Contest - The Importance of Reading a Newspaper

in STEEM FOR BETTERLIFElast month
Assalamualaikum...

Reading.png

Membaca harus menjadi sebuah hobi baik yang perlu terus dipupuk. Sebisa mungkin kita membiasakan diri membaca buku tiga hari sekali. Ada juga yang rutin tiap hari. Ada pula yang seminggu satu buku, bahkan ada yang satu bulan satu buku dan seterusnya. Tapi, pada intinya dia tetap membaca.

Saya punya selera yang berbeda. Boleh dikatakan, saya sangat jarang membaca buku, sebab saya selalu membaca koran, majalah, buletin dan berita-berita berbagai hal dari media online. Apalagi sekarang era digital, semua ada dalam genggaman. Bicara membaca surat kabar, saya punya taste yang berbeda pula.

Di bawah ini saya mengulas secara sederhana untuk menjawab beberapa pertanyaan kontes. Selamat membaca...!


✅ Do you read the newspaper every day? What are its benefits?

20240517_114940.jpg

Saya salah satu orang yang selalu membaca surat kabar. Khususnya Waspada dan koran lokal, Serambi Indonesia dan Prohaba. Saya sudah seperti adiksi dengan media. Kalau tidak membaca dalam satu hari saja, rasanya ada yang kurang. Bahkan dua tahun lalu lebih parah.

Apabila saya belum membaca koran, semua kegiatan yang saya lakukan selalu hambar dan gelisah. Karena itu, saya menjadi rutin membaca koran setiap pagi. Tapi belakangan ini, ketergantungan saya dengan media cetak, sudah mulai berkurang. Jika dulu setiap hari membaca, sekarang tinggal 4 atau lima hari sekali.

Ini terjadi karena serbuan informasi dari media online cukup kencang dan paling cepat. Sebagai pembaca saya sudah pasti mendapatkan manfaatnya berupa;

  • Update kabar dari daerah-daerah terpencil.
  • Mendapatkan informasi aktual
  • Tahu informasi berbagai peristiwa yang terjadi lebih cepat
  • Menambah wawasan dan pengetahuan
  • Menjadi lebih peduli dengan kehidupan sosial
  • Mendapatkan hiburan

✅ What kind of news do you usually follow?

Sebagai pembaca, saya selalu mengikuti berita-berita terhangat. Terutama berita olahraga dan politik, serta hiburan. Ketiga topik ini selalu menjadi incaran saya saat membaca koran. Politik menjadi pilihan menarik bagi semua pembaca. Konon lagi bicara tentang pemilihan umum, seperti yang sedang berlangsung di negeri saya saat ini.

Berita yang viral juga otomatis akan menarik perhatian saya. Salah satunya bidang olahraga yang sedang menjadi tranding. Mislanya, ketika Tim Nasional Indonesia tampil, maka itu akan selalu diburu pembaca. Begitu juga dengan berita lain.

Namun, di era digital yang kini makin tumbuh pesat, perubahan platform media juga terjadi, Kini, publik mulai meninggalkan membaca koran. Banyak orang lebih memilih platform digital untuk memenuhi kebutahan informasinya. Meski begitu, surat kabar tetap menjadi "primadona" bagi sebagian besar orang.

20240517_081050.jpg20240517_114857.jpg

✅ How do most people get the news in your country?

Sejak teknologi informasi tumbuh super cepat, banyak platform yang muncul memudahkan kita dalam mengakses informasi. Jika dulunya kita terpaku pada televisi semata dan surat kabar serta radio, maka sekarang ada banyak saluran yang bisa dipakai untuk mendapatkan berita menarik.

Kini platformnya bisa melalui situs berita, media sosial seperti X, Instagram, Facebook dan juga Youtube. Serta melalui cara konvensional yakni surat kabar. Saluran itulah yang kemudian menjadi sarana orang untuk mengakses informasi di sini.

Sekarang, banyak generasi digital yang mengabaikan media cetak (koran). Mereka lebih cenderung mendapatkan informasi dari media sosial serta beragam situs berita yang sekarang tumbuh menjamur.

✅ Do you think international news is important?

20240517_080958.jpg

Sebagai warga dunia, tentu berita-berita internasional itu juga sangat penting. Apalagi peristiwa-peristiwa kemanusian yang perlu solidatias dunia internasional. Contoh kejadian bencana alam seperti gempa bumi atau tsunami. Berita peristiwa perang yang terjadi di Gaza, Palestina. Atau pun perang Rusia versus Ukraina.

Hal-hal seperti itu penting disebarkan ke seluruh dunia untuk membangun solidaritas sebagai warga dunia. Apalagi jika kejadian serupa di negera kita. Pada prinsipnya saya menganggap sangat penting berita-berita internasional di ketahui oleh warga negara lain.

Hal tersebut bukan cuma sekadar untuk berita saja, tetapi menjadi informasi penting juga bagi kita. Misalnya, kita ingin melakukan kunjungan dagang atau berwisata ke negera tertentu. Dengan mendapat informasi lebih awal kondisi negara tersebut, maka kita bisa mengambil memutuskan rencananya.


Saya mengundang @bosferi123, @tookta dan @megaaulia untuk mengikuti kontes ini. Terima kasih sudah membaca postingan saya.

*****

10 % payout to @ @worldsmile

Thanks to Steemian friends and the Steemit Team who always support me. I really appreciate it.

*****

Achievement-1

Salam @Munaa

18/5/2024

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 last month 

Terimakasih sudah mengajak saya untuk mengikuti kontes ini.
Penjelasan yang sangat bagus dan maksimal Pak 👍

Loading...
 last month 

membaca upaya Kita menjadi kreatif dan konsisten dengan cara ini. mungkin akan meluaskan pemikiran kita sendiri membaca sangat penting. terimakasih atas undangan saudara

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 64354.36
ETH 3507.50
USDT 1.00
SBD 2.54