Achievement 6 Task by @alol : Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community3 years ago

Halo Sahabat steemian...

Achievement 5 task 4 sudah saya selesaikan dengan baik, tugas terakhir adalah Achievement 6 tentang kurasi dan komunitas.

  • Kurasi dan kurator

Kurasi adalah suatu kegiatan untuk memberikan nilai terhadap postingan maupun komentar dari member steemit. sedangkan kurator adalah orang yang memberi penilaian tersebut. Dalam platform steemit sering kita dengar bahwa kurasi adalah pemberian upvote pada postingan yang di berikan oleh pengguna lain yang di sebut kurator. dalam hal ini siapa saja dapat memberikan upvote pada postingan dan mendapatkan kurasi.

20210414_114839.jpg

contoh postingan saya di atas mendapat kuari 0.08 daro 3 orang yang memberikan vote.

Voting atau pemberian suara pada suatu postingan tergantung besarnya kekuatan steem power suatu akun. Semakin banyak Steem Power yang di miliki, semakin banyak kurasi yang dapat di berkan kepada postingan yang berkualitas.

Untuk memberi suara positif silakan pilih yang saya lingkari warna hijau maka pemilik postingan akan menerima reward berupa steem dan SBD dan sebaliknya jika ingin memberi suara negatif, tinggi rendahnya reward tergantung dari besarnya kekuatan voting yang di berikan kurator.

  • witness (saksi)

Blockchain apa saja tidak terkecuali Blockchain Steem memerlukan saksi untuk membuat blok,
yang di kerjakan oleh sekumpulan orang dengan menggunakan sebuah mekanisme konsensus yang disebut bukti kepemilikan yang didelegasikan. Komunitas memilih 'wittness' untuk bertindak sebagai produsen blok jaringan dan badan tata kelola. Ada 20 saksi penuh waktu, menghasilkan satu blok setiap putaran 63 detik. Saksi diberi kompensasi dengan Steem Power untuk setiap blok yang mereka buat.

  • Komunitas

pada awal kemunculan steemit tidak mengenal komunitas, semua user bisa membuat postingan bebas, sejak saya aktif kembali di steemit sekarang sudah banyak komunitas yang berdiri tergantung kandungan postingan.

20210414_153303.jpg

Saya telah join dengan beberapa komunitas sejak saya mendaftar di Steemit, saya telah bergabung dengan komunitas 'Newcomers' karena saya baru bergabung kembali di paltform steemit yang telah lama vakum.

sekian dulu review singkat saya mengenai kurasi dan komunitas

Sort:  
 3 years ago 

Kamu telah diupvote oleh radjasalman dari Steem POD Project

Kami memberikan voting dengan akun Kurator Komunitas Steemit @steemcurator03 untuk mendukung pendatang baru yang bergabung ke steemit.


Silakan kunjungi link ini untuk pedoman dalam melanjutkan tugas Achievement selanjutnya.

Ikuti terus @steemitblog untuk mendapatkan informasi terkini tentang berbagai event dalam steemit.
Terimakasih 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63350.70
ETH 2595.60
USDT 1.00
SBD 2.85