Contest Review Tools Block Explorer Steemworld.org Sesion III by @longhendra

in STEEM FOR BETTERLIFE3 years ago

15 % ke @steem.education & 15% ke @worldsmile


Selamat malam semua untuk sahabat steemit dimana saja berada. Nah, pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk berpartisipasi dalam kontes yang diselenggarakan oleh abangda @amryksr. kontest dituntut untek menjelaskan steemworld edisi ke 3 berfokus pada Block Explorer. Sebelumnya sudah sampai ke tahap achievement 5.1 mereview Steemworld, dengan modal ini menjadikan sebuah semangat bagi saya untuk mengikuti kontes kali ini.

Sebelum masuk ke Block explorer saya menjelelaskan dulu apa itu steemworld. pada awalnya Diciptakan steemword ini
adalah untuk memfasilitasi manajemen yang tepat dari akun steemit kita. Dengan steemwordl steemian dapat menganalisis semua semua informasi mengenai akunnya baik berupa vote, delegasi pengikut dan lain sebagainya. steemworid dibuat oleh @steemchiller berikut tampilan utama steemworld.

image.png

Untuk masuk ke akun kita, klik sign in yang ada di pojok kanan atas untuk memasukkan akun kita, disini kita diminta memasukakkan username dan private posting key.

image.png
source from


Ditampilan steeworld terdapat 19 tools Steem blockcahin yaitu

  1. Dashboard
  2. Witness Overview
  3. Block Explorer
  4. account watch
  5. authorized-apps
  6. account-creator
  7. account-authorities
  8. account-recovery
  9. key generator
  10. change password
  11. transfer search
  12. gelegation history
  13. reward info
  14. proxy info
  15. abuse finder
  16. copy vote
  17. manual vote
  18. witness schedule
  19. seeds nodes check

dari sekian banyak toolnya saya akan coba membahas satu tool saja yaitu Block Explorer sesuai dengan tuntutan kontest.

Block Explorer

image.png
source from


block Explorer adalah salah satu tool blockchain di steemworld.org yang berguna untuk melihat transaksi Detail Block dan Vitual operations yang terjadi pada akun steemit kita. Sebagai demo saya saya menjelajah block explorer menggunakan akun saya @longhendra yang telah saya login sebelumnya.

image.png
source from


setelah menekan tool block explorer kita diminta untuk memasukkan block number, saya memasukkan angka "1" kemudian klik oke maka akan muncul tampilan berikut ini.

image.png
source from


block detail akan menampilkan timestamp, block id, previous id, signing key, witness dan lainnya.

saya mencoba menjelajah tool ini lebih mendalam dengan mencoba memasukkan id block pada postingan terakhir saya. saya jelajah ke tool dashbord dan pilih vote maka akan muncul number block seperti pada gambar berikut

image.png
source from


Transaction Info : Block 57468252 / Transactions 57468252-11, angka ini saya masukukkan ke blokc explorer dan memfilter dengan number 57468252-11.

image.png
source from


setelah number block dimasukkan, maka akan ditampilkan;
1 Block detail
image.png
source from


menampilkan infomasi berikut :

  • Timestamp : 2021-09-22, 15:05:06
  • Block Id : 036ce55c74b1044543ba15c48040446148601cb3
  • Previous Id : 036ce55b37a6ce335a95af5a70b8c1e6ec5d59b2
  • Signing Key : STM5sAkhBD13dp63eE89MxvC9147rYBtjf2VP7CTLygWAuKEV31RP
  • Witness: @dev.supporters
  • dst

2 Transaction(13)
menampilkan kegiatan vote, sayua mengupvote postingan saya sendiri. seperti terlihat pada gambar Voter, Autor, permalink dan weight.

image.png
source from


3 Virtual operations(23)
Disini menampilakan semua produser_reward dan Curration_Reward.

image.png
source from


Ini lah yang bisa saya jelaskan, mohon maaf masih banyk kesalahan banyak kesalahan.

ACHIEVEMENT 1

Best Regard

@longhendra

cc :
@amryksr
@irawandedy
@heriadi


Sort:  
 3 years ago 

Terimakasih telah menjadi bagian dari kontestan, anda tepat berada disini dan kami sangat menghargai kerja keras anda teman

 3 years ago 

Siap.., Terima kasih juga bang

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 61399.54
ETH 3383.74
USDT 1.00
SBD 2.50