The Diary Game - Minggu 16 Juni 2024 : Tradisi hari meugang, memasak berbagai menu untuk memnyambut hari raya idul adha

in Steem For Ladieslast month (edited)

1000196487.jpg

Assalamualaikum sahabat steemit semuanya , apa kabar kalian hari ini, aku disini baik dan aku juga berharap semoga kalian semua juga sehat dan berbahagia selalu ya, hari ini aku ingin membagikan diary gameku yang super sibuk,satu hari menjelang hari lebaran idul adha kami memasak berbagai menu untuk makan bersama keluarga atau pun saudara yang berkunjung kerumah

Pagi ini hujan turun sangat deras, angin juga bertiup sangat kencang aku berada di kamarku setelah menyelesaikan pekerjaan rumahku membereskan rumah dan menyapu di halaman rumah, kemudian saat hujan reda aku dan suamiku pergi ke geudong untuk membeli daging hari ini adalah hari meugang sudah menjadi tradisi kita membeli daging sapi dan memasak berbagai menu khas aceh untuk menyambut lebaran dan makan bersama keluarga tercinta.

Suamiku sudah pulang lebih awal ke desanya untuk membeli daging, biasanya ada orang yang menjual daging di desanya,mungkin karna pulang terlambat dagingnya sudah tidak ada lagi, di pasar tanah pasir juga sudah tidak ada lagi yang berjualan jadi kami pergi ke pasar geudong untuk membeli daging.

1000192417.jpg

Perjalan dari rumah ke pasar geudong sekitar 15 menit mengendarai motor, susana di geudong masih sangat ramai orang berjualan kami memarkirkan motor di pinggir jalan kaki dan mulai berkeliling untuk mencari daging, karna setiap yang berjualan dagingnya sudah tersisa sedikit.

Kami berjalan ke depan dan ternyata teman suamiku yang biasa berjualan di desa ternyata berjualan di pasar geudong hari ini, kami mengobrol dan membeli daging, menjelang siang harga daging sudah mulai turun dari biasanya harga 1kg 180.000 turun menjadi 150.000 per kg.

1000192391.jpg

Setelah membayar dan mengobrol sebentar bersama temannya kami langsung saja berbalik arah untuk pulang kerumah, suasana di jalan meskipun pagi sangat padat kendaraan banyak orang yang pergi belanja berbagai keperluannga, kami mengendarai motor dengan santai sambil mengobrol.

Saat pulang kami singgah di pasar tradisional kami di pasar tanah pasir aku pergi membeli bumbu untuk memasak daging, biar lebih mudah kami membeli bumbu yang sudah dihaluskan aku membeli bumbu rendang dan bumbu masak putih, untuk membeli bumbu suamiku juga harus mengantri kami berbagi tugas untuk berbelanja aku pergi ke pasar sayur membeli beberapa keperluaan nahan dapur yang belum ada dirumah.

Aku sudah siap dengan belanjaanku aku menunggu suamiku di parkiran motor, ada tetanggaku muhar yang menjadi tukang parkir aku memgobrol degannya disana sambil menunggu suamiku selesai membeli bumbu, tidak lama menunggu akhirnya suamiku siap kami membayar parkir dan melanjutkan perjalan pulang dari pasar ke rumah sekitar lima menit lagi.

1000192392.jpg

Aku tiba dirumah membawa semua belanjaan ke dapur kemudian aku masuk kamar untuk berganti pakain santai, dirumah ibuku sudah memasak daging rendang yang dibawakan oleh abang ipar, aku menikmati makan siang dulu sebelum melanjutkan memotong daging dan memasak, aku makan siang dengan santai bersama suamiku.

Siang hari setelah waktu dzuhur suamiku pergi membawa keponakan yang laki namanya khairil untuk potong rambut, aku sudah shalat dzuhur aku melanjutkan pekerjaanku untuk memasak, aku memotong daging dan mencucinya bersih, bumbu sudah aku belikan, kelapa juga sudah dilarut untuk santannya, aku mulai menyalakan kompor dan memasak berbagai menu.

Aku memasak bersama ibuku, dua mata kompor sudah di dapur memasak daging putih dan rendang lagi, rendang adalah menu wajib setiap menyambut lebaran memiliki rasa yang khas enak,pedas dan manis, sedangkan daging putih menjadi favorite untuk anak anak karna rasanya yang enak dan tidak pedas.

Selain rendang dan daging putih aku juga memasak kuah gukai batang pisang yang menjadi menu favorite suamiku, aku menebang pohon pisang yang kecil dibelakang rumah, aku mengambil batangnya yang masih muda aku memotong kecil dan memasaknya dengan campuran lemak daging dan juga tulangnya.

1000192411.jpg

Abang iparku juga membeli dua ekor ayam aku membersihkan dan membuat ayam kecap untuk menu tambahan karna ada yang ngak suka daging sapi bisa makan daging ayam, aku menghaluskan bawang merah,cabai merah,bawang putih dan tomat untuk membuat sambal kecap, saat sambal mendidih aku menambahkan dua sachet kecap manis bisa manisnya terasa, setelah menggoreng ayam aku mencampur ayam dan sambal kecap jadilah menu ayam kecap,karna aku memasak agak telat setelah siang jadinya aku berada di dapur sampai sore hari.

Aku sangat lelah setelah memasak dan membereskan dapur aku merebahkan diri sebentar untuk beristirahat, tidak lama waktu magrib telah tiba suara adzan telah berkumandang di mesjid aku pergi mandi menyegarkan diriku, aku berwudhu melakukan shlat magrib tiga rakaat, setelah magrib suara takbir sudah bergema di mesjid yang ada di desaku, setelah shalat magrib aku juga bertakbir "allahuakbar allahuakbar allahuakbar. .lailahaillalla walla huakbar, allahuakbar waliklla ilhamd"

Biasnya malam lebaran aku <suamiku pergi keluar jalan jalan menyambut malam lebaran dengan gembira,sebenarnya suamiku juga memgajak keluar malam ini tapi malam lebaran ini aku tidak keluar aku benar benar lelah aku ingin beristirahat di kamarku saja, aku tertidur sebentar dan terjaga kemudian aku shalat isya dan bermain bersama du keponakanku.

1000192709.jpg

1000192710.jpg

1000192729.jpg

Untukpulang lebaran kerumah mertua besok aku juga memesan kue brownis sama tetangga desaku,malam sekitar jam 23:00 aku pergi bersama suamiku mengambil kue pesananku kami memgendarai motor selama tiga menit untuk sampai ke tempat ku memesan kue.

Aku sudah berkabar lebih awal dia masih menerima penjemputan kue sampai jam 12 malam, aku membayar 65.000 untuk kue brownies yanga ku pesan, banyak model brownis yang tersedia setiap lebaran aku selalu memesan kue yang berbeda untuk lebaran ini aku memesan kue brownies boom full coklat.

Aku tiba dirumah,malam semakin larut besok pagi aku harus bangun awal untuk pergi shalat idul adha di mesjid, aku mencuci muka dan membersihkan wajahku dengan ovale dan kapas pembersih, aku mematikan lampu, wifi dan mulai memejamkan mataku.

1000193166.jpg

Demikian aktivitasku di hari meugang, terimakasih untuk semua yang telah berkunjung dan membacanya semoga harimu menyenangkan.


The Diary Game minggu - 16 Juni 2024.
By @pecintabunga20


Sort:  
 last month (edited)
Club Status#Club100
Steem Exclusive
Plagiarism Free
BOT Free
Voting CSI2
Steemladies0%
Burnsteem2525%
AI contentHuman
Word count953
MOD's Observations/suggestions

Thank you for sharing your diary with us . I must say it was really a busy day for you cooking and cleaning. Am glad the celebration was a success. The cake you ordered seem like a chocolate cake, is it?…..

Vote @pennsif.witness for growth across the Steemit platform through robust communication at all levels and targeted high yield developments with the resources available. Vote here

 last month 

yes, it's a chocolate brownie

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

!upvote 15


💯⚜2️⃣0️⃣2️⃣4️⃣ Participate in the "Seven Network" Community2️⃣0️⃣2️⃣4️⃣ ⚜💯.
This post was manually selected to be voted on by "Seven Network Project". (Manual Curation of Steem Seven).

the post has been upvoted successfully! Remaining bandwidth: 95%

Your post has been rewarded by the Seven Team.

Support partner witnesses

@seven.wit
@cotina
@xpilar.witness

We are the hope!

We support quality posts and good comments Published in any community and any tag.
Curated by : @eliany

 last month 

Thank you for the support @eliany

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66426.55
ETH 3459.91
USDT 1.00
SBD 2.62