebih berkembang dan agar mengetahui segala hal mengenai Understanding Curation and Community pada platform Steemit ini.

Rangkuman Tugas Achievement :

Sekian Terima Kasih

🙏🙏🙏

Salam Saya

@aryadwigantara

Sort:  

Hey @aryadwigantara, this is Aniqa Mashkoor a greeter helper.

Congratulations you have successfully completed all your achievement tasks from 1 till 6. Now you can compile all of them in a single post.

Hope so you learned and enjoyed while making your achievements.

TASK RATE: 3


Check out these beginner-level introductory courses currently live in SteemitCryptoAcademy to help you more by learning The Steemit Crypto Academy: Season 3 : Beginners Level Introductory Courses

Happy steeming :)

 3 years ago 

Hi, @aryadwigantara,

Your post has been supported by @heriadi from the Steem Greeter Team.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 64479.05
ETH 3181.85
USDT 1.00
SBD 2.57