Belajar Bersama Saya #5"Cara Menulis Cerita Anak"

in Teachers & Students18 days ago

Belajar Bersama Saya #5"Cara Menulis Cerita Anak"

Kamis, 03 Oktober 2024
Assalamualaikum dan Apa kabar Bapak Ibu Guru Sahabat Steemian semua? Semoga selalu sehat dan Bahagia selalu.

Hari ini di sekolah saya tidak ada jam mengajar. Walaupun demikian saya tetap pergi ke sekolah, Perpustakaan telah menanti saya.

1000343098.jpg Bersama rekan sefrekwensi

Beberapa waktu lalu seorang teman mengikuti pelatihan dan selesai pelatihan brliaupun mengikuti lomba menulis cerita anak. Menurut pengakuannya itu pertama sekali dia mengikuti lomba dan Alhamdulilah dia menjadi salah satu pemenangnya. Kabar kemenangan itu pastinya sangat membuat saya turut bahagia karena beliau ingin mentraktir saya atas kemenangannya. Sudah hampir satu bulan kemenangan itu hari ini baru saya dapat memenuhi undangannya sekaligus beliau membuat diseminasi pada beberapa orang temen atas ilmu yang diperolehnya .

1000342946.jpg Hal dasar yang harus dilakukan saat mau menulis cerita

Sepulang sekolah saya langsung menuju tempat yang sudah ditentukan. Tanggal 02 Oktober kegiatan dilakukan dan diagendakan kegiatan pukul 14.00 WIB. Kenapa dilakukan pada siang hari sepulang srkolah? Agar kami paginya dapat mengajar terlebih dahulu. Karena kita yang ngumpul ini mayoritas adalah guru. Disana juga tersedia makan siang untuk kami. Jadi kami bisa langsung kesana tampa harus pulang dulu ke rumah.

Cara Membuat cerita anak itu dimulai dari Ide cerita. Menentukan Judul, Proses kreatif dan Editing.

1000342947.jpg ide cerita

  1. Apa itu Ide Cerita. Ide cerita itu datangnya beragam. ada yang datangnya dari kehidupan sehari-hari yang kita alami atau kita amati. Ide cerita juga bisa muncul dari membaca informasi dimana saja. Ide cerita juga muncul bisa dari cerita orang lain.

1000342950.jpg Menentukan judul

  1. Apa itu menentukan Judul. Judul sebaiknya dibuat seunik mungkin, memiliki kriteria yang menarik dalam mewakili cerita. Terkadang pembaca akan begitu tertarik untuk membaca begitu melihat judul yang menarik.

1000342955.jpg Proses kreatif

  1. Apa itu proses kreatif. Dalam proses kreatif ada yang namanya menentukan tokoh, menentukan latar, menentukan alur, dan memberikan komplik. Dalam hal menentukan alur sebaiknya untuk cerita anak anak menggunakan alur maju atau alur mundur. Tidak menggunakan alur maju mundur. karena anak anak nanti menjadi bingung dan sulit dalam mencerna cerita.

1000342974.jpg Proses Editing

1000342976.jpg Memberikan gambar pada cerita agar menarik

  1. Apa itu proses editing. Setelah semua cerita yang mengalir ditulis. Pada tahap editing disinilah kita bisa menata bahasa atau menempatkan bahasa yang tertata sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD)

1000343075.jpg Bersama rekan seprofesi

1000342900.jpg Teman di dunia maya dan nyata

Bagaimana sahabat steemian, menarik bukan untuk kita dapat menulis cerita anak dan mencetaknya dalam bentuk buku bila ada kesempatan.
Kepada teman saya Bu @suryati1 Kak @ramadhayani84 dan Bu @watii ikutan kontes ini yuk. Kita dapat berbagi pengalaman sambil belajar apa yang belum pernah di lakukan.
Terima kasih Sahabat Steemian sudah membaca Kontes yang saya tulis ini mohon saran dan dukungan sahabat steemian semua.

Hormat saya

@sumarni123

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here
Sort:  
 18 days ago 

Terimakasih Bu telah mengundang saya di kontes yang luar biasa bagus ini

 18 days ago 

Sama-sama Bu @watii. Ditunggu ya. Biar rame-rame kita

Terimakasih Bu telah mengundang saya di Contest ini 🤗

 18 days ago 

Ikutan ya Kak Yani. Biar rame

 18 days ago 

Well written. Good luck on the contest

 18 days ago 

Amin. Terimakasih atas motivasi dan anda sudah membaca tulisan saya.

 17 days ago 

Thank you very much for publishing your post in Teachers and Students community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free / AI Article Free
#steemexclusive
350+ Words
#club75
Bot Free

Beneficiaries

#burnsteem25
@ myteacher

no
no

Anda telah belajar cara membuat cerita anak-anak, pelatihan yang sangat bagus dan mengedukasi banyak orang untuk menjadi penulis. Saya tidak sabar ingin membaca cerita atau karya baru yang dihasilkan dalam pelatihan ini.

 17 days ago 

Terimakasih telah memberikan masukan pada tulisan saya. Semoga ada cerita selanjutnya ya Pak @miftahulrizky

 15 days ago 

I believe that teacher is equal to God. Because both of them are give and teaching us to how to survive in this world and also improve our status in this society. By being teacher job as a passion I believe that you will doing a great job. Keep rocking

 13 days ago 

Terimakasih atas motivasinya. Mari kita sama-sama terus berkarya dan memberikannya kepada siswa-siswa kita yang terbaik.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 69076.52
ETH 2742.00
USDT 1.00
SBD 2.72