Diary Game : 05 november 2023 || Antusias Besar Saat Mengunjungi Pekan Kebudayaan Aceh ke 8 Di Kota Banda Aceh

in STEEM FOR BETTERLIFE8 months ago

Assalamu’alaikum…

Apakabar semuanya? Saya harap anda semua dalam keadaan sehat dan mampu melakukan aktivitas dengan semangat dan lancar


Kembali bertemu dengan saya Nayla. Hari ini saya akan menulis sedikit cerita tentang euforia PKA ke 8 atau PEKAN KEBUDAYAAN ACEH yang diselenggarakan di kota banda aceh . PKA ke 8 ini diselenggarakan selama 9 hari.

5F41D783-3DD0-4363-A466-B982F4AEEC34.jpeg

PKA tahun ini di selenggarakan di beberapa titik yaitu di Taman Safiatuddin dan di Lapangan Blang Padang. Di Taman safiatuddin didirikan Anjungan anjungan setiap Kabupaten Aceh, sedangkan di Lapangan Blang Padang yaitu Expo atau stand Kuliner. PKA juga diikuti oleh 23 Kabupaten dan Kota yang ada di Aceh. Dan semua masyarakat aceh sangat antusias menunggu acara ini, dikarenakan acara PKA ini diselenggarakan setiap 4 atau 5 tahun sekali.

Kebetulan saya sedang ada acara di banda aceh yaitu acara aqiqah keponakan saya yang diadakan sehari sebelum PKA dimulai yaitu hari sabtu.
Jadi saya dan keluarga sangat senang karena kami sempat untuk ikut euforia dan mengunjungi PKA ini. Bahkan hotel dan wisma di banda aceh full karena sudah diboking sejak dalam beberapa hari sebelum acara.

Pada saat malam pembukaan saya dan suami sangat ingin menonton pembukaan acara PKA , karena ada artis aceh yang saya sukai yaitu Liza aulia sang legenda penyanyi aceh. Ternyata saat diperjalanan kami terjebak macet terlihat sangat ramai pengunjung yang sangat antusias ingin meninton pembukaan.
Tepat pukul 23.00 wib saya dan suami pun bergegas pulang karena anak pun kami titip dirumah dengan maminya, maklum saya dan suami juga ingin merasakan malam mingguan berdua dengan suami 😅

Oh ya , Jika teman teman ingin menonton bisa juga di Live yutube nya disbudpar aceh link dibawah ini ...

https://www.youtube.com/live/jGtqSJP4b8o?si=b8XEBBr1u1xTJfvI

Dan ini jadwal PKA Ke 8 ...

C303B69E-E819-478E-8EB6-286DD7A6B89E.jpeg

https://images.app.goo.gl/eELtZ2XWAKjhQHNh7

Keesokan harinya pagi sekali pukul 08.00 kami sudah tiba di dekat lapangan blang padang untuk menonton pawai budaya seluruh aceh , kami sangat antusias begitu juga dengan anak saya. Terlihat masyarakat sudah sangat ramai di sekeliling lapangan blang padang. Tapi hanya menonton sebentar saja karena matahari pun mulai terik dan membuat anak saya sedikit rewel.

75394174-D66D-46B8-9C82-CDE2447F3FBE.jpegE9BD9EE7-BAA1-4D61-A0EE-EF2AA368E548.jpeg

Pawai Budaya di Blang Padang

Setelah lelah berdiri dibawah terik matahari kami pun kembali menuju parkiran mobil dan pulang untuk makan siang dan melaksanakan salat zuhur.
Sesampai dirumah kami pun merebahkan badan sebentar istrahat. Pukul 16.00 saat azan asar berkumandang kami segera melaksanakan salat asar dan bersiap siap untuk pergi ke PKA yang ada di Taman Safiatuddin .

Sesampai di sana ternyata parkiran sudah lumayan penuh, kami terpaksa memarkir kendaraan yang agak jauh dari pintu masuk PKA, dan berjalan kaki dari parkiran menuju gerbang PKA .

0D6F09C0-B94E-4510-8482-1B51B1EFE6C5.jpeg
9B19A859-8816-477D-80B9-C2BDAF8CD4C0.jpeg

PEKAN KEBUDAYAAN ACEH di TAMAN RATU SAFIATUDDIN

Kami mulai berkeliling didalam nya dan melihat lihat anjungan yang bagus bagus dari setiap kabupaten yang ada di aceh. Terlihat masyarakat sangat antusias untuk berfoto ria di setiap anjungan. Anjungan pertama yang kami singgahi dan yang paling ramai dikunjungi yaitu anjungan Aceh Selatan, karena anjungan aceh selatan ini ada daya tarik tersendiri yang membuat para pengunjung ingin masuk apalagi terdapat patung naga khas aceh selatan dan juga tapak tuan . Bahkan untuk foto saja kita harus mengantri dikarenakan ramainya pengunjung yang ingin berfoto. 😅

EC8DECE3-6253-4721-8545-60A1AF96C431.jpegF6B8570F-CEBA-40FC-A0EE-5A70F153EE32.jpeg

Anjungan Aceh Selatan

Setelah keluar dari anjungan aceh selatan kami mengunjungi anjungan Bener Meriah kabupaten Aceh Tengah . Disini juga ramai pengunjung, karena aceh tengah juga memiliki khas tersendiri .
Tidak lupa juga saya ikut mengantri untuk bisa foto dengan kain khas gayo ini .

7055C692-5F37-4E3F-BC88-92FD00629B41.jpeg

Anjungan Aceh Tengah

Setelah itu kami pun kembali berkeliling untuk melihat anjungan anjungan lainnya, akhirnya kami pun masuk ke anjungan aceh tamiang yang seperti adat melayu.

07F67D72-20C0-44E0-9154-9C79D68685A4.jpeg45282D59-FFD3-481D-9D09-58A06577B0D9.jpeg

Anjungan Aceh Tamiang

Setelah lelah berkeliling kami pun singgah ke anjungan Aceh Utara dan istrhat sejenak di Balai belakang Anjungan Aceh Utara. Kaki saya mulai keram dan lelah karena berkeliling anjungan sambil kejar kejaran dengan anak itu capeknya luar biasa 🤦🏼‍♀️🤦🏼‍♀️.

Saat sedang istrhat anak saya melihat badut dan sangat antusias untuk meminta foto bersama badut 😅

B17DBE7F-F4A6-412E-8BAE-182538F15FA3.jpeg

foto bersama badut ikon PKA 8

Waktu pun sudah menunjukkan pukul 17.00 wib kami pun berjalan kluar dari PKA tetapi dilur gerbang saya pun melihat sovenir sovenir PKA dan melihat baju baju seukuran anak saya . Saya pun ikut dalam antrian ibuk ibuk yng membeli oleh oleh baju untuk anaknya yang bertuliskan nama dibelakang.

F44C8A8E-C13E-47EA-B904-E66AF1A98619.jpeg

membeli oleh oleh baju anak

Setelah selesai kami pun kembali ke parkiran yang lumayan jauh dengan berjalan kaki . Setelah sampai di parkiran kami pun berniat lagi untuk melihat pawai perahu yang diadakan sepnjang aliran Krueng Aceh , dimulai dari jembatan penayong hingga jembatan simpang lima banda Aceh.
Sesampai disana acara pun hanpir selesai dan saya hanya dapat melihat hanya beberapa perahu saja .

|4EBC8761-8F56-4C5F-8262-76236047F3CE.jpeg
1B6CB8E9-00D6-4629-9E9C-594AAACC0ED1.jpeg

Pawai Perahu

Setelah seharian jalan jalan di kota banda aceh untuk melihat pawai , anjugan, pameran dan pawai perahu kami sangat lelah dan pulang kerumah untuk istrhat .

Sekian dari saya semoga teman-teman menyukainya. Terimakasih sudah membaca postingan saya ini. Sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.

Written by @naylamunawwarah


Sort:  

!upvote 40


🍀🎉🎯🎨 Participate in the "Seven Network" Community🍀🎉🎯🎨.
This post was manually selected to be voted on by "Seven Network Project". (Manual Curation of Steem Seven). Also your post was promoted on 🧵"X"🧵 by the account josluds

the post has been upvoted successfully! Remaining bandwidth: 40%

Your post has been rewarded by the Seven Team.

Support partner witnesses

@seven.wit
@cotina
@xpilar.witness

We are the hope!

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 58635.35
ETH 3152.96
USDT 1.00
SBD 2.44