Achievement 5 Task 3 By @aafadjar : Review steemyy.com

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Salam sejahtera kawan-kawan stemian all of the world.

Pada posting kali ini saya akan menuliskan kelanjutan tugas #Achievement. Saya telah menyelesaikan #Achievement5 Task 2.

Langsung saja ya Guys. #Achievement5 Task 3 adalah Review steemyy.com.

Steemyy.com adalah Tools steemit yang dikembangkan oleh Witness @justyy. Tools ini memiliki banyak kegunaan. Baik untuk urusan internal (akun sendiri) maupun untuk mengetahui akun steemian lain.

achievement5 (3).gif

Edit By Canva

Sebenarnya cukup banyak fungsi steemyy.com, tetapi pada tulisan ini, saya hanya akan fokus menuliskan, hal-hal apa saya yang "dibebankan" oleh Greeter dan MOD kepada newcomers saja.

Adapun Fungsi-Fungsi steemyy.com yang akan saya akan saya bahas adalah sebagai berikut :

1. Apa Itu Steem Power Efektif?

Steem Power Efektif, adalah Jumlah Steem Power yang kita miliki ditambah dengan Steem Power Yang didelegasikan oleh steemian lain.
Steem Power (SP) sendiri adalah jumlah kekuatan yang dimiliki oleh seorang steemian untuk melakukan upvote maupun downvote. Semakin besar SP yang dimiliki seseorang, semakin besar pula nilai reward atas vote yang dilakukannya pada suatu posting.

Untuk mengetahui, Jumlah Steem Power Efektif. Kita klik Menu Tools pada dashbord steemyy, kemudian memilih tab Steem Account information. Kemudian masukkan nama anda tanpa @ Maka akan muncul informasi seperti gambar dibawah ini

steemy info akun.png

steemyy.com

Dari sana dapat kita ketahui Jumlah Power saya adalah 62,01 SP. Karena saya tidak mendapatkan delegasi SP dari siapapun, maka Steem Power Efektif saya dengan nilai SP yang saya miliki.

Reward yang dapat saya berikan untuk upvote saya adalah 100% dari 62,01 SP dikurangi pesentase voting mana yang saya miliki pada saat itu.
Sementara, nilai downvote saya 100% penuh, karena hari ini saya belum melakukan downvote di posting plagiat atau spamm manapun.

2. Mendelegasikan SP menggunakan Steem Delegation Tools.

Untuk mendelegasikan SP kepada steemian lain, kita hanya perlu membuka Dashbord steemyy.com, selanjutnya kita click Menu Tools, terus click tab Steem Delegation Tools. Maka akan muncul informasi sebagaimana gambar dibawah ini :

steemy cara delegasi.png

steemyy.com

Pada gambar diatas, saya sedang melakukan percobaan mendelegasikan 1 SP saya kepada @justyy.

Caranya? Pada kolom delegator ID isi nama akun kita tanpa embel (@), kemudian pada kolom Delegatee isi nama akun tujuan delegasi. Selanjutnya pada kolom Amount masukkan jumlah SP yang akan didelegasikan. lalu, Click Steem Delegatee Via Steemlogin (yang berwarna hijau) atau boleh juga Click Steem Delegatee Via Steemconnect. Akan tab halaman baru browser, Lalu akan dimintai mengisi private active key. Setelah kita masukkan active key maka penelegasian SP kita sudah selesai.

Kalau kita mau melihat SP riwayat SP delegasi ke akun sendiri, kita dapat melihatnya dengan meng-click Tab Delegators and Delegatees, lalu pilih
Steem Power Delegatee Checker
maka akan nampak siapa yang pernah mendelegasikan SP kepada kita.

Lihat gambar dibawah ini :

steemy delegator checker.png

steemyy.com

Pada gambar tersebut dapat kita baca, bahwa saya hanya pernah mendapat delegasi dari @steem. Itu adalah delegasi awal yang diberikan kepada siapapun yang telah mendaftarkan akun steemitnya.

3. Memeriksa Riwayat Transfer

Untuk mengetahui riwayat transfer dari wallet kita. Maka kita harus membuka kembali Dashbord steemyy.com, lalu click Tab Steem Account Transfer Viewer maka akan muncul menu sebagaimana gambar dibawah ini.

steemy info transfer.png

steemyy.com

  • Gambar diatas memperlihatkan, saya mendapatkan transfer dari @stephenkendal sebesar 100 STEEM untuk tujuan #promo-steem media sosial dan pendidikan. Kalau kita ingin mengetahui informasi blockchain transaksi, dapat meng-click Block (tulisan warna biru), maka akan muncul newtab browser dan kita akan mendapatkan informasi waktu transaksi, kode transaksi dan nomor block.
  • Gambar diatas juga memperlihatkan adanya pengiriman saya ke @poliniex sebesar 80 STEEM, dengan memo adalah wallet STEEM saya di poloniex. Data tersebut memperlihatkan bahwa saya melakukan withdrawal sebanyak 80 STEEM melalui poloniex. Diluar tugas ini, saya harus sampaikan bahwa saya melakukan withdrawal sebesar 80 STEEM adalah untuk biaya Workshop #Promo-Steem dan #Steemit yang sedang saya persiapkan bersama tim.

4. Autoclaim Rewards

Untuk mengclaim rewards atas posting atau kurasi secara otomatis dapat kita lakukan melalui steemyy.com dengan cara sebagai berikut :

  • Buka browser, lalu tulis https://steemyy.com/list-of-tools.php.
  • selanjutnya pilih menu tools, lalu click Steem Autoclaim Reward maka akan terbuka halaman tab baru seperti gambar dibawah ini

steemy autoclaim.png

steemyy.com

  • isi kolom dengan nama akun anda tetapi tanpa tanda (@), masukkan private posting key, pilih lama waktu claim, lalu click claim (yang berwarna hijau) maka rewards kita akan otomatis terclaim dan masuk ke wallet tanpa harus melakukan claim lagi secara manual.

5.Memeriksa laporan Vote

Setelah darhbord steemyy.com terbuka, lalu pilih tools, selanjutnya pilih tab Steem Outgoing Votes Reports (Self Upvoting), isi nama akun anda lalu pilih periode waktu.
Maka kepada kita akan ditampilkan siapa saja yang melakukan vooting kepada tulisan ataupun komentar kita seperti gambar dibawah ini.

steemy incoming vote.png

steemyy.com

6.Memeriksa Siapa Yang Mendelegasikan SP

Untuk mengetahui siapa saja yang mendelegasikan SP kepada kita maka langkah yang harus dilakukan setelah terbuka dashbord steemyy.com, maka kita perlu memilih tools dan selanjutnya ke Tab Steem Power Delegator Checker.

Isi nama akun anda pada kolom yang tersedia, lalu click search maka akan keluar data siapa saja yang mendelegasikan SP kepada kita, seperti terlihat di gambar berikut ini :

steemy delegator checker.png

steemyy.com

Penutup

Sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi steemyy.com yang dapat kita aplikasikan untuk keperluan kita dalam berbagai hal, seperti mengetahui siapa saja yang melakukan downvote kepada kita, mengetahui rangking witneee. Tetapi sebagaimana saya terangkan pada permulaan tulisan ini, saya hanya membatasi menulis posting ini dengan fokus pada tugas achievement yang ditetapkan oleh Greeter dan MOD.

Saya akan sangat berterimakasih dan merasa bahagia apabila Greeter @cryptokannon bersedia memeriksa serta memberikan komentar atas naskah task Achievemnt saya ini.

Tak lupa, saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada MOD @radjasalman yang selama ini selalu memeriksa tugas-tugas achievement yang saya buat.

Terimakasih juga kepada pak @heriadi yang telah menterjemahkan panduan newcomers dalam bahasa indonesia. Panduannya, sangat membantu.

Terimakasih yang mau membaca dan memberikan kritik serta saran.

Salam hormat saya,

@aafadjar
Newcomers Indonesia

Sort:  
 3 years ago 

Kamu telah diupvote oleh radjasalman dari Steem POD Project

Kami memberikan voting dengan akun Kurator Komunitas Steemit @steemcurator03 untuk mendukung pendatang baru yang bergabung ke steemit.


Silakan kunjungi link ini untuk pedoman dalam melanjutkan tugas Achievement selanjutnya.

Ikuti terus @steemitblog untuk mendapatkan informasi terkini tentang berbagai event dalam steemit.
Terimakasih 🙏

 3 years ago 

terimakasih sudah mendukung kami selaku newcomers..

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 59276.59
ETH 2464.51
USDT 1.00
SBD 2.44