Steemit Engagement Challenge / S11W6 - The Diary Game and your Health

in Healthy Steem10 months ago

IMG_20230902_175436.jpg

Crated by Canva

Dear steemian dimanapun anda berada.

Pukul 08.00 wib saya sudah berada di warung kopi D'Crown setelah mengantar anak-anak saya kesekolah. Saya sudah berjanji untuk memenuhi tantangan kontes The Diary Game and your health yang diselenggarakan oleh kawan-kawan komunitas Healthy Steem. Tanpa kopi saya kesulitan mengembangkan tema ke sebuah tulisan dengan baik di platforn ini.

IMG_20230902_161241.jpg

Segelas kopi penyemangat menulis dipagi hari

Setiap orang memiliki kisah harian masing-masing. Perjalanan aktivitas selalu berhubungan dengan keinginan dan tanggungjawab, minimal untuk dirinya sendiri. Aku mendapatkan diriku berada dalam situasi sibuk dalam dua minggu terakhir untuk mengejar keinginan, memenuhi tugas dan pekerjaan kantor serta tanggungjawab sebagai kepala keluarga. Kesibukanku juga telah meninggalkan kebutuhan untuk kesehatan tubuh, bahkan saya mulai meninggalkan olah raga ringan yang sering saya lakukan setiap pagi sabtu dan minggu.

IMG_20230902_163116.jpg

Selfie sebelum mengantar adek Ranadhani ke sekolah (Photo dok 12/08/2023)

IMG20230812103328.jpg

Antar jemput anak-anak ke sekolah merupakan aktivitas rutin saya setiap hari aktif sekolah. (photo dok, 12/08/2023)

Saya tidak terlalu rajin berolah raga karena saya tidak membiasakannya sejak kecil, saya hanya terbiasa mandi pagi lebih awal atau sebelum waktu shalat subuh, konsumsi air putih dan sangat jarang kembali ke tempat tidur dipagi hari setelah mengetahui hal ini akan mengurangi daya tahan tubuh dan rentan terhadap penyakit.

Saya sadar bahwa olah raga teratur bukan saja menjamin kesehatan fisik dan mental, juga menghemat pengeluaran anda dari biaya pengobatan. Saya pernah berkonsultasi dengan seorang dokter spesialis saat lambung saya bermasalah, ia mengatakan ada dua faktor penyebab timbulnya penyakit pada tubuh manusia yaitu pola makan dan pola pikir.

Hasil konsultasi tersebut memberi saya wawasan tentang pola makan yang baik, lambung tidak membutuhkan makanan berlebih dan memaksanya bekerja tanpa henti selama 24 jam untuk mengolah dan menampung sampah berlebih. Kecuali sedikit saja tapi kaya gizi, serat dan vitamin lainnya yang benar-benar dibutuhkan untuk tubuh.

Sampah hasil proses pencernaan dari konsumsi makanan berlebih akan membuat usus kotor dan menyebabkan susah buang air besar (sembelit), bau mulut, cepat lelah dan sulit tidur.

Bagaimana saya dan kelharga berupaya memperbaiki pola makan? Sistem pembayaran upah (gaji) kami di Indonesia dibayar setiap tanggal 1 atau awal bulan. Jika mau jujur, saya dan keluarga tidak dapat memenuhi pola makan yang sempurna dari jumlah 4juta IDR atau setara kurang lebih 1800 Steem per bulan. Setiap awal bulan, saya dan istri membuat perencanaan matang agar pemasukan (gaji) dapat mencukupi kebutuhan dapur dan kebutuhan sehari-hari hingga ke tanggal 1 akan datang.

Untuk urusan kebutuhan sehari-hari saya mempercayai istri saya karena ia lebih faham dengan kondisi harga kebutuhan di pasar, kebutuhan keluarga dan dengan jumlah uang yang tersedia untuk satu bulan. Alhasil, kami tidak jarang menikmati sayur hijau dan tempe sebagai lauk makan siang dan makan malam. Persis seperti pak @alee75 sampaikan meskipun "murah meriah" tapi memiliki nilai protein atau gizi yang cukup.

Kedua, pola pikir positif, tidak mudah marah dan tersinggung, berbaik sangka, serta sabar. Menjaga pola pikir dan refleksi adalah obat alami paling ampuh untuk mendukung kesehatan mental dan fisik, meskipun saya pribadi jarang memberi perhatian untuk beberapa kiat baik ini.

Saya pikir kita hanya berbeda tempat, waktu dan lingkungan sosial saja namun tidak terbebas dengan berbagai aktivitas harian yang terus mendorong kita untuk selalu bergerak dan berpikir. Masing-masing kita memiliki cerita yang hebat dan unik dan sebahagiannya sulit untuk kita publikasi.

IMG20230822093219.jpg
IMG20230822100107.jpg

Agenda rapat beruntun dalam dua minggu terakhir bulan agustus, (Photo dok, 22/08/2023)

Saat ini mungkin kalian mulai sibuk bekerja disaat kami sedang tidur pulas, tapi esok hari giliran kami bekerja disaat jadwal istirahat anda tiba. Bukan persoalan "apa" dan "berapa banyak" aktivitas kita setiap hari, namun bagaimana pola hidup, pola makan dan hak sehat untuk tubuh dapat kita penuhi setiap hari dan mempengaruhi efektivitas dari semua pekerjaan, berdampak baik pada kesehatan dan adanya perubahan cara pikir yang baik dari waktu ke waktu.

Jika kita mendetailkan semua cerita aktivitas dalam bentuk tulisan mungkin saja tidak pernah selesai karena kisah hidup manusia selalu bersambung.

1693643186191-515329368.jpg

Jadwal ngopi siang menjelang sore untuk menyelesaikan postingan kontes SEC-S11W6

Sekian ulasan sederhana saya tentang the diary game and your health, terima kasih banyak atas kunjungannya dan semoga berkenan.

Invite: sir @kouba01 @muzack1 @alee75 @munaa

Indonesia, 2 September 2023
Regards,
@ridwant

IMG_20230807_150426.jpg
Visit: The pennsif.witness Steem Multisig Wizard is HERE!

Let's support the Steem growth & Steemit platforms by choosing @pennsif.witness as a witness. Campaign Post
IMG_20230720_222033.jpg
Support @pennsif.witness
Klik disini

Sort:  
Loading...
 10 months ago 

Untuk tetap sehat kita harus menyesuaikan apapun kondis kita. Baik faktor keuangan, waktu dan berbagai kondisi yang kita alami sehari-hari. Intinya kita tetap harus sehat dengan berbagai usaha yang memungkinkan untuk kita lakukan. Hanya membutuhkan tekad serta motivasi yang kuat agar tetap sehat. Kemana pun kaki melangkah, pulangnya tetep ke istri tua (D'Crwon Coffee)....😁
Selamat atas kontesnya, semoga beruntung....

 10 months ago 

Saya pikir ini sebuah rekomendasi berharga dari pak @alee75 😀 . Benar! Setiap kondisi akan terus membuntuti kita kemanapun, motivasi dan semangat adalah dorongan utama untuk tetap sehat!

Terima kasih atas kunjungannya pak!

 10 months ago 

Kedua, pola pikir positif, tidak mudah marah dan tersinggung, berbaik sangka, serta sabar. Menjaga pola pikir dan refleksi adalah obat alami paling ampuh untuk mendukung kesehatan mental dan fisik, meskipun saya pribadi jarang memberi perhatian untuk beberapa kiat baik ini.

Pikiran yang sehat tanpa beban akan memberi aura positif bagi kesehatan kita. Selain berolahraga, pikiran yang positif diiringi mensyukuri ada yang kita peroleh itu sangat bermanfaat...

 10 months ago 

Benar bang, semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat sambil berusaha memperbaiki gaya hidup yang lebih baik untuk mendukung kesehatan fisik dan mental.

Terima kasih banyak atas kunjungannya bang @munaa

 10 months ago 

Your commitment to balancing life's responsibilities, from your role as a family head to your dedication to your work, reflects your sense of duty and determination. The recognition of the importance of regular exercise and a balanced diet in maintaining physical and mental health is commendable. Striking a balance between financial constraints and nutritional needs while focusing on value-rich foods like vegetables and tempe demonstrates resourcefulness in nourishing your family. Finally, acknowledging the significance of positive thinking, patience, and emotional resilience as cornerstones of mental well-being underscores your holistic approach to health

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 58269.58
ETH 3138.31
USDT 1.00
SBD 2.43