"Steemit Engagement Challenge / S11W6 - "The Diary Game and your health"

in Healthy Steem โ€ข 11 months ago (edited)

Krem Minimalis Kolase Foto Kiriman Instagram_20230828_175634_0000.png

image edit with canva


Minggu 27 Agustus 2023

Senang rasanya aku bisa kembali hadir disini dikomunitas healthy steem dan hari ini aku akan mencoba berpartisipasi lagi di kontes SEC -season 11 week 6. Berikut cerita diaryku yang berkaitan dengan kesehatan sesuai tema kontes.

Hari weekend kembali tiba menawarkan cerita yang baru. Kujalani kembali aktivitas harianku dirumah. Tubuhku terasa agak lemas dan tidak fit, aku jadi tak bersemangat dihari weekend ini, mungkin karena kelelahan dengan berbagai aktivitas yang padat di hari-hari sebelumnya. Terlebih pola makan yang kurang teratur membuat perutku terasa tak enak, sepertinya penyakit maagku kambuh lagi.

IMG_20230827_071632_779.webp

sarapan pagi dengan biskuit

Sebelum memulai aktivitas rumah tangga aku menikmati secangkir teh hangat dan ngemil biskuit kelapa susu, untuk mengisi perutku yang tak berselera makan. Aku juga meminum vitamin penambah darah alias anti anemia, serta akupun minum obat maag sekalian.


IMG_20230827_071606_013.webp

minum teh dan vitamin serta obat maag

IMG-20230827-073000.jpg

mencuci pakaian

Setelah selesai minum vitamin dan obat maag, aku lantas beranjak untuk mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga yang tak akan ada habisnya. Meskipun hari weekend dan tak ada aktivitas kantoran namun aku tetap harus beraktivitas ekstra dirumah. Aku segera menuju ke laundry room untuk mencuci pakaian. Aktivitas mencuci pakaian merupakan aktivitas rutin di setiap hari weekend.

Selanjutnya selesai mencuci dan menjemur pakaian, aku lanjut dengan tugas runah tangga lainnya yaitu beberes rumah. Kemudian barulah aku menuju ke dapur untuk menyiapkan menu masakan bagi keluargaku. Adapun menu masakanku hari ini sederhana saja namun dapat dipastikan bergizi. Masakanku adalah balado udang, udang merupakan makanan yang jaya protein hewani dan baik bagi nutrisi tubuh sebagai zat pembangun tubuh. Udang nerupakan salah satu lauk favorit keluargaku.


IMG_20230827_103405_031.webp

IMG_20230827_105634_105.webp

proses memasak balado udang

Untuk sumber serat, vitamin dan mineral bagi tubuh aku juga memasak sayuran, aneka sayuran aku bersihkan dan setelah itu aku rebus. Berbagai jenis sayuran hijau ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu aku juga menyiapkan cemilan dari bahan rumput laut yang manfaatnya kaya zat kalsium serta serat untuk melancarkan pencernaan.


IMG_20230827_114959_357-01.jpeg

sayur rebus menu makan siang hari ini


IMG_20230827_121726_079.webp

cemilan rumput laut

IMG-20230827-140050.jpg

aktivitas menyetrika pakaian siang ini

Akhirnya setelah pekerjaan di dapur rampung maka saat tengah hari tiba aku bergegas untuk membersihkan diri dan menunaikan ibadah shalat dzuhur. Setelah itu aku lanjut lagi dengan pekerjaan menyetrika pakaian. Pekerjaan menyetrika pakaian cukup membuatku kelelahan dan merasa bosan, namun aku berusaha tetap semangat mengerjakan pekerjaan rumahtangga yaitu menyetrika pakaian hingga selesai.

Tanpa aku sadari aku lupa bahwa aku belum makan siang. Saat perutku mulai begah dan perih aku baru tersadar. Segera saja aku beranjak makan siang dan minum obat. Karena hari sudah sore maka aku bergegas mandi. Namun setelah selesai mandi aku semakin kesakitan perutku bertambah perih dan begah.

IMG-20230827-170027.jpeg

berobat ke klinik

Akhirnya aku tak tahan lagi dan memutuskan untuk pergi berobat. Bergegas aku bersiap dan menuju ke salah satu klinik langganan ku yang berada di pusat kota. Setiba di klinik aku lantas melapor ke petugas dan selanjutnya aku masuk ke ruangan untuk diperiksa oleh dokter. Hasil diagnosisnya asam lambung alias gerd.

Aku kemudian diresepkan obat-obatan oleh dokter. Selanjutnya aku keluar dari ruangan dokter dan menuju ke apotik untuk menebus obat. Setelah mendapatkan obat aku segera kembali kerumahku, karena aku masih merasakan perih dan mual serta begah dibagian perutku. Sungguh rasanya tidak nyaman bila kita sefang sakit.

IMG_20230827_183211_915.webp

minum obat dari dokter

Setelah sampai dirumah aku bergegas berganti pakaian lalu minum obat dengan air hangat, saat seperti ini aku sungguh menyesali kebiasaan burukkku yang sering menunda makan dan terkadang lupa makan. Selain itu kebiasaan burukku juga suka sekali mengkonsumsi makanan pedas dan asam sangatkah tidak baik bagi kesehatan organ pencernaanku terutama lambung.

IMG_20230827_200319_041.webp

mengoleskan obat di perut dan sekujur tubuhku

Malam ini aku tak bisa beristirahat dengan nyaman karena masih kesakitan, akhirnya aku mengoleskan minyak telon dan minyak kayu putih dibagian perutku yang perih dan begah, aku juga merasa perut ku seperti masuk angin. Untungnya obat oles yang aku aplikasikan lumayan manjur dan aku bisa beristirahat.

Seperti itulah hari weekend yang aku lalui dengan berbagai aktivitas rumah tangga dan kondisi tubuhku yang sedang kurang fit. Penyakit gerd yang aku derita kambuh akibat keteledoranku sendiri. Sungguh aku merasa menyesal dan berjanji pada diriku sendiri untuk lebih telaten menjaga pola makan.

Sampai disini dulu tulisan diaryku sebagai partisipasi pada kontes hari ini. Terimakasih bagi yang sudah berkunjung dan memberikan supportnya untukku.

Agar kontes semakin meriah maka aku turht mebfundang sibat steemians untuk join di kontes Steemit Engagement Challenge /S11W6 : "The diary game and your health. Yuk ikutan @lanegra @paholags @patjewell @irawandedy @ridwant @pandora2010 @malikusman1 @suboohi @harferri @elrazi @heriadi @inspiracion @wilmer1988 @anasuleidy

Terimakasih dan sampai jumpa lagi di kontes dengan tema lainnya.

Vote @pennsif.witness for growth across the Steemit platform through robust communication at all levels and targeted high yield developments with the resources available. Vote here


Warm Regards,

@sailawana

About me


Sort: ย 

Sakit itu tidak menyenangkan, namun bila kita tetap sabar ketika diuji dengan penyakit menjadi cara untuk penghapus dosa.

ย 11 months agoย 

Yuup kak betul sekali kata2 positifnya ..makasih udah mampir ya kak..

Smoga sehat selalu kakak..

ย 11 months agoย 

Yang Sering terbengkalai bukan pekerjaan dan keluarga namun kepedulian terhadap kesehatan. Kebanyakan orang yang sibuk dengan berbagai aktivitas sering luput dengan pola makan dan akan sadar ketika harus berurusan dengan pihak medis dsn obat-obatan.

Sukses selalu untuk kontesnya bu @sailawana

ย 11 months agoย (edited)

Iya nih bener sekali ... sering lalai dalam.menjaga kesehatan

Trims udah mampir ya pak.
Di tunggu entry hebatnya di kontes ini

ย 11 months agoย 

Sama sama! InsyaAllah..

Menjaga kesehatan itu sangat penting di sela-s3la padatnya aktivitas sehari-hari.

Smoga betul-betul bisa mengubah pola kebiasaan makannya ya agar tidak kumat lagi sakitnya.

Semangat dan smoga sukses di kontesnya @sailawana.

ย 11 months agoย 

Iya..smoga bisa komitmen dengan pola makan yang teratur..makasih atas support dan komentar baiknya abang..

Salam sukses

ย 11 months agoย 

Health is very valuable. We only know the importance of health when we are sick. Therefore it is very important to maintain a healthy lifestyle, including diet.

Wishing you a speedy recovery and good luck in this challenge.

ย 11 months agoย (edited)

Thats really true.., I totally agree with you my brother.. thanks for your valuable comment..and kindly wishes to me..
I really appreciate it.

Many blessings and success for you too

ย 11 months agoย 

Kegiatan yang sangat padat. Tetap jaga kesehatan dengan pola makan yang benar.

Semoga berhasil dalam kontes ini

ย 11 months agoย 

Iya pak gak di sekolah gak dirumah ada aja kerjaan yang harus dibereskan sampai lupa makan..

Mksh atas kunjungan dan supportnya..
Smoga kita bisa sama-sama di sawer ya pak hehe..

ย 11 months agoย 

I always say that we must listen to our bodies. Our bodies tell us when things are not well.
In your case, it was telling you that you must eat.
Please make sure that you eat regularly, especially if you are on medication.

I am just so glad to read that you are better.

Good luck with the contest, and thank you for the invitation.
PS: I also don't like ironing.
Now I am wondering. Can we call ironing exercising?

ย 11 months agoย 

Yeah thats all true.. my friend
I'm often negligent about food. But I'm committed to being more careful with my diet.

Well about ironing it turns out we are in the same group haha... of course we can .call it an exercise and like a sauna bath when ironing

Thanks for your visit
I wish you and your family good health and happiness

ย 10 months agoย 

Thank you for your beautiful wish for me and my family! ๐ŸŽ•

ย 11 months agoย 

Saludos amiga.
Para tener una buena salud tenemos que comer saludable y estar al dรญa con los medicamentos que solemos tomar.
Feliz tarde

ย 11 months agoย 

ยกHolaaa amiga!๐Ÿ˜Š

Para tener buen estado de salud, es de vital importancia que desarrollemos consciencia porque, a travรฉs de ella vamos a poder hacer las cosas de manera correcta cuando siempre nuestro bienestar.

Te confieso que siempre me ha impresionado que, cuando nos sentimos mal es que hacemos lo posible por cuidar nuestra salud.

Me encantรณ tu publicaciรณn, te deseo mucho รฉxito en la dinรกmica๐Ÿ’š

ย 10 months agoย 

Oh so sorry about your health condition, this medication Will really do it's work it's meant for the GERD. I appreciate the fact that you still cover up your house chores and still care for your self by tomorrow you will be fine.

Wishing you success

ย 10 months agoย 

Yeah its right my fri3nd..tjanks for stopping by and kindly wishes for me..

Greetings and have a good day

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 57893.29
ETH 3130.56
USDT 1.00
SBD 2.44