Belajar Bersama Saya #2 "Cara Membuat Sirup Bunga Telang

in Teachers & Students4 days ago (edited)
Senin, 9 September 2024
Hai Sahabat Guru dan Siswa. Apa kabarmu hari ini. Semoga sehat dan Bahagia selalu ya. Saya @sumarni123 sangat tertarik untuk ikut kontes berbagi pengetahuan seperti ini. Kita belajar bersama yuk.

Beberapa waktu lalu saya pergi bersama tim Dekorasi ikut memasang pelaminan di Desa Meunasah Sagoe. Disana kami disuguhkan minuman yang terbuat dari bunga telang. Dari warna minuman tersebut begitu menggoda. Akupun bertanya pada yang punya acara perkawinan bagaimana cara membuat minuman tersebut. Karena di pagar rumah ada juga kutanam bunga telang tersebut. Pastinya begitu ada kesempatan untuk buat sirup sepulang dari padang pelaminan Akupun langsung mempratikannya. Dan aku ketagihan untuk selalu buat sirup bunga telang. selain segar saat diminum juga dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

20240909_162140.jpg Pohon Bunga telang di pagar rumah saya

Caranya membuat sirup bunga telang ternyata cukup mudah. Bila kita hanya untuk dikomsumsi sendiri. Petik 9 helai bunga telang. Rebus air sampai mendidih sekitar 1 gelas atau sekitar 200ml. Masukan bunga telang yang sudah di cuci bersih ke dalam air mendidih. Biarkan selama 30 detik dan angkat. Saring dalam gelas. Beri sedikit peresan jeruk nipis agar air rebusan bunga telang menjadi ungu seperti warna bunganya. Tambahkan juga sedikit gula atau madu sesuai selera. Boleh kita langsung minum saat hangat tampa diberi gula atau madu. Diminum langsung juga sangat segar. lebih segar lagi diminum saat panas hari dengan ditambah es batu.

20240909_170810.jpg 9 Helai bunga telang

20240909_171035.jpg Merebus bunga telang

Pokoknya Sirup Es Bunga telang sangat cocok diminum disaat ada acara maupun disaat kita ingin minuman yang segar tampa takut menguras isi kantong. karena sirup bunga telang sangat ekonomis dan hasilnya manis.
Bagi teman-teman yang ingin menanam bunga telang. Bibitnya ada di rumah saya. saya siap berbagi bibit bila teman-teman mau menanam bunga telang.

20240909_171516.jpg Sirup Bunga siap saji

20240909_171702.jpg Sirup Bunga telang siap diminum

Ternyata hasil saya membaca di beberapa sumber yang ada di google. Kandungan antidioksidan pada bunga telang dapat melancarkan aliran darah ke kapiler mata, sehingga dapat mengurangi resiko gangguan mata seperti kabur dan katarak.
Senyawa antisianin pada bunga telang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Senyawa anti antocyanin yang ada pada bunga telang dapat melindungi sel sel otak dari kerusakan oksidatif dan peradangan. Menurunkan demam. Menjaga kesehatan kulit dan rambut juga dapat membantu meringankan gejala asma. Banyak sekali manfaat dari bunga telang. Namun saat mengkonsumsi sebaiknya jangan berlebihan dan alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter bila ingin mengkonsumsi secara terus menerus.

20240909_200337.jpg Bibit Bunga Telang

Oh Ya Kepada temanku Bu @watii Pak @teukuipul87 dan @puncakbukit ikutan kontes ini yuuk. Berbagi cerita pengetahuan yang baru saja kita alami pastinya sangat mengasyikkan sekali. Semoga nantinya dapat bermanfaat bagi yang membaca.

Terima kasih sudah membaca tulisan Kontes saya hari ini. Semoga kita semua selalu sehat. Baik lahir maupun batin. Mohon dukungan sahabat Steemit semua.

Hormat saya

@sumarni123

Sort:  
 4 days ago 

Terimakasih sudah mengundang saya ibu,semoga berhasil di kontes ini y bu

 4 days ago (edited)

Amin... ikutan ya Bu. Biar rame. Rame rame pasti asyik...

 4 days ago 

Insyaallah Bu😊

 4 days ago 

Hello, here are the results of our assessment of your post:

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
350+ Words
AI Free
Bot-Free
Club5050
Support myteacher
Burnsteem25

Feedback:

  • I really like the way you explained the steps to make Telang flower syrup. I think your experience sharing the health benefits of this flower is very valuable and will definitely inspire many people to try it too.
 4 days ago 

Terimakasih untuk masukan dan motivasinya Pak. Semoga bermanfaat bagi pembacanya.

 4 days ago 

Tim kami siap membantu dan membimbing teman-teman sesama guru untuk terus tumbuh di platform Steemit.

Jika ada hal hal lainnya kita dapat saling berdiskusi melalui WhatsApp.

 4 days ago 

Siap. Terimakasih sudah menawarkan untuk berbagi ilmu. Disaat ada yang akan saya diskusikan. Saya akan menghubungi Bapak.

 4 days ago 

Terimakasih sudah mampir ke postingan saya. Suatu penghargaan bagi saya dan jadi motivasi tersendiri untuk saya terus menulis.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57774.35
ETH 2339.45
USDT 1.00
SBD 2.44