"Steemit Engagement Challenge / S11W5 - "Empat Faktor Utama Kesehatan"

in Healthy Steem11 months ago (edited)

ASALAMULAIKUM SAHABAT STEEMIT SEMUA SEMOGA KITA SELALU DI BERIKAN KESEHATAN JASMANI DAN ROHANI.


Untuk challenge kesehatan ini saya ingin mengajak beberapa kawan yaitu @chopper46,@itikna09,@sailawana,@radjasalman dan @chefdanie untuk berpartisipasi.

Dalam kehidupan sehari - hari kita, tentu nya kita tidak luput dari kesehatan, sebab bila tubuh kita kurang sehat maka segala aktifitas kita akan terhambat…

Dan dari segala aset yang kita punya tentunya aset yang paling berharga adalah tubuh kita sendiri, maka dari itu sudah sepatut nya kita harus menjaganya sebisa mungkin, karna bila tubuh kita sakit maka segala sesuatu yang yang kita punya baik itu makanan, materi dan segala kenikmatan lainnya akan luput dari kita.

Contohnya bila kita mengidap penyakit diabetes maka kita harus mengontrol diri dari makanan atau minuman yang mengandung banyak gula, padahal makanan yang manis itu sungguh enak untuk dinikmati.bahkan untuk para pecinta kopi bila dia tidak menjaga lambung nya dengan baik maka seiring berjalannya waktu dia harus berhenti minum kopi, padahal bila teratur dalam mengatur apa yang kita konsumsi akan sangat sedikit makanan yang harus kita pantang.

Disini Saya akan menjawab beberapa pertanyaan dari comunitas kesehatan tentang 4 elemen kesehatan.

1. Apa yang Anda makan agar tetap sehat? Bagaimana Anda bisa memperbaiki pola makan Anda?

Sebenarnya dalam menjaga kesehatan itu bisa kita lakukan dengan hal yang paling mudah dan sumber daya yang sangat umum kita jumpai yaitu dengan sesering mungkin kita meminum air putih yang bersih dan usahan kan untuk minum sambil duduk dan saya juga mengosumsi sayur-sayuran juga buah-buahan yang biasa saya jus, karna ketika kita minum sambil duduk saringan yang berada dalam tubuh kita akan bekerja , namun beda hal nya bila kita minum sambil berdiri.
Dan pola makan yang saya terapkan adalah menyempakan diri untuk sarapan pada pagi hari karna pada pagi hari perut kita sudah sangat kosong akibat pembakaran hormon pada malam hari sehingga membutuh kan karbohidrat dan vitamin lainnya.
Dan untuk siang hari saya tidak terlalu banyak memakan karbohidrat begitu juga malam nya bahkan pada malam hari lebih sedikit lagi, ini menjaga tubuh tidak mudah terkena diabetes.
Kenapa harus air putih…?
Karna air putih dapat menetralisir kandungan racun yang ada dalam tubuh kita sehingga dapat di keluarkan melalui keringat.dan karna itu juga kita harus berolahraga juga, agar apa yang kita konsumsi dapat di keluar kan melalui keringat yaitu melalui berolahraga.

94B08B2D-4CEB-4CA6-BCF1-79A7DD44BC6D.jpeg

air putih bersih

12812F61-43D1-4B58-89BD-E1A9B212CBC2.jpeg

buah-buahan

sumber pixabay


2.Bagaimana pola tidur Anda, dan bagaimana cara memperbaikinya?

Tidur adalah salah satu yang membuat kita menjadi sehat, karna ketika kita tidur maka tubuh kita akan melepaskan hormon melatonindalam tubuh kita, maka bila jam tidur kita kurang, itu akan membuat hormon melatonin dalam tubuh tidak terbakar secara sempurna.

Saya sendiri sangat menjaga pola tidur yaitu dengan menyetel alarm di hp ketika waktu nya tidur, karna kadang saya sering lupa waktu tidur.dan sebisa mungkin untuk mencukupi tidur saya sekitar 7-8 jam sehari.
Namun kadang-kadang sering kali ketika saya tidur tidak dapat terpejam dengan mudah, mungkin karna beberapa faktor seperti ketika banyak pikiran, dalam keadaan gelisah dan setelah minum kafein.
Saya bisa mengatasi nya dengan merilekkan pikiran dan tubuh saya serta minum air putih sebelum tidur, tapi bila penyebab nya karna kafein, sampai saat ini saya tidak dapat mengatasi nya. Karna itu saya sangat menahan diri untuk minum kopi ketika malam tiba.


3.Apa latihan atau aktivitas harian Anda? Apakah Anda perlu berbuat lebih banyak?

1ECAC889-041C-46BD-AC24-B821FF2B68F6.jpeg

olahraga sepakbola

sumber pixabay

Aktivitas yang saya lakukan adalah berolahraga seperti olahraga sepak bola yang saya lakukan setiap sore, selain karna hobby dan menyenangkan juga keringat yang di hasilkan dari sepakbola sangat cukup dan setelah berolahraga badan menjadi sangat bugar..
Pernah ketika di bulan puasa saya melakukan fitnes di sore hari dengan panduan yang saya lihat di aplikasi fitnes dengan tujuan saya bisa menurunkan berat badan saya, dan saya memulai nya ketika sore hari ketika perut sedang sangat kosong karna berpuasa, dan ini berhasil menurunkan berat badan saya sekitar 5 kg dalam 2 minggu. Berolahraga sedang dalam keadaan perut kosong memang sangat ampuh untuk menurunkan berat badan namun ini juga harus dibarengi oleh makan yang teratur juga terukur.

Kadang juga saya menyempatkan diri untuk berlari sore di pinggir pantai yang berada di sekitar tempat saya. Dan ini cukup menyenangkan selain berolahraga juga dapat menenangkan pikiran, sambil menikmati sunset sore hari di pinggir pantai…
Namun dalam menjaga tubuh yang sehat, berolahraga saja tentu nya tidak akan cukup apabila makanan yang kita konsumsi tidak kita atur dengan baik.selain harus teratur juga harus terukur.


4.Apa yang Anda lakukan untuk kebugaran mental?

Berbicara tentang mental tentu saja ini menyangkut tentang pikiran yang dapat mempengaruhi tubuh kita.
Kadang saya juga merasa sangat bosan akibat aktifitas yang saya lakukan sehari. Untuk mengatasi nya saya bermain sepak bola dan itu cukup menyenangkan hati saya senang.
Dan kadang saya pergi berekreasi ke suatu tempat yang saya sukai seperti pergi ke pantai dan ketempat wisata yang asri karna saya sangat menyukai pengunungan kebetulan di tempat saya ada tempat yang saya sukai, namanya gunung salak.walaupun tempat ini bernama gunung salak tapi disini tidak ada kebun salak sama sekali.

44A780CB-2340-4615-9BC0-E50D9F149A81.jpeg

AC773768-406E-46B9-A3AD-DA128BC5A94B.jpeg

2E472C23-E9FC-4694-BC9C-2AF271EF48F7.jpeg

berekreasi ke gunung salak

Setelah serangkaian kegiatan yang saya lakukan selama ini tentu nya membuah kan hasil yang sangat memuaskan yaitu badan saya lebih kuat dan tidak kelebihan berat badan dan tidur pun menjadi cukup nyenyak, segala aktifitas yang saya lakukakan terasa sangat mudah.dan tentunya saya bukan lah perokok.

Hanya sampai disini kegiatan kesehatan saya semoga bisa menjadi motivasi bagi orang lain. Tentunya ini juga sangat bermamfaat untuk saya sendiri..😁

https://steemit.com/hive-172186/@tamimi01/perkenalan-diri-saya

salam@tamimi01

Sort:  
 11 months ago 

The health of our body is greatly affected by what we eat. And we need sleep and rest. Proper peace of mind requires exercise and an environment that teaches us to be patient. You play football to keep your body fit and healthy. Good luck to you

 11 months ago 

Terima kasih telah mengunjungi saya

 11 months ago 

I want to thanks to you that you participated in this engagement challenge and let us know about most important factors and improvement that we can do relative to health and I agree with the things that you told like we should have a lot of water in our diet as well as we should have fruits and vegetables so that we may remain healthy as well as we should also not keep exercise from our life

 11 months ago 

Terima kasih telah mengunjungi saya

 11 months ago 

your welcome 🤗

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 60023.73
ETH 3191.15
USDT 1.00
SBD 2.45