Achievement5 Task 2 @aafadjar : Review steemscan.com

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Untuk memenuhi tugas #Achievement5 Task 2, saya akan menuliskan review steemscan.com.

Yang saya ketahui, steemscan.com merupakan salah satu tools steemit yang mempunyai fungsi sebagai media untuk melakukan penukaran (coversi) STEEM atau SBD menjadi crypto yang lain seperti BTC, USDT, TRX dan maupun crypto-crypto yang lain, yang tersedia.

Selain itu, melalui steemscan.com, steemian juga dapat mengirimkan STEEM, SBD atau hasil conversinya berupa USDT, TRX atau cryptocurrency lainnya ke alamat wallet yang dituju, secara langsung tanpa harus melalui market bitrex, poloniex ataupun .

Lebih lanjut, tools ini juga berfungsi untuk melihat langsung grafik nilai tukar STEEM terhadap USD, sekaligus juga untuk melihat volume supply STEEM secara keseluruhan dalam hitungan USDoLlar.

achievement5 (2).gif

Edit By Canva

Adapun secara keseluruhan penggunaan menu steemscan.com adalah sebagai berikut :

1. Mengetahui Nilai Tukar STEEM terhadap USD dan Volume Supplynya

st1.png
Source

Pada gambar diatas dapat kita lihat, Nilai Tukar STEEM terhadap USD adalah US$1,17 dengan volume supply US$2,784,304,16. Harga dan volume supply adalah waktu ketika saya melakukan screenshoot gambar.

2. Mengetahui Transaksi terakhir dan transaksi block terakhir.

Untuk mengetahui transaksi terakhir di blockchain steemit dapat kita lihat melalui gambar dibawah ini :

st3.png
Source

Pada gambar terlihat transaksi terakhir yang terjadi. Dapat kita baca siapa saja dan apa saja transaksinya, .

Pada baris pertama dapat kita baca, block ID 52937105, id 5184b... dengan waktu transaksi 16/4/2021 pukul 12:56 PM akun @ andrasnil melakukan vote kepada @ eli18 dengan nilai vote 100%*

Sementara untuk mengetahui block terakhir di blockchain steemit dapat kita perhatikan gambar dibawah ini :

st late block.png
Source

Dapat dibaca pada baris pertama gambar diatas.. ID 0327c1c506.............C4d3, Berat 52.92377157 waktu kejadian Tanggal 16/4/2021 Pukul 18.42 pada block ke-3 telah terjadi transaksi oleh @ matreshka.

3. Mengetahui Witness Aktif serta memilih (voting) Witness yang kita inginkan

st witness.png

Source

Melalui gambar diatas kita dapat mengetahui Witness yang sedang diblockchain yaitu @dev.supporter. Dan nampak juga sejumlah witness yang aktif, yang nama-namanya tertulis dibawah tulisan Active. Sementara Witnees yang tidak aktif adalah yang mendapat tanda (x) dan telah saya kolom dengan warna merah.

Apabila kita hendak memilih salah satu witness, cukup dengan meng-click tulisan vote, dan akan diminta private active key untuk dapat melakukan transaksi (memilih witness yang kita maksud)

garis.png

4. Melakukan Konversi Cepat STEEM atau SBD menjadi Cryptocurrency lain dan mengirim crypto hasil Konversi ke alamat wallet.

Pada gambar dibawah ini, saya melakukan percobaan conversi 80 STEEM menjadi USDT.

st convert.png
Source

Sehingga dapat dibaca Bahwa nilai tukar 80 STEEM saya menjadi USDT akan mendapatkan sebanyak 87,1127850 USDT yang telah mencakup fee sebesar 2,14347074 USDT, dan kalau saya akan melakukan penarikan, saya hanya perlu mengisi alamat (address wallet saya) sejumlah tersebut tadi. Jumlah Sebesar 87,1127850 USDT adalah jumlah bersih yang akan saya terima diwalet saya.

garis.png

5. Mengetahui Pengembangan Tools yang tersedia di Steemit

Untuk mengetahui Dev Tools (Pengembangan Tools), kita dapat memperhatikan gambar dibawah ini :

st tolls2.png
Source

ST tools.png
Source

Gambar diatas menunjukkan Tools mana yang statusnya aktif (tanda centang) dan tools mana yang sudah tidak aktif (tanda kali)

garis.png

6. Mengetahui App yang tersedia di Steemit

Untuk melihat App yang tersedia di steemit dan serta linknya kita dapat melihat apa yang tersedia pada gambar dibawah ini :

st dapp.png
Source

Data gambar diatas menunjukkan kepada kita bahwa ada 436 Apps di terkait dengan steemit, siapa pembuatnya dan apakah sudah dapat digunakan atau belum.

garis.png

Demikian tulisan singkat saya untuk #achievement5 dalam rangka review steemscan.com.

Ketikan akan menulis review ini, saya sudah mencoba membaca tulisan-tulisan @radjasalman @cryptokannon @yohan2on @sapwood @kiwiscanfly @adeljose @inspiracion @fendit maupun posting di @steemitblog yang berkaitan dengan hal ini.

Barangkali, ada kesalahan saya dalam memaknai tulisan-tulisan tersebut, karena keterbatasan saya dalam bahasa inggris. Saya selalu bersedia untuk dibimbing dan diarahkan.

Sehingga kedepannya apabila ada kekeliruan saya dalam menginterpretasi serta memahami maksud dan tujuan dalam penggunaan tools ini, dapat saya luruskan.

Terimakasih atas kesediaan Pak @radjasalman selaku MOD Representative Indonesia.

Salam hormat saya,
@aafadjar

Sort:  
 3 years ago 

Kamu telah diupvote oleh radjasalman dari Steem POD Project

Kami memberikan voting dengan akun Kurator Komunitas Steemit @steemcurator03 untuk mendukung pendatang baru yang bergabung ke steemit.


Silakan kunjungi link ini untuk pedoman dalam melanjutkan tugas Achievement selanjutnya.

Ikuti terus @steemitblog untuk mendapatkan informasi terkini tentang berbagai event dalam steemit.
Terimakasih 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 59758.56
ETH 2523.42
USDT 1.00
SBD 2.47